Windows 11 Akan Menjadi Pembaruan Gratis. Ini Cara Mengunduhnya

Windows 11 Akan Menjadi Pembaruan Gratis. Ini Cara Mengunduhnya – Anda dapat meningkatkan ke Windows 11 secara gratis jika Anda sudah menjadi pengguna Windows 10. Gunakan aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC untuk memeriksa perangkat Anda sekarang.

Windows 11 sedang dalam perjalanan, dan jika Anda sudah menjadi pengguna Windows 10, akan mendapatkan pembaharuan secara gratis untuk meningkatkan ke sistem operasi Microsoft yang baru didesain ulang, kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog setelah acara virtualnya pada hari Kamis.

Selama PC  memenuhi persyaratan minimum, Anda akan dapat memperbarui ke Windows 11 dengan cara yang sama seperti Anda biasanya memperbarui Windows 10 — setelah mulai diluncurkan selama Musim liburan 2021 dan memasuki 2022

Untuk melihat apakah PC Windows 10 Anda saat ini memenuhi syarat untuk peningkatan gratis ke Windows 11, kunjungi Windows.com untuk mengunduh aplikasi Pemeriksaan. Jika Anda membeli PC baru antara sekarang dan rilis umum, komputer itu juga akan memenuhi syarat untuk peningkatan gratis.

Cara mengunduh Windows 11, setelah tersedia

Setelah Windows 11 tersedia, Anda akan mengunduhnya dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan versi Windows yang baru. Sebagian besar pengguna akan membuka Settings > Update & Security > Windows Update, dan klik Check for Updates. Jika tersedia, Anda akan melihat Feature update to Windows 11. Klik Download and install.

Jika Anda ingin menguji Windows 11 sebelumnya, versi beta awal akan tersedia minggu depan untuk mereka yang berada di Program Windows Insider, dan beta publik akan dirilis pada bulan Juli. Namun, kami hanya menyarankan untuk menginstal versi beta jika Anda memiliki perangkat penguji kedua — bukan di perangkat utama Anda, karena kemungkinan ada bug.

Windows 11 menampilkan desain baru yang ramping, dengan warna seperti pastel, sudut membulat, suara startup baru, dan secara keseluruhan tampilan yang lebih mirip Mac. Menu Start Windows telah dipindahkan dari kiri bawah layar ke tengah, dengan ikon aplikasi diatur di tengah di sebelahnya. Anda juga akan menemukan banyak alat desktop baru, seperti widget yang dapat memberi Anda informasi sekilas, dan pembuatan desktop virtual yang lebih mudah. Dan aplikasi Android akan diintegrasikan ke dalam Windows dan dapat diinstal dari Microsoft Store.

Pembaruan menandai perubahan besar pertama pada sistem operasi Microsoft sejak Windows 10 diluncurkan kembali pada tahun 2015. Rumor tentang desain ulang Windows telah beredar selama setahun terakhir.

Pada konferensi pengembang Microsoft Build pada 25 Mei, CEO Satya Nadella mengatakan Microsoft sedang merencanakan “salah satu pembaruan Windows paling signifikan dalam dekade terakhir,” membenarkan bahwa perubahan besar ada di cakrawala untuk 1,3 miliar pengguna OS di 2021.

Pada pertengahan Juni, Microsoft diam-diam mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk Windows 10 pada tahun 2025 karena bocoran gambar Windows 11 menyebar.

Gunakan aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft untuk melihat apakah perangkat Anda kompatibel, begini caranya

Sistem operasi Windows 11 yang baru diumumkan harus kompatibel dengan sebagian besar PC di pasar, menurut posting blog Windows yang diterbitkan Kamis.

Tetapi jika Anda berencana untuk meningkatkan PC Anda saat ini, kami sarankan Anda memastikan sistem operasi yang diperbarui akan berfungsi di komputer Anda. Jika tidak, Anda mungkin perlu mengganti PC Anda pada tahun 2025 karena Microsoft menghapus Windows 10 selama beberapa tahun ke depan.

Bagaimana cara memeriksa apakah laptop Anda dapat menjalankan Windows 11

Ikuti langkah-langkah ini untuk menguji apakah PC Anda memenuhi persyaratan sistem untuk Windows.

1. Unduh Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft di sini. Buka file, setujui persyaratan layanan dan klik Instal. Pastikan kotak dicentang yang mengatakan Open PC Health Check, dan klik Finish.

2. Halaman beranda aplikasi yang muncul mengatakan “Sekilas kesehatan PC.” Di bagian atas, sebuah kotak bertuliskan “Memperkenalkan Windows 11.” Klik Periksa sekarang.

Jika mesin Anda tidak kompatibel, Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan, “PC ini tidak akan menjalankan Windows 11.” Meskipun pada awalnya hanya ini yang dapat Anda lihat, pada hari Jumat, Microsoft memperbarui alat untuk memberi Anda informasi lebih rinci tentang persyaratan sistem apa yang tidak terpenuhi.

Jika mesin Anda kompatibel, Anda dapat mengunduh pembaruan Windows 11 secara gratis saat tersedia sekitar musim liburan 2021.

Persyaratan sistem untuk menjalankan Windows 11

Berikut daftar lengkap persyaratan sistem untuk Windows 11, termasuk setidaknya 4 gigabita RAM, penyimpanan 64GB, dan layar 720p yang lebih besar dari 9 inci secara diagonal.

 

Spesifikasi Hardware
Processor 1GHz or faster with 2 or more cores on a compatible 64-bit processor or system on a chip
RAM 4GB
Storage 64GB or larger storage device
System firmware UEFI, Secure Boot capable
TPM Trusted Platform Module (TPM) version 2.0
Graphics card Compatible with DirectX 12 or later with WDDM 2.0 driver
Display HD (720p) display greater than 9 inches diagonally, 8 bits per color channel
Internet connection and Microsoft account For Windows 11 Home edition: internet connectivity; Microsoft account to complete device setup on first use For all Windows 11 editions: internet access to perform updates and to download and use some features; Microsoft account for some features

Leave a Comment