Google Meet vs Hangouts. Mana yang Lebih Bagus

WartawarganewsGoogle Meet vs Hangouts. Mana yang Lebih Bagus – Meskipun pemerintah telah mulai melonggarkan karantina dan larangan terkait virus corona, banyak orang masih bekerja dari rumah dan membatasi kunjungan sosial ke aplikasi dan layanan obrolan video seperti Zoom, Skype, dan FaceTime.

Dua opsi yang naik ke puncak untuk bertemu secara virtual atau bertukar pikiran dengan rekan kerja dari Google: Google Hangouts dan Google Meet. Berikut adalah perbedaan utama antara kedua layanan obrolan video dan bagaimana Anda dapat memilih yang terbaik.

Google Hangouts

Best for casual group chats

Google Hangouts adalah aplikasi raksasa teknologi untuk panggilan video dan suara gratis, serta perpesanan grup dan berbagi file. Ini ditujukan untuk konsumen untuk obrolan video santai dengan teman dan keluarga. Anda dapat mengundang hingga 150 orang ke obrolan Google Hangouts, tetapi hanya hingga 10 orang yang dapat melakukan panggilan video sekaligus. Anda memerlukan Akun Google untuk memulai panggilan di Hangouts, tetapi Anda dapat bergabung tanpanya.

Gunakan Google Hangouts melalui akun Gmail, aplikasinya untuk iOS atau Android, browser web Anda, atau ekstensi Chrome-nya. Untuk memulai panggilan, buka hangouts.google.com atau temukan di bilah sisi kiri Gmail.

Pilih seseorang dari daftar Hangouts, atau telusuri nama atau alamat email mereka dan klik mereka. Klik Panggilan Video. Buka aplikasi di aplikasi dan ketuk tombol +. Kemudian masukkan nama atau alamat email kontak Anda dan klik ikon kamera untuk memulai panggilan video.

Satu kelemahan dari Google Hangouts adalah bahwa itu mengalihkan tampilan ke orang yang berbicara sehingga Anda tidak dapat melihat semua orang pada saat yang sama, seperti yang Anda bisa dengan tampilan ubin atau galeri di Meet. Namun, ini mungkin bukan masalah dengan kelompok yang lebih kecil.

Baca Juga  Cara mendapatkan Pembaruan Windows 10 Mei 2021

Google Meet

Best for larger group chats

Google Meet adalah layanan konferensi video perusahaan Google. Namun, sebagai tanggapan terhadap pandemi virus corona (dan kemungkinan bersaing dengan raksasa konferensi video Zoom), Google baru-baru ini membuat Meet, serta Hangouts, tersedia untuk konsumen secara gratis.

Meet memungkinkan hingga 100 peserta dalam panggilan pada saat yang sama dan mencakup fitur seperti penjadwalan, berbagi layar, dan subtitle secara real time. Orang-orang dapat bergabung ke rapat Anda dengan link web dari laptop atau aplikasi seluler Meet.

Meet versi gratis memerlukan Akun Google dan panggilan video dibatasi hingga 60 menit. Tapi Google mengatakan tidak akan menegakkan aturan itu sampai setelah September. 30, sehingga Anda dapat mengobrol selama yang Anda inginkan untuk saat ini.

Meet juga memiliki sejumlah langkah perlindungan data standar, termasuk kontrol tuan rumah (seperti kemampuan untuk mengizinkan atau menolak masuk ke rapat dan membisukan atau menghapus peserta), kode rapat yang rumit, dan enkripsi saat transit.

Tampaknya ini adalah cara Google untuk menargetkan Zoom, yang melihat lonjakan besar dalam pengguna ketika penguncian virus corona dimulai, tetapi sejak itu menghadapi sejumlah masalah keamanan, termasuk pertemuan “zoom-bom” tamu yang tidak diundang.