Menggunakan Google Sheets Untuk Pemula, Gampang Banget

Wartawarganews – Spreadsheet adalah fitur canggih yang dapat Anda gunakan untuk berbagai tugas berbasis data. Untuk masuk ke poin lebih baik yang dapat ditawarkan GSheets, Anda harus memulai dengan teknik dasar. Tutorial pemula ini dirancang untuk membantu Anda melakukannya.

Cara membuat dan menemukan spreadsheet di Google Drive

Untuk membuat spreadsheet baru, buka Google Drive. Buat folder baru dengan mengklik + New di bagian atas. Misal kasih nama Google Spreadsheet untuk Pemula. Klik Buat untuk melanjutkan.

Setelah itu, Anda dapat membuat Google Sheet baru: buka Folder → Klik+ New  → Google Sheets di bagian atas → pilih apakah Anda ingin membuat lembar kosong atau menggunakan template. Untuk template, Anda dapat membuat dan mengunggah template khusus organisasi atau menggunakan Galeri Template Google. Sekarang mari kita pilih lembar kosong/new blank spreadsheet.

Cara membuat tabel dengan Sheets.new

Salah satu trik paling keren tentang membuat spreadsheet Google adalah menggunakan .new. Enter .new di browsersheet Anda dan Anda akan langsung mendapatkan spreadsheet baru! Ini akan disimpan secara otomatis di Google Drive Anda.

Beri nama tabel di sudut kiri atas sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya di lain waktu dengan mencari di Google Drive. Jika Anda ingin mengaturnya, klik ikon folder. Di sini Anda dapat membuat folder baru untuk menyimpan file ini atau memilih yang sudah ada.

Cara mengunggah tabel yang ada

Anda dapat mengunggah file Excel atau CSV dan mengonversinya menjadi Google Spreadsheet. Untuk melakukan ini, Anda perlu menarik dan melepas file Anda ke dalam folder di Google Drive. Untuk beberapa file, buka menu Pengaturan dan pilih Konversi File yang Diunggah untuk menghindari keharusan mengonversi setiap file secara manual. Sekarang file apa pun yang ditambahkan ke GDrive akan secara otomatis dikonversi tanpa salinan.

Jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat mengedit file Excel atau CSV setelah konversi, jangan khawatir. Untuk membuatnya dapat diedit, klik Buka dengan Google Spreadsheet di bagian atas. Google akan membuat salinan Google Sheet di folder yang sama.

Bekerja dengan spreadsheet

Mari kembali ke meja kosong kita. Perhatikan bahwa Google Drive secara otomatis menyimpan setiap perubahan yang Anda buat. Pesan di atas selalu muncul saat perubahan disimpan.

Menambah, mengganti nama, menghapus, dan manipulasi lainnya dengan sheets

Sebuah lembar kerja dapat berisi beberapa lembar. Kami menyarankan Anda menggunakan yang terpisah untuk mengatur data mentah, perhitungan, dan dasbor Anda. Di bawah ini adalah lembaran. Untuk mengganti nama lembar, klik dua kali dan masukkan nama yang Anda inginkan. Untuk menambahkan lembar lain, klik tanda plus dan lembar baru akan muncul.

Anda dapat mengubah urutan dengan mengklik dan menahan lembar dan menyeretnya ke tempat yang benar. Jika Anda mengklik kanan pada lembar, Anda dapat menghapus, menggandakan, atau bahkan menyalinnya ke lembar lain di Google Drive Anda.

Anda juga dapat mengubah warna setiap lembar. Pengodean warna bisa sangat membantu ketika Anda memiliki banyak lembar data mentah dan perhitungan.

Jika Anda mengklik Semua Lembar, Anda akan melihat daftar penanda warna dan dapat menavigasinya. Ini sangat membantu ketika Anda memiliki 10 atau 20 lembar kertas dalam file yang sama dan disembunyikan di sebelah kanan.

Struktur Sheets

Setiap lembar memiliki sel, kolom, dan baris.

Kolom dan garis

Kolom ditampilkan menurut abjad. Baris ditampilkan secara numerik.

Struktur Google Spreadsheet

Pilih seluruh kolom atau baris dengan mengklik indeks. Jika Anda mengklik kanan, Anda dapat menampilkan daftar opsi untuk baris atau kolom: potong, salin, sembunyikan, ubah ukuran, dll. Anda juga dapat menyisipkan kolom baru di kiri atau kanan. Ingat bahwa tabel menyalin format kolom yang awalnya dipilih ke yang baru dibuat. Anda juga dapat menyisipkan baris baru di atas atau di bawah.

Untuk memilih seluruh lembar, gunakan tombol ini di sudut kiri atas.

Anda juga dapat menggunakan penanda ini untuk membekukan kolom dan baris (mereka tetap terlihat setiap saat).

Cells

Dengan sel, Anda bisa menyimpan data dan melakukan penghitungan berdasarkan data di sel lain. Setiap sel memiliki indeks – kombinasi indeks kolom dan baris. Contohnya adalah A1, B2, C3, dll. Indeks sangat berguna untuk memilih rentang sel yang berbeda.

Misalnya, jika Anda perlu menjumlahkan rentang sel tertentu, Anda dapat memilihnya dengan mengklik sel pertama dan menyeret seluruh rentang. Namun, jika Anda perlu bekerja dengan kumpulan data yang jauh lebih besar, Anda dapat memasukkan indeks sel tempat rentang dimulai, titik dua, dan indeks sel terakhir. SUM (E2:E243) artinya semua nilai dari sel dengan indeks E2 hingga sel dengan indeks E243 dijumlahkan. Berikut adalah metode yang paling umum untuk memilih area yang berbeda:

(A2, A5) – hanya menggunakan nilai dalam A2 dan A5. Tahan Command (untuk Mac) atau Ctrl (untuk PC) dan klik sel yang ingin Anda pilih.
(A2: A5) – untuk menggunakan semua nilai dalam sel dari A2 hingga A5. Klik sel pertama dan seret untuk memilih sel lain.
(A: A) – untuk menggunakan semua angka di kolom. Cukup klik pada indeks kolom untuk memilihnya.
(A3:A) – untuk menggunakan semua nilai dari A3 hingga akhir kolom.
(2: 2) – untuk menggunakan nilai pada baris # 2. Cukup klik pada indeks baris untuk memilihnya.
(A2: 2) – untuk menggunakan nilai dari A2 hingga akhir baris.

Selanjutnya Mengenal Datatype, Formatting, dan Jalan Pintas Google Spreadsheets

Leave a Comment