Jawaban Aktivitas DSI-K8-02 Cyberbullying dan Antisipasinya Informatika Kelas 8 Halaman 257

Wartawarganews.com – Jawaban Aktivitas DSI-K8-02 Cyberbullying dan Antisipasinya Informatika Kelas 8 Halaman 257. Halo Adik-Adik! Kali ini Wartawarganews.com akan membahas Jawaban Aktivitas DSI-K8-02 Cyberbullying dan Antisipasinya Informatika Kelas 8 Halaman 257.

 

 

Aktivitas DSI-K8-02: Cyberbullying dan Antisipasinya

 

Tugas ini dikerjakan dengan berkelompok (anggota 4 orang)

 

Aktivitas 1

 

Guru akan memberikan brainstorming placement. Placement ini dapat berupa hardcopy file atau onlile slides/jamboard, seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Gambar Aktivitas DSI-K8-02

 

Diskusikan:

  1. Apa itu cyberbullying?
  2. Apa saja bentuk dari cyberbullying?

 

Lakukan diskusi dengan abstraksi dari berbagai sumber yang dapat Adik-Adik cati di media seperti buku, majalah, koran, dan internet. Masing-masing anggota harus menuliskan jawaban di setiap tempat yang disediakan. Setelah itu, kelompok merangkum semua ide tersebut, kemudian mendefinisikan mana jawaban dari pertanyaan, dan meletakkannya di bagian tengah placement.

 

Aktivitas 2

 

Guru akan memberikan kasus tentang cyberbullying. Kemudian Adik-Adik diminta untuk menentukan apakah kasus tersebut merupakan cyberbullying atau bukan. Jika Adik-Adik menjadi korban, apa yang akan Adik-Adik lakukan?

 

Jawaban Aktivitas DSI-K8-02: Cyberbullying dan Antisipasinya

 

Aktivitas 1

 

  1. Cyberbullying terdiri dari dua kata, yakni cyber yang berarti dunia maya dan bullying yang berarti perundungan. Keyword penting dalam dunia maya yang dapat Adik-Adik masukkan diantaranya sosial media, aplikasi messaging, game, dan lain sebagainya. Adapun keyword penting dalam perundungan diantaranya adalah perilaku agresif, berulang, dan korban tidak dapat melakukan perlawanan.
  2. Beberapa contoh dari cyberbullying diantaranya: (a) mengedit foto seseorang dengan tidak semestinya, (b) membuat meme dengan maksud untuk mengolok-olok orang lain, (c) flaming/perang kata-lata di dunia maya, (d) ancaman, (e) intimidasi, (f) teror, (g) cyber stalking, dan lain sebagainya.

 

Aktivitas 2

 

Jawaban aktivitas ini tergantung dari kasus yang guru berikan. Yang terpenting adalah bagaimana pandangan Adik-Adik terhadap kasus yang diberikan, agar nantinya Adik-Adik dapat mengambil kesimpulan yang benar.

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Aktivitas DSI-K8-02 Cyberbullying dan Antisipasinya Informatika Kelas 8 Halaman 257. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dnegan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Wartawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Leave a Comment