Cara Membuat Formulir Kontak Situs Web Menggunakan Google Form

Wartawarganews – Cara Membuat Formulir Kontak Situs Web Menggunakan Google Form – Menjalankan situs web atau blog bisa menyenangkan, tetapi menyediakan cara bagi pengunjung untuk terhubung dengan Anda tidak selalu mudah dan langsung. Untungnya, Google memiliki solusi sempurna untuk formulir kontak situs web.

Anda dapat menyematkan formulir Google di halaman dan mengumpulkan semua komentar pembaca Anda dalam satu Google Sheet.

Sangat mudah untuk mengatur. Jadi, ketika Anda siap untuk membuat formulir kontak lanjutan untuk situs web Anda, mari kita mulai!

Buat formulir kontak Anda di Google Formulir

Google sebenarnya menawarkan formulir “Informasi Kontak” yang sudah jadi di galeri template saat Anda pertama kali masuk ke akun Google Formulir Anda.

Formulir meminta informasi standar seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email dan bidang di mana pengguna dapat memasukkan komentar mereka.

Anda dapat menyesuaikan formulir ini dengan mengubah informasi yang Anda minta.

Anda juga dapat mengubah apakah informasi ini diperlukan atau tidak.

Jika tidak diperlukan, pengguna dapat mengosongkan bidang ini. Jika diperlukan, pengguna tidak akan dapat mengirimkan formulir sampai mereka memasukkan sesuatu di bidang ini.

Karena Anda menggunakan formulir ini sebagai formulir kontak situs web Anda, Anda ingin memastikan bahwa pengguna benar-benar memasukkan sesuatu di kotak komentar. Jadi, pastikan Anda telah menyetel item ini ke Wajib.

Sekarang setelah Anda mengkustomisasi konten Templat formulir komentar Google agar sesuai dengan kebutuhan Anda, saatnya untuk menyesuaikan bagaimana formulir berperilaku saat pengguna Anda benar-benar menggunakannya.

Siapkan formulir kontak situs web Anda

Mengklik ikon Pengaturan pada tab Umum memberi Anda kendali atas bagaimana formulir ini berperilaku saat dikirimkan dari situs web Anda.

Misalnya, Anda dapat meminta formulir mengirim duplikat tanggapan pengguna ke alamat email yang ditentukan.

Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kemampuan untuk mengedit balasan setelah mereka mengirimnya.

Tab Presentasi adalah tempat Anda dapat menyesuaikan respons yang akan dilihat pengguna Anda setelah mengirimkan formulir di situs web Anda.

Buat ini masuk akal karena akan ditampilkan kepada setiap pengunjung yang mengirimkan formulir ini.

Misalnya, sebaiknya beri tahu mereka kira-kira berapa lama untuk menunggu jawaban (Anda bahkan dapat menyertakan nomor telepon di sini jika mereka membutuhkan jawaban yang lebih mendesak).

Itu semua tergantung pada bagaimana Anda menggunakan formulir dan jenis kontak apa yang ingin Anda tawarkan kepada pengunjung Anda.

Temukan kode untuk mengembed atau menymatkan

Sekarang formulir Anda sudah siap, saatnya untuk menyematkannya di situs Anda.

Langkah pertama adalah mendapatkan tautan sematan untuk formulir Anda. Ini tidak mudah karena tidak ada ikon embed langsung di halaman editor formulir.

Untuk mengakses kode sematan, Anda perlu mengklik tombol Kirim di sudut kanan atas editor formulir.

Halaman ini menunjukkan kode embed HTML yang perlu Anda salin dan tempel ke situs Anda. Penting untuk membuat pengaturan lebar dan tinggi yang benar di sini sehingga formulir yang disematkan pas dengan pas di halaman arahan.

Anda mungkin harus bermain-main dengan beberapa ukuran, tetapi jangan khawatir. Anda selalu dapat kembali ke sini, mengubah ukuran, lalu menyalin dan menempelkan kode semat baru.

Sematkan formulir kontak di situs web Anda

Jika Anda memiliki situs web atau blog, pendekatan standarnya adalah membuat item menu kontak di header Anda. Ini membuatnya senyaman mungkin bagi pengunjung untuk menghubungi Anda.

Beberapa situs web menggunakan pendekatan alternatif; B. Menempatkan link ini di footer atau bahkan di halaman About Us.

Di situs saya, item menu Kontak memindahkan tampilan ke area setelah testimonial. Di sini saya ingin menyematkan formulir kontak saya.

Di situs WordPress, tema yang Anda gunakan biasanya memiliki area dengan formulir kontak yang dapat Anda sesuaikan. Misalnya pada tema Onetone, terdapat kolom Bagian Isi di halaman utama yang berisi kode formulir kontak yang ada.

Anda dapat menandai kode ini dan menggantinya dengan formulir kontak Google baru Anda. Demikianlah, selamat mencoba

Leave a Comment