Tips dan Trik Google Form yang Harus Kamu Coba

Wartawarganews Tips dan Trik Google Form yang Harus Kamu Coba – Jika Google Forms belum menjadi pilihan anda dalam membuat formulir, inilah saatnya kamu berubah pikiran. Ada banyak alat canggih yang tersembunyi di tempat-tempat yang mungkin tidak Anda temukan kecuali Anda tahu apa yang harus dicari. Kami di sini untuk memastikan Anda mengetahui tentang beberapa kiat dan trik Google Formulir lanjutan.

1. Pilih target jawaban Anda

Jika Anda adalah pengguna moderat Google Forms, Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda dapat memilih untuk menyimpan hasil Anda sebagai spreadsheet atau menyimpannya di formulir. Namun, Anda mungkin tidak tahu mana yang harus dipilih atau mengapa.

Anda dapat memilih sasaran hasil dengan mengeklik tombol Lainnya (ikon tiga titik) dan memilih Pilih Sasaran Jawaban. Kemudian buat tabel baru atau tambahkan jawaban sebagai tab lain ke tabel yang sudah ada.

Jika Anda ingin mengirim jawaban Anda ke spreadsheet dengan cepat, Anda juga dapat mengklik tombol Buat Tabel berwarna hijau. Atau untuk mengunduh langsung ke komputer Anda, pilih Lainnya> Unduh jawaban (.csv).

Jika Anda memutuskan untuk membuat spreadsheet baru, itu akan ada di Google Spreadsheet dengan nama yang Anda tetapkan atau nama default, nama formulir. Untuk menambahkan spreadsheet yang ada, pilih yang Anda inginkan di pop-up Google Spreadsheet.

Menggunakan tabel untuk menyimpan hasil sangat ideal saat Anda ingin memanipulasi data. Namun, Anda mungkin ingin menyimpan hasilnya dalam formulir jika Anda mengharapkan lebih dari 400.000 tanggapan, karena ini adalah jumlah baris dalam spreadsheet Google Spreadsheet biasa.

Tujuan mana pun yang Anda pilih, Anda selalu dapat membuka Jawaban> Ringkasan untuk tampilan hasil yang lebih visual. Ini sempurna ketika sebagian besar pertanyaan Anda adalah pilihan ganda atau dapat digambarkan dalam beberapa cara.

2. Terima pemberitahuan kiriman

Jika Anda ingin menerima pemberitahuan email saat seseorang mengirimkan formulir Anda, Anda dapat mengaturnya hanya dengan dua klik.

Pada tab Balasan, klik tombol Lainnya (ikon tiga titik) dan pilih Terima pemberitahuan email untuk balasan baru. Alamat email yang akan menerima balasan adalah alamat akun yang Anda gunakan untuk masuk ke Google Formulir.

3. Sisipkan beberapa halaman ke dalam Google Forms

Untuk menambahkan nilai ke formulir Anda dan membuatnya lebih jelas bagi responden, Anda bisa menambahkan beberapa halaman dengan menyisipkan bagian.

Pergi ke blok terakhir pada halaman Anda dan klik tombol Add Section pada toolbar. Anda dapat menetapkan judul dan deskripsi untuk setiap halaman, yang memungkinkan Anda untuk dengan jelas memisahkan pertanyaan dari tipe atau tipe responden tertentu.

4. Sematkan iFrame dari formulir Anda

Jika Anda ingin menggunakan Google Formulir untuk membuat formulir kontak untuk situs web Anda, atau untuk tujuan lain di mana masuk akal untuk menyematkan formulir sebagai iFrame, itu mudah dilakukan.

Di kanan atas halaman formulir, klik Kirim. Kemudian klik ikon Sematkan, sesuaikan lebar dan tinggi iFrame Anda jika Anda mau, dan klik Salin. Anda kemudian dapat menempelkan kode di tempat yang Anda butuhkan.

5. Buat kuis penilaian otomatis

Untuk guru, mengikuti kuis penilaian otomatis di Google Formulir adalah cara yang sangat mudah untuk menghemat waktu. Di halaman utama Google Formulir Anda, klik Galeri Template di bagian atas. Gulir ke bawah dan pilih Kuis Kosong di bawah Pendidikan.

Klik Add Question pada toolbar, masukkan pertanyaan, dan klik Answer Key untuk memberikan jawaban yang benar dan nilai poin untuk pertanyaan tersebut. Ketika responden Anda telah menyelesaikan kuis, mereka akan diberikan pilihan untuk melihat skor mereka. Ini menunjukkan kepada Anda semua pertanyaan yang telah dijawab dan ditandai sebagai benar atau salah dan poin yang Anda terima.

6. Ubah formulir menjadi kuis

Jika Anda membuat formulir yang nantinya ingin Anda gunakan sebagai kuis penilaian otomatis, itu mudah. Pada halaman formulir, klik tombol Pengaturan (ikon roda gigi) di sudut kanan atas. Pilih tab Kuis dan alihkan sakelar untuk Jadikan ini kuis dan klik Simpan.

Anda kemudian dapat pergi ke formulir dan memasukkan kunci jawaban dan nilai poin seolah-olah Anda membuat kuis dari awal.

7. Dapatkan tautan yang sudah diisi sebelumnya

Anda mungkin ingin mengisi terlebih dahulu beberapa jawaban pada formulir untuk responden Anda. Anda dapat menggunakan ini, misalnya, untuk memulai formulir kontak di situs web Anda. Di kanan atas halaman formulir (di sebelah Kirim), klik Lainnya, lalu pilih Dapatkan Tautan yang Sudah Diisi. Selanjutnya, cukup isi formulir dengan cara yang Anda inginkan agar responden mengajukan pertanyaan tertentu dan klik Dapatkan Tautan.

Anda kemudian akan melihat di kiri bawah bahwa tautan Anda sudah siap, cukup klik Salin Tautan lalu tempel di tempat Anda ingin membagikannya.

8. Sesuaikan pengaturan default untuk email, pertanyaan yang diperlukan, dan nilai poin

Jika nanti Anda membuat formulir dan selalu ingin mengumpulkan alamat email, Anda dapat memeriksa pengaturan untuk menjadikannya default. Jika Anda ingin membuat semua pertanyaan menjadi wajib atau menggunakan nilai poin yang sama untuk pertanyaan kuis, Anda juga dapat mengatur nilai default ini.

Di kanan atas halaman formulir (di sebelah Kirim), klik Lainnya, lalu pilih Pengaturan. Sekarang, di jendela pop-up, centang kotak untuk salah satu atau semua opsi ini. Ini adalah penghemat waktu yang sangat besar jika Anda ingin menggunakan pengaturan yang sama untuk formulir di masa mendatang.

9. Tambahkan cabang logika

Percabangan logika adalah cara yang bagus untuk mengatakan bahwa responden Anda akan membuka halaman tertentu berdasarkan jawaban yang mereka berikan. Misalnya, jika Anda menyatakan bahwa Anda orang Australia, pertanyaannya berkaitan dengan wilayah Australia. Jika Anda memilih kelompok usia tertentu sebagai jawabannya, Anda dapat mengajukan pertanyaan sesuai usia setelahnya.

Anda dapat menggunakan ini untuk pertanyaan apa pun di mana pengguna dapat memberikan jawaban dari pilihan jawaban tetap. Klik tombol Lainnya (ikon tiga titik) untuk pertanyaan dan pilih Buka Bagian Berdasarkan Jawaban.

Kemudian pilih di mana Anda ingin mengarahkan responden Anda dari kotak dropdown. Anda juga dapat meminta mereka untuk mengirimkan formulir alih-alih mengirimkannya ke bagian baru.

10. Gunakan skrip

Tidak ada skrip untuk formulir itu sendiri, tetapi ada cara untuk menggunakan skrip jika Anda mau. Di kanan atas halaman formulir, pilih tombol Pengaturan (ikon roda gigi) dan pilih Editor Skrip. Anda akan mulai dengan tab baru tempat Anda dapat memasukkan skrip. Cukup klik File> Simpan setelah selesai.

Anda dapat menemukan beberapa contoh skrip dan bantuan Google Formulir di halaman skrip Google Apps untuk pengembang. Anda juga harus memeriksa add-on canggih ini untuk Google Forms.

Leave a Comment