5 Power Supplay terbaik untuk Penambangan Bitcoin Pada Tahun 2023

Wartawarganews – 5 Power Supplay terbaik untuk Penambangan Bitcoin Pada Tahun 2023 – Cryptocurrency telah benar-benar memantapkan dirinya sebagai landasan internet modern di dunia saat ini. Pada saat penulisan, Bitcoin telah melebihi nilai $ 60.000 dan sedang dalam tren naik ke depan.

Ini berarti bahwa menambang cryptocurrency telah menjadi sangat populer dalam skenario saat ini. Penambangan membutuhkan banyak daya komputasi, yang biasanya disediakan oleh beberapa kartu grafis yang bekerja secara paralel. Peternakan penambangan cryptocurrency yang luas telah didirikan, memanfaatkan kekuatan lusinan dan bahkan ratusan kartu grafis secara bersamaan untuk memaksimalkan profitabilitas penambangan cryptocurrency.

Kartu grafis bukan satu-satunya komponen yang diperlukan untuk rig penambangan kripto. Tentu saja, Anda juga perlu menyediakan daya yang bersih dan stabil ke kartu grafis ini, dan di situlah daya masuk. Karena PC dan rig penambangan cryptocurrency mengandung banyak kartu grafis, mereka sering kali membutuhkan catu daya yang sangat kuat yang dapat menangani banyak kartu grafis dengan ketahanan maksimum.

Dalam daftar ini, kita melihat catu daya yang dirancang untuk digunakan dalam sistem komputer desktop daripada unit yang dibuat khusus untuk rig penambangan.

Berikut adalah 5 catu daya terbaik untuk penambangan cryptocurrency pada tahun 2021.

1. Corsair AX1600i

  1. Lots of Wattage for Multiple GPUs
  2. 80+ Titanium Efficiency
  3. 10x 8-pin PCIe Connectors
  4. Ten Year Warranty
  5. Extremely Expensive

Wattage: 1600 Watts | 12V Rail: Single, 133.3A | Fan Size: 140mm | 80 PLUS: Titanium | PCIe Connectors: 10 x 8pin (6+2) | Warranty: 10 Years

Corsair adalah salah satu merek catu daya paling andal di pasaran saat ini. Sebagian besar catu daya Corsair sebenarnya dibuat oleh Seasonic, yang bisa dibilang OEM terbaik untuk catu daya saat ini. Meskipun demikian, karena komponen berkualitas tinggi, pengoperasian yang tangguh, dan masa pakai yang andal, catu daya Corsair luar biasa, dan AX1600i jelas tidak terkecuali. Corsair AX1600i adalah catu daya berkualitas sangat tinggi yang dapat menangani hampir semua hal yang dapat Anda lakukan.

AX1600i memiliki kapasitas total 1600 watt, yang sangat berlebihan untuk semua rig game biasa, tetapi mungkin tidak sepenuhnya tidak masuk akal untuk mesin penambangan. Idealnya, catu daya harus dioperasikan dengan beban 50-60% untuk mencapai efisiensi maksimum sesuai dengan kurva efisiensi.

Membeli PSU 1600 watt yang kuat akan memastikan bahwa bahkan dengan beberapa kartu grafis yang sedang dimuat, PSU Anda akan beroperasi pada efisiensi maksimum hampir sepanjang waktu, dan itu benar-benar dapat memaksimalkan keuntungan Anda dengan mengurangi pemborosan listrik.

Kekuatan lain dari Corsair AX1600i adalah kelas efisiensi 80+ Titanium, yang merupakan kelas efisiensi tertinggi yang diterima oleh catu daya konsumen. Hal ini menjadikan AX1600i salah satu catu daya paling efisien di pasar dan pada saat yang sama memiliki salah satu kapasitas tertinggi.

Corsair telah memposisikan AX1600i sebagai solusi tanpa kompromi bagi para gamer dan profesional yang membutuhkan catu daya premium yang kuat untuk komponen yang haus daya, dan ini juga menguntungkan penambang cryptocurrency.

Corsair AX1600i tidak hanya memiliki kapasitas 1600 watt dan peringkat Titanium 80+, tetapi juga dapat menyediakan daya hingga 133,3A pada rel 12V-nya, yang lebih dari cukup untuk menjalankan beberapa kartu grafis secara bersamaan.

Faktanya, AX1600i dapat menangani sekitar 6-8 unit kartu grafis AMD Radeon RX 480 hanya dengan satu unit, dan itu adalah prestasi rekayasa yang benar-benar luar biasa. Hal ini tentu saja didukung oleh integrasi sepuluh konektor PCIe 8-pin yang dapat menyalurkan semua daya ke kartu grafis pilihan Anda.

Sementara AX1600i adalah salah satu catu daya desktop konsumen paling kuat di pasar, ia memiliki satu kelemahan utama dan itu adalah harganya. Bahkan jaminan 10 tahun yang mengesankan tidak dapat mengalihkan perhatian Anda dari harga perangkat ini yang benar-benar astronomi.

Bagi Anda yang mencari yang terbaik dari yang terbaik, AX1600i jelas merupakan catu daya yang harus Anda beli untuk rig penambangan Anda.

2. Corsair HX1200i

  1. Can Handle Multiple Graphics Cards
  2. 80+ Platinum Efficiency
  3. 8 PCIe Connectors
  4. Relatively More Affordable
  5. Relatively Older

Wattage: 1200 Watts | 12V Rail: Single, 88A | Fan Size: 140mm | 80 PLUS: Platinum | PCIe Connectors: 8 x 8pin (6+2) | Warranty: 10 Years

Corsair HX1200i adalah catu daya premium Corsair berkinerja tinggi lainnya, tetapi perangkat ini berasal dari kisaran HX yang sedikit lebih tua. Itu tidak berarti HX1200i bukan pesaing yang layak di pasar saat ini. Faktanya, HX1200i masih akan menjadi salah satu catu daya berkualitas tinggi di area desktop konsumen pada tahun 2021, dan dapat diasumsikan bahwa ia akan tetap seperti itu untuk beberapa waktu.

Dibandingkan dengan pilihan utama kami, AX1600i, HX1200i mengurangi kapasitas keseluruhan perangkat menjadi 1200 watt, bukan 1600 watt sebelumnya. 1200 watt masih lebih dari cukup ketika beberapa kartu grafis bekerja bersama dalam rig penambangan kripto yang cukup kuat.

Daya puncak 1200 watt dari HX1200i masih memungkinkan Anda untuk bekerja di jendela efisiensi puncak 50-60% ketika beberapa kartu grafis yang terhubung bekerja di bawah beban.

HX1200i juga sedikit jatuh kembali ke dalam kategori 80+ Platinum, meskipun akan sedikit berlebihan untuk menyebut ini sebagai downgrade. Efisiensi 80+ Platinum hanya diberikan kepada catu daya berkualitas sangat tinggi yang memberikan nilai efisiensi luar biasa dalam berbagai skenario beban. Ini mungkin tidak seefisien PSU Titanium 80+, tetapi efisiensinya mendekati 100% tanpa merusak bank sepenuhnya.

Rel 12 V tunggal HX1200i dapat membawa arus 88 A, yang cukup untuk beberapa kartu grafis penambangan kripto yang bekerja bersama-sama. HX1200i dapat memberikan kinerja ini ke kartu grafis ini melalui 8 konektor PCIe 8-pin yang tersedia.

Semua fitur ini membuat HX1200i dilengkapi secara ideal untuk memproses banyak kartu grafis secara bersamaan, menjadikannya sempurna untuk rig penambangan kripto.

Secara keseluruhan, HX1200i adalah salah satu catu daya watt tinggi dengan kualitas tertinggi yang tersedia saat ini, dan ini adalah salah satu yang masuk akal jika Anda ingin membangun rig penambangan kripto kecil.

Ini tidak berlebihan seperti AX1600i, tetapi pada dasarnya menawarkan fitur yang sama dengan harga yang jauh lebih murah. Satu-satunya downside adalah usia relatif, yang seharusnya tidak menjadi masalah kecuali Anda memilih pasar bekas.

3. Seasonic Focus Plus 1000 Gold

  1. 1000W Capacity for Multiple Cards
  2. Relatively More Affordable
  3. Compact Design
  4. Slightly Lower 12V Current Rating
  5. Only 80+ Gold Efficiency

Wattage: 1000 Watts | 12V Rail: Single, 83A | Fan Size: 120mm | 80 PLUS: Gold | PCIe Connectors: 6x 8pin (6+2) | Warranty: 10 Years

Seasonic adalah salah satu merek catu daya terbaik di luar sana dan juga berfungsi sebagai OEM untuk banyak merek catu daya lain seperti Corsair. Perangkat premium Seasonic menggunakan komponen berkualitas sangat tinggi yang memungkinkannya berfungsi dengan andal untuk waktu yang lama, dan Focus Plus 1000 Gold tidak terkecuali.

Seasonic Focus Plus 1000 Gold adalah salah satu opsi serba masuk akal dalam daftar kami karena harganya yang kompetitif serta komponen dan fitur berkualitas tinggi.

Focus Plus 1000 Gold memiliki watt maksimum 1000 watt, yang cukup untuk 2 atau 3 kartu yang bekerja bersama di rig penambangan. Catu daya ini paling baik untuk kartu kelas menengah atau lebih tua dengan TDP lebih rendah dibandingkan dengan kartu modern seperti seri RTX 3000.

Catu daya harus dapat menangani 2 hingga 3 kartu grafis RX 480 atau RX 580 secara bersamaan, dan itu dapat memberikan kinerja penambangan kripto yang layak tanpa merusak bank sepenuhnya.

Peringkat efisiensi juga sedikit lebih rendah dari unit Corsair yang disebutkan sebelumnya, tetapi efisiensi emas 80+ tentu saja tidak boleh diabaikan. Standar emas 80+ tentu saja menempatkan perangkat ini dalam kategori premium kelas atas dan juga membuatnya sedikit lebih terjangkau daripada perangkat platinum dan titanium.

Seasonic Focus Plus 1000 Gold berkompromi di tempat yang tepat dan peningkatan efisiensi ke 80+ Gold adalah salah satu tempat yang paling masuk akal.

PSU dapat mengalirkan arus hingga 83A pada rel tunggal 12V dan itu tidak luar biasa jika kita membandingkannya dengan PSU lain dalam kategori yang sama. Untuk 2-3 kartu kelas menengah yang bekerja bersama-sama di perusahaan pertambangan kecil, ini tentu saja sudah cukup, dan inilah yang paling cocok untuk unit catu daya ini.

Focus Plus menawarkan enam konektor PCIe 8-pin untuk memberikan kartu ini tingkat kinerja ini, dan juga dilengkapi dengan garansi 10 tahun.

Meskipun ini bukan catu daya berkualitas tinggi berdasarkan angka dan spesifikasi, Seasonic Focus Plus 1000 Gold saat ini merupakan salah satu opsi yang paling masuk akal untuk catu daya penambangan.

Ini memiliki watt yang cukup untuk menangani operasi penambangan kecil dan juga cukup efisien, sementara biayanya sedikit lebih murah daripada opsi premium. Satu-satunya alasan untuk mendapatkan unit yang lebih mahal adalah jika Anda ingin membangun operasi penambangan yang sedikit lebih besar dengan lebih banyak kartu grafis.

4. EVGA SuperNova 1000G+

  1. Enough Wattage for Multiple GPUs
  2. Comparitively More Affordable
  3. Large 135mm Fan
  4. Lower 80+ Gold Efficiency
  5. Relatively Lower 12V Current Rating

Wattage: 1000 Watts | 12V Rail: Single, 83.3A | Fan Size: 135mm | 80 PLUS: Gold | PCIe Connectors: 6 x 8pin (6+2) | Warranty: 10 Years

EVGA adalah merek lain yang dikenal karena membuat catu daya yang andal dan berkualitas tinggi. Penawaran mereka berkisar dari perangkat ultra-budget hingga perangkat berkualitas sangat tinggi yang dapat memproses beberapa kartu grafis secara bersamaan. EVGA SuperNova 1000G + termasuk dalam kategori terakhir karena juga merupakan salah satu catu daya terbaik yang dijual EVGA saat ini.

Sama seperti Seasonic Focus Plus Gold yang telah disebutkan, EVGA SuperNova adalah perangkat 1000 watt yang menawarkan watt yang cukup untuk 2-3 kartu grafis dengan konsumsi daya yang memadai. Ini bisa menjadi ideal bagi Anda yang ingin membangun rig penambangan kecil menggunakan beberapa peta yang mungkin sudah Anda miliki.

Selain itu, catu daya juga dapat menangani beberapa kartu modern seperti seri RX 6000 dan seri RTX 3000, asalkan Anda hanya ingin menggunakan 2 di antaranya di komputer.

EVGA telah memilih peringkat efisiensi 80+ emas, yang juga sangat solid untuk catu daya dengan kualitas ini. Tentu saja, ini tidak seefisien beberapa unit dengan peringkat platinum atau titanium, tetapi 80+ emas pasti dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Catu daya ini menghasilkan arus hingga 83,3A pada rel tunggal 12V, yang cukup baik untuk konfigurasi penambangan kecil dengan 2-3 kartu grafis dengan konsumsi daya yang wajar. EVGA telah menyediakan enam konektor PCIe 8-pin untuk menghadirkan kinerja ini ke kartu grafis pilihan Anda.

Dengan garansi sepuluh tahun, EVGA SuperNova 1000G + tentu saja merupakan catu daya yang solid untuk rig penambangan cryptocurrency pada tahun 2021. Perangkat ini relatif lebih murah daripada perangkat dengan efisiensi dan kinerja yang lebih tinggi, tetapi tidak mengurangi kualitas dan keandalan komponen internal. Bersama dengan Seasonic Focus Plus, SuperNova 1000+ adalah pilihan termurah untuk catu daya penambangan kripto yang menawarkan nilai uang yang besar tanpa merusak bank.

5. Corsair RM850x

  1. Lots of PCIe Connectors for an 850W PSU
  2. Much More Affordable
  3. Lower 850W Wattage
  4. Only 70A 12V Current Rating
  5. Better Suited for Light Mining

Wattage: 850 Watts | 12V Rail: Single, 70.8A | Fan Size: 135mm | 80 PLUS: Gold | PCIe Connectors: 6 x 8pin (6+2) | Warranty: 10 Years

Corsair RM850x adalah salah satu catu daya desktop konsumen paling populer di pasar. Power supply ini termasuk dalam kelas power supply desktop tertinggi dan tentunya menjadi favorit para pecinta PC. RM 850x adalah varian paling populer dari seri RMx dari Corsair karena kualitas komponen internal yang sangat baik dan keandalan kelas satu.

Sementara RM 850x mungkin merupakan unit yang solid untuk PC gaming desktop konsumen, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk rig penambangan dengan banyak kartu grafis. Faktanya, RM 850x tidak boleh dibeli jika Anda ingin mengoperasikan 4-5 kartu grafis dalam operasi penambangan sedang.

Catu daya ini sangat ideal bagi mereka yang sudah memiliki PC gaming dengan unit luar biasa ini di dalamnya dan ingin menggunakan mesin mereka untuk penambangan sampingan. Catu daya ini dapat dengan mudah menangani kartu grafis modern yang cukup kuat, atau Anda dapat menggunakan dua kartu grafis berdaya lebih rendah untuk pengalaman serupa.

Alasan untuk kasing eksklusif ini adalah bahwa RM 850x ditujukan untuk PC gaming dan bukan rig penambangan. Ini memiliki kapasitas total hanya 850 watt, yang hanya cukup untuk kartu grafis dari seri RTX 3000.

Atau, Anda dapat menggunakan dua kartu grafis lama yang kurang bertenaga, tetapi itulah cakupan kemampuan catu daya ini. Ini dinilai 80+ emas, bagaimanapun, dan itu tentu saja merupakan sentuhan yang bagus. Corsair juga menyertakan enam konektor PCIe 8-pin dengan harga RM 850x, dan juga dilengkapi dengan garansi 10 tahun.

Corsair RM 850x bukanlah perangkat yang harus Anda beli khusus untuk rig penambangan. Ini adalah kualitas yang sangat tinggi yang disukai oleh banyak produsen PC gaming kelas atas, sehingga sudah menjadi catu daya umum di antara para penggemar. Jika Anda sudah memiliki catu daya ini di rig game Anda dan ingin melakukan penambangan kripto ringan dengan satu atau dua kartu grafis, maka keandalan dan umur panjang RM 850x tidak akan mengecewakan Anda.

Leave a Comment