Review Thinkpad T490s Laptop Powerfull Tipis dan Ringan

Laptop Tipis dan Ramping

ThinkPad T490s adalah versi yang lebih ramping dari ThinkPad T490, keduanya merupakan model 14-inci dalam jajaran ThinkPad Lenovo saat ini.

Tampaknya cocok di antara seri-T standar dan laptop seri-X ultra-tipis dan ringan dari Lenovo, dan dalam segala hal, T490s adalah perangkat bisnis yang ramping dan sangat ringan.

Aspek lain dari T490s adalah berbagai opsi tampilan yang tersedia, mulai dari panel FHD hemat energi pada perangkat uji kami hingga opsi WQHD dengan dukungan Dolby HDR.

Tapi hal terbaik tentang desain ini? Meskipun menyandang label “tipis dan ringan” di mana-mana, T490 sebenarnya menawarkan dukungan I / O yang sah di era laptop khusus USB-C.

DESAIN T490S

Bahan casingnya adalah kombinasi ThinkPad yang terkenal dari plastik yang diperkuat serat karbon dan paduan magnesium. Versi T490s ini berukuran 12,94 x 8,85 x 0,63 inci dan beratnya hanya 2,81 lbs (ada beberapa variasi tergantung pada konfigurasi tampilan).

Dan sekarang mari kita lihat I/O yang sangat penting, yang pada ThinkPad T490s jauh di atas rata-rata dalam kategori “Thin-and-Light” dibandingkan dengan laptop lain. Tidak, ini tidak cukup setara dengan model T-series ukuran penuh, tetapi kami juga tidak berbicara tentang laptop ramping lainnya hanya dengan sepasang port USB-C.

Ulasan Laptop Lenovo ThinkPad T490s: Tipis dan Ringan, Dibuat dengan Benar – Sistem 15
Dari kiri ke kanan kami memiliki input daya USB-C, koneksi USB-C Thunderbolt 3, Ethernet (memerlukan adaptor ekspansi Ethernet opsional), koneksi USB 3.1 Gen1, output HDMI (1.4) dan kombo headphone / mikrofon 3,5 mm Pelabuhan.

Di sisi lain kami melihat slot ExpressCard untuk pembaca kartu pintar opsional, port USB 3.1 Gen1 lainnya (ini menawarkan daya yang selalu aktif untuk pengisian daya) dan slot kunci Kensington dari kiri ke kanan. Gabungan slot pembaca kartu microSD / micro SIM model ini terletak di bagian belakang T490s.

Baca Juga  Tips dan Trik untuk Mempercepat Kinerja Windows 10

Di tepi depan tutup laptop adalah penggeser untuk penutup kamera fisik (ThinkShutter). Meskipun ini bukan desain engsel 360 derajat seperti seri Yoga, ThinkPad ini memiliki engsel yang memungkinkan layar runtuh hampir rata:

Selanjutnya kita akan melihat input yang paling penting.

Input

Pengguna ThinkPad lama memiliki pendapat yang sangat kuat tentang laptop mereka, terutama dalam hal input. Di sini saya memutuskan untuk membandingkan T490s dengan ThinkPads terbaru dan thin-and-lights lain yang saya gunakan.

Keyboard

Keyboard nyaman lebar, dengan keycaps sedikit cekung yang membantu membuatnya terasa sedikit lebih tradisional. Perjalanan utama masih cukup dangkal, tetapi masih lebih dalam daripada kebanyakan pilihan gaya chiclet di luar sana.

Saya menemukan model ini terasa hampir persis seperti keyboard pada ThinkPad Yoga S1 saya yang telah dicoba dan diuji, artinya sangat, sangat bagus.

Keyboard juga tahan percikan (walaupun saya tidak cukup berani untuk mengujinya sebelum saya harus mengirimkannya kembali), dan unit pengujian kami memiliki lampu latar LED. Saya benar-benar tidak punya keluhan di sini.

Ultranav dan Trackpoint

Touchpad tanpa tombol (UltraNav) menawarkan permukaan multi-sentuh halus yang terasa nyaman, tetapi tidak mendekati level touchpad kaca besar pada perangkat Apple.

Selain referensi Apple yang tidak populer itu, rasanya cukup bagus dan sangat responsif, dan saya tidak punya masalah dengannya.

Ulasan Laptop Lenovo ThinkPad T490s: Tipis dan Ringan, Dibuat dengan Benar – Sistem 21
Untuk bagiannya, TrackPoint terasa seperti ThinkPad TrackPoint lainnya yang pernah saya gunakan secara pribadi.

Beberapa orang akan lebih memilih metode ini, dan Anda mendapatkan tombol fisik untuk klik kiri dan kanan di bagian atas touchpad, tepat di bawah bilah spasi. Pelacakan terasa setepat biasanya.

Baca Juga  Bahasa Pemrogramman Android Paling Populer saat ini

Saya lebih suka TrackPoint untuk pekerjaan tertentu, termasuk mengedit foto, sementara saya telah menggunakan touchpad secara default untuk hal-hal seperti penjelajahan web, di mana saya menghargai implementasi yang solid dari pengguliran dua jari.

Tampilan

Tanpa analisis menyeluruh, saya hanya dapat menyampaikan kesan subjektif di sini, dan tampilan FHD hemat energi dari sampel kami sangat bagus.

Ini menawarkan hasil akhir matte yang menghalangi silau dengan cukup baik, tetapi saya langsung terkesan dengan warna yang kaya dan apa yang menurut saya sangat akurat saat dikirim (terutama untuk perangkat bisnis yang tidak dipasarkan untuk pikiran kreatif).

Terlepas dari fakta bahwa ini adalah IPS, Lenovo tidak memberikan detail apa pun tentang panel FHD berdaya rendah dalam contoh kami. Saya telah melihat bahwa mereka mungkin menggunakan teknologi IGZO untuk varian berdaya rendah ini (dalam pengujian Notebook Check) dan kembali ke tahun 2016 ketika saya melihat tampilan IGZO pertama saya (dengan Dell XPS 15) yang tampaknya benar.

Warnanya hanya memiliki apa yang saya sebut efek quasi-OLED.

Performa

Saya mulai mengevaluasi laptop ini hanya dengan menggunakannya sebagai driver harian saya selama beberapa bulan. Saya menggunakan T490 secara eksklusif musim panas lalu (pengamat yang cermat mungkin telah memperhatikan tanggal sistem dari Juli di foto sistem), dan saya terus menggunakan mesin hingga akhir Agustus.

Ini bukan informasi baru, tetapi sejujurnya, metrik kinerja notebook dengan prosesor seluler Intel Core i5 generasi ke-8 tidak mengejutkan. Aspek terpenting dari sebuah laptop (setidaknya bagi saya) tidak ada hubungannya dengan daya komputasi, tetapi semuanya dengan tampilan dan kualitas input – dan tentu saja dengan masa pakai baterai.

Baca Juga  Windows 11 Akan Menjadi Pembaruan Gratis. Ini Cara Mengunduhnya

Kesimpulan

Saya menggunakan sejumlah laptop pada tahun 2019 dan ini akhirnya menjadi favorit saya. Tidak, ini bukan monster game besar dengan keyboard mekanis dan GPU desktop di dalamnya, juga bukan aksesori gaya hidup yang sangat ramping yang terbuat dari aluminium tanpa konektivitas.

ThinkPad T490s hadir dalam media perangkat profesional yang beruntung ini, di mana setidaknya beberapa I/O yang biasa kita anggap remeh masih terpasang di perangkat itu sendiri, bukan hanya imajinasi (alias sejumlah dongle). ).

Bisakah Anda berargumen bahwa perangkat T-Series yang sangat tipis dari Lenovo benar-benar perangkat T-Series, mengingat konsesi pada ukuran seperti kebutuhan akan adaptor opsional untuk Ethernet? Saya tidak terjebak dengan merek laptop jadi saya tidak akan berdebat dengan cara apa pun.

Bagi saya, itu hanya laptop bisnis yang solid dengan tampilan yang bagus, input yang bagus, dan masa pakai baterai yang hebat. Dan itu sangat mudah. Apa lagi yang bisa Anda minta di laptop kerja?

Sekarang kita sampai pada aspek T490 yang tidak saya bahas dalam pengujian karena saya mengevaluasi satu varian model ini: Ada banyak konfigurasi berbeda yang tersedia. Sebuah ThinkPad T490s berharga sekitar $ 1700 saat diuji, tetapi T490s sebenarnya mulai dari sekitar $ 1399, dan bahkan ada varian T495s dengan prosesor AMD (mulai dari sekitar $ 1050).

Saya pasti akan merekomendasikan keluarga T490s / T495s ini kepada siapa pun yang mencari laptop produktivitas ringan di pasaran yang tidak perlu membawa banyak dongle ke mana-mana.

T490 mungkin bukan yang lama disebut oleh pengguna seri-T sebagai laptop “Seri-T” (mungkin lebih seperti seri-X yang lebih tebal), tetapi terlepas dari labelnya, ini adalah laptop yang sangat bagus.