Jawaban Diskusi dalam Teks Bacaan Sabana Sumba Kelas 4 Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka

Jawaban Diskusi dalam Teks Bacaan Sabana Sumba Kelas 4 Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka Halaman 143 – Hallo adik-adik sobat Sekolah Dasar semua, kali ini wartawarga akan membagikan rekomendasi jawaban tugas diskusi dari bacaan “Bertualang di Sabana Sumba” yang ada pada buku siswa kelas 4 mapel bahasa Indoneisa, Kurikulum Merdeka.

Jawaban Diskusi dalam Teks Bacaan Sabana Sumba Kelas 4 Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka Halaman 143

Berdiskusi

Bentuklah kelompok diskusi yang terdiri atas 5—6 orang.

Temukan kata-kata di dalam teks “Sabana Sumba” yang mungkin baru bagi kalian.

Cari artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, lalu tambahkan ke dalam Kamus Kartu kalian.

Jawaban:

  • Eksotis: Memiliki daya tarik khas karena belum banyak dikenal umum.
  • Sabana: Padang rumput yang dipenuhi oleh semak atau perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar.
  • Destinasi: Tempat tujuan.
  • Vegetasi: Keseluruhan komunitas tetumbuhan di suatu tempat tertentu, mencakup baik perpaduan komunal dari jenis-jenis flora penyusunnya maupun tutupan lahan yang dibentuknya.
  • Lanskap: Susunan daerah tanah dan representasi visualnya, khususnya seperti yang digambarkan dalam lukisan, foto, video maupun dari pandangan dari indra penglihat kita.

Carilah sumber bacaan lain tentang sabana! Kalian boleh mencarinya di perpustakaan sekolah, perpustakaan digital, atau di internet.

Jawaban:

Hutan sabana termasuk salah satu jenis hutan yang pengklasifikasinya berdasarkan iklim. Padang sabana mudah ditemukan di daerah Indonesia bagian timur contohnya pulau Kenawa di Sumbawa.

Jenis hutan sabana muncul di daerah yang memiliki perpaduan antara iklim tropis dan sub tropis. Curah hujan yang sedikit dan suhu merupakan faktor terbentuknya hutan ini.

Sabana merupakan sebuah daratan yang unik, karena iklimnya yang tidak terlalu kering sehingga menjadi padang pasir, dan juga tidak terlalu basah sehingga terbentuk hutan murni. Kondisi curah hujan sekitar 30 mm/tahun akan membentuk hutan sabana secara alami.

Dengan curah hujan yang sedikit, mengakibatkan tumbuhan kesulitan untuk menyerap air dan bertahan hidup. Kondisi ini yang mengakibatkan hanya jenis rerumputan yang dapat bertahan hidup dan beradaptasi di padang sabana.

Tetapi, sabana kemungkinan dapat mengalami perubahan tergantung dengan curah hujan. Sabana akan berubah menjadi semak belukar ketika memasuki musim kering. Dan akan berubah menjadi hutan basah ketika musim basah tiba.

Suhu rata-rata di hutan sabana cenderung hangat dan akan tetap sama sepanjang tahun. Padang rumput sabana tetap memiliki potensi hujan meskipun bersuhu panas, yaitu sekitar 100 mm hingga 150 mm/tahun.

Sabana memiliki berbagai macam tipe tergantung dari kondisi iklim tropis di kawasan tersebut. Padang sabana tersebar di beberapa daerah, yaitu wilayah Afrika Timur, Amerika Selatan, Afrika dan Australia.

Sumber: LindungiHutan.com

Diskusikan informasi yang kalian dapat bersama kelompok kalian.

Kalian dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai panduan.

a. Selain Bukit Warinding di Sumba, adakah sabana di wilayah Indonesia lainnya?

b. Adakah sebutan lain untuk sabana? Apakah itu?

c. Apa saja jenis hewan yang dapat hidup di sabana?

d. Bagaimana sebaiknya sikap pengunjung ketika mengunjungi sabana untuk melihat kuda liar?

e. Bagaimana sebaiknya sikap pengunjung kalau mengunjungi tempat wisata mana pun?

Jawaban:

a. Ada. Sabana Gunung Bromo, Sabana Gunung Merbabu dan Sabana Baluran.

b. Sebutan lain untuk sabana adalah padang rumput.

c. Singa, hyena, macan tutul, zebra, jerapah, unta, hingga gajah afrika.

d. Tertib dan mengikuti aturan.

e. Membuang sampah pada tempatnya, mentaati aturan dan tidak merusak.

 

Disclaimer :

Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Warawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.***

Leave a Comment