Jawaban Aktivitas PLB-K8-02 Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia Informatika Kelas 8 Halaman 269 270 271 272

Wartawarganews.com – Jawaban Aktivitas PLB-K8-02 Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia Informatika Kelas 8 Halaman 269 270 271 272. Halo Adik-Adik! Kali ini Wartawarganews.com akan membahas Jawaban Aktivitas PLB-K8-02 Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia Informatika Kelas 8 Halaman 269 270 271 272.

 

Aktivitas PLB-K8-02: Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia

 

Apa yang Adik-Adik Perlukan?

  1. Komputer PC atau laptop yang sudah terinstal sistem operasi dan browser.
  2. Papan sirkuit elektronis Makey Makey
  3. Kabel dan klip buaya
  4. Bahasa pemrograman blok/visual Scratch
  5. Poster lempeng bumi
  6. Plastisin

 

Apa yang Adik-Adik Persiapkan?

  1. Adik-Adik harus membentuk kelompok terlebih dahulu.
  2. Adik-Adik harus mempersiapkan aktivitas berkelompok dengan membagi tugas dan peran antar anggota kelompok. Adapun tugas yang dikakukan diantaranya merancang solusi, merangkai rangkaian elektronis, membuat program dengan Scratch, menghubungkan rangkaian dengan Makey Makey dan program, san menguji artefak komputasional yang sidah Adik-Adik buat. Kemudian tuliskan rencana pengembangan dalam lembar kerja.

 

Deskripsi Proyek

Proyek ini mengembangkan media interaktif untuk menyajikan informasi lempeng tektonik san zona subduksi atau “Ring of Fire” di Indonesia. Pada proyek sebelumnya, Adik-Adik membuat suara untuk media interaktif dengan suara sendiri. Pada proyek ini, Adik-Adik harus menggunakan cara lain, yakni menggunakan aplikasi pengubahan teks menjadi suara.

Adapun gambar yang dijelaskan pada media interaktif ialah gambar berikut.

Gambar Aktivitas PLB-K8-02 (1)

 

Carilah informasi mengenai Sunda Megathrust (Zona Subduksi Selat Sunda), Zona Subduksi Sulawesi Utara, Sesar Palu Koro, Lempeng timor, dan Zona Subduksi Papua. Rekam informasi tersebut dalam bentuk suara denhan aplikasi text to speech dan simpan dalam komputer yang akan Adik-Adik gunakan untuk mengerjakan proyek Scratch dengan Makey Makey.

 

Salah satu situs text to speech online gratis yang dapat Adik-Adik gunakan untuk karakter kurang dari 6.000 karakter adalah https://freetts.com. adapun tampilan aplikasinya adalah sebagai berikut:

Gambar Aktivitas PLB-K8-02 (2)

Masukkan teks deskripsi yang sudah Adik-Adik siapkan pada bagian kotak seperti pada contoh gambar di atas, tekan Convert, dan kemudian unduh file hasil pengubahannya.

 

Gunakan lembar kerja peserta didik berikut:

Gambar Aktivitas PLB-K8-02 (3)

Tabel Pengujian

Gambar Aktivitas PLB-K8-02 (4)

 

Jawaban Aktivitas PLB-K8-02: Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia

 

Langkah-langkah:

A. Sebelum mengembangkan proyek, Adik-Adik perlu membuat deskripsi proyek sebagai berikut:

  1. Nama Projek: Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia
  2. Tujuan: Mengembangkan media interaktif lempeng tektonik Indonesia untuk lima zona subduksi (Sunda Megathrust, Sulawesi Utara, Sesat Palu Koro, Lempeng Timor, dan Papua)
  3. Spesifikasi: media interaktif yang dikembangkan menggunakan gambar/peta lempeng tektonik yang dihubungkan dengan papan sirkuit Makey Makey melalui plastisin dan mampu mengeluarkan suara penjelasan lima zona subduksi lempeng tektonik tersebut.
  4. Pembuat: Empat orang anggota dalam kelompok

B. Langkah-langkah pengerjaan

  1. Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, membuat gambar peta zona subduksi di Indonesia di atas kertas atau mencetak dari file peta. Zona subduksi adalah wilayah kerak bumi di mana terdapat pada batas dua lempeng tektonik.
  2. Mencari informasi zona subduksi yang akan Asik-Adik masukkan ke dalam media interaktif. Pada bagian ini terdapat 5 contoh yang akan guru berikan.
  3. Membuat penanda zona subduksi dengan menggunakan plastisin untuk zona subduksi dan meletakkannya sesuai dengan zona subduksi yang sesuai.
  4. Menentukan pemetaan zona subduksi yang dijelaskan dengan tombol pada keyboard yang akan disambungkan ke Makey Makey. Contoh: Zona Sunda Megathrust dengan tombol ⬆️, Zona Sulawesi utara dengan tombol ⬇️, Zona Sesar Pulo Koro degan tombol ⬅️, Zona Lempeng Timor dengan tombol ➡️, dan Zona Papua dengan tombol spasi.
  5. Membuat suara penjelasan dari zona subduksi yang akan Adik-Adik gunakan pada media interaktif. Adik-Adik dapat menggunakan aplikasi yang sudah disiapkan sebelumnya.
  6. Membuat kode dengan Scratch, yang menghubungkan zona subduksi dengan tombol pada keyboard yang akan disambungkan ke Makey Makey. Buat voice batu di Makey Makey  dengan mengunggah file voice yang Adik-Adik buat dengan aplikasi text to speech, yang tampak pada gambar berikut:
  7. Gambar Aktivitas PLB-K8-02 (5)
  8. Kode selanjutnya dapat Adik-Adik buat untuk mengaktifkan suara tersebut saat menyentuh tombol tertentu. Adapun kodenya adalah sebagai berikut.
  9. Gambar Aktivitas PLB-K8-02 (6)
  10. Menguji kode program Scratch dengan menekan kelima tombol, yakni ⬆️, ⬇️, ⬅️, ➡️, dan spasi secara bergantian dan mengecek apakah telah mengeluarkan suara sesuai dengan yang dikehendaki.
  11. Buat rangkaian media interaktif dengan Makey Makey, sesuaikan plastisin dengan lubang tombol keyboard pada Makey Makey.
  12. Hubungkan kode scratch dengan Makey Makey dengan cara menghubungkan kabel USB pada Makey Makey dengan laptMediaop, dan uji kembali dengan menyentuh plastisin.
  13. Mendemonstrasikan dan menjelaskan fitur produk.

 

Berikut contoh dari isian tabel pengujian:

Gambar Aktivitas PLB-K8-02 (7)

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Aktivitas PLB-K8-02 Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia Informatika Kelas 8 Halaman 269 270 271 272. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Wartawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Leave a Comment