Bahasa Pemrogramman Android Paling Populer saat ini

Wartawarganews – Sebelum kita mempelajari cara membuat aplikasi Android, pertama-tama kita harus memilih bahasa pemrograman Android yang akan digunakan.

7 bahasa pemrograman Android

Ada banyak bahasa pemrograman saat ini. Pada artikel sebelumnya, penulis membahas 16 bahasa pemrograman terpopuler di kalangan developer/programmer profesional.

Bisakah kita menggunakan bahasa pemrograman apa pun untuk membuat aplikasi Android? Tentu saja tidak. Di bawah ini adalah 7 bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi berbasis Android.

1. Bahasa pemrograman Java

Tahun lalu, pada Juni 2017, bahasa pemrograman Java menjadi bahasa pemrograman terpopuler (data indeks Tiobex). Namun kini sudah tersalip oleh bahasa pemograman JavaScript dan Python.

Tetapi meskipun bukan yang pertama, Java tetap menjadi salah satu dari 10 bahasa pemrograman paling populer di dunia saat ini.

Salah satu alasannya adalah jutaan aplikasi Android dibuat menggunakan bahasa pemrograman Android. Untuk membangun aplikasi Android menggunakan bahasa pemrograman Java, kita dapat menggunakan alat atau IDE berikut:

Android Studio (IDE Resmi didukung penuh oleh Google)
Eclipse (IDE lain yang sebelumnya didukung penuh oleh Google sebelum Android Studio)
Bagi pemula yang baru ingin belajar membuat aplikasi Android, disarankan untuk menggunakan bahasa pemrograman Java.

Sebagian besar tutorial pembuatan aplikasi Android yang diterbitkan oleh badoystudio.com saat ini menggunakan bahasa pemrograman Java.

2. Bahasa Pemrograman C++

Sebelum bahasa pemrograman Kotlin diperkenalkan oleh Google sebagai salah satu bahasa pemrograman yang didukung penuh untuk membuat aplikasi Android, bahasa pemrograman C++ sudah berdiri di belakang Java.

Java, C++, dan Kotlin adalah bahasa pemrograman populer saat ini yang digunakan oleh banyak developer di seluruh dunia.

Sekali lagi, kita dapat menggunakan Android Studio IDE untuk mengembangkan aplikasi Android menggunakan bahasa pemrograman C++.

3. Bahasa Pemrograman Kotlin

Kotlin baru saja menerima dukungan dari Google sebagai salah satu bahasa pemrograman resmi untuk membangun aplikasi Android di sekitar ……

Kotlin dibuat oleh JetBrains, sebuah perusahaan yang terkenal dengan pembuatan IDE seperti: Android Studio, RubyMine, PhpStrome, dll.

Kotlin sengaja dikembangkan oleh JetBrains untuk mengkompensasi kemungkinan kekurangan dalam bahasa pemrograman Java. Memang benar bahwa bahasa pemrograman Kotlin lebih sederhana daripada Java.

Keunggulan lain dari bahasa ini dapat dikaitkan dengan bahasa pemrograman Java. Dan dapat menggunakan perpustakaan Java.

Jika Anda telah mempelajari bahasa pemrograman Java dan telah mencapai tingkat menengah. Anda bisa mencoba mempraktekkan bahasa pemrograman Kotlin untuk membuat aplikasi Android.

Membangun aplikasi Android dengan IDE saat ini dapat menggunakan:

  • IDE Intelektual
  • Android Studio
  • kegelapan

4. Bahasa Pemrograman Dart

Bahasa pemrograman Dart dikembangkan oleh raksasa nomor 1 dunia, Google. Selain dart, Google juga mengembangkan Golang dan bahasa pemrograman lainnya.

Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk membangun aplikasi di berbagai platform seperti: situs web, ponsel, Internet of Things (IoT) dan server. Dart sendiri diterbitkan sebagai open source oleh Google.

Untuk developer aplikasi Android yang menggunakan bahasa pemrograman Dart, kita perlu menggunakan Flutter Tools.

5. Bahasa Pemrograman C#

Bahasa pemrograman lain yang bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi Android adalah bahasa pemrograman C# (C Sharp). Jika Anda sudah memiliki dasar-dasar pemrograman C#, Anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti untuk mempelajari cara membuat aplikasi Android menggunakan bahasa pemrograman C#.

Alat yang kita butuhkan untuk mengembangkan aplikasi Android menggunakan bahasa pemrograman C# adalah Xamarin. Ada dua IDE pada Xamarin, yaitu:

  • Xamarin terintegrasi dengan Microsoft Visual Studio
  • Studio Xamarin

Perbedaan:

Jika komputer yang kita gunakan menggunakan sistem operasi Windows, maka dapat digunakan Xamarin Microsoft Visual Studio. Namun, jika sistem operasinya adalah Mac, disarankan agar Anda menggunakan Xamarin Studio.

6. Bahasa Pemrograman JavaScript

Saat ini bahasa pemrograman situs web terpopuler JavaScript juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android.

Kami membutuhkan kerangka kerja untuk membangun aplikasi berbasis Android. Beberapa framework yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi Android adalah: React Native, Ionic dan PhoneGap.

7. Bahasa Pemrograman TypeScript

TypeScript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. TypeScript dikembangkan oleh Microsoft untuk mengisi celah dalam bahasa pemrograman JavaScript, yang semuanya tentang membangun aplikasi besar dan kompleks dengan mudah.

Bahasa ini tidak hanya digunakan untuk membangun aplikasi web, tetapi juga dapat digunakan untuk membangun aplikasi seluler untuk Android dan iOS.

Kesimpulan

Inilah 7 bahasa pemrograman yang saat ini banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android. Bahasa pemrograman Android apa yang Anda pilih? Tentunya setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman yang lain.

Leave a Comment