Cara untuk Mengecilkan Ukuran file PDF tanpa Mengurangi Kualitas

Cara untuk Mengecilkan Ukuran file PDF tanpa Mengurangi Kualitas – Ketika kita sedang mengupload suatu file khusnya dokumen PDF, sering kita menemukan terdapat keterangan maksimum ukuran file.

Setelah melihat ukuran file yang kita punya, ternyata ukurannya sudah melebihi ukuran yang di tentukan oleh sistem. Misalnya sistem menentukan file yang di unggah maksimal 2MB, sedangkan file yang kita punya 3MB, maka dengan otomatis sistem akan menolaknya.

Untuk mengatasi hal itu, Wartawarganews.com akan berbagi informasi tentang tata cara mengecilkan ukuran file pdf secara online.

Beberapa Aplikasi Kompres file PDF secara Online

iLovePDF

iLovePDF memilihi 2 versi yaitu versi browser dan versi androidnya, Selain fungsi sebagai kompresor file PDF, iLovePDF juga dapat melakukan hal lain seperti konvert file PDF, Merge PDF, Split PDF dan lainnya. Untuk mengkompres file PDF, ini langkah-langkahnya :

  1. Buku halaman https://www.ilovepdf.com/ melalui browser seperti chrome, mozilla firefox atau lainnya
  2. Pilih menu Compress PDF
  3. Kemudian klik Select PDF FIle
  4. Lalu pilih salah satu fitur kompres seperti EXTREME COMPRESSION, RECOMMENDED COMPRESSION, atau LESS COMPRESSION
  5. Kemudian klik Compress PDF di pojok kanan bawah
  6. Tunggu sampai file yang telah di kompres terdownload dengan sendirinya.

 

Compress PDF

Aplikasi Compress PDF hanya tersedia di platform mobile seperti android.  Aplikasi ini terbilang cukup kecil ukurannya, hanya sekitar 3,5 MB. Walaupun demikian, aplikasi ini bisa mengambil file pdf dari layanan Cloud seperti dropbox, google, dan layanan cloud lainnya.

 

Small PDF

Aplikasi berbasis online ini hampir sama dengan iLove PDF, banyak fitur di dalamnya seperti konvert pdf ke dokumen lain, atau dokumen lain ke pdf termasuk kompress pdf. Aplikasi ini dengan mudah di akses anya dengan menggunakan browser. Caranya pun mudah

  1. Kunjungi situs SmallPdf
  2. Pilih Filenya
  3. Kemudian pilih jenis kompresinya, Basic atau Strong Compress
  4. Klik Compress

Free PDF Compressor

Software PC pengecil ukuran PDF rekomendasi Jaka adalah Free PDF Compressor yang bisa kamu unduh secara gratis dan hemat kuota, karena ukurannya cuma 7.3MB .

Kelebihan dari aplikasi kompres PDF ini adalah juga sangat mudah digunakan, karena user interface-nya sederhana dan tidak membingungkan.

Namun, kekurangan dari Free PDF Compressor adalah agak sulit untuk memperkecil file PDF yang punya banyak gambar di dalamnya.

PDF Utils – (Aplikasi Kompres PDF Android Terbaik)

Rekomendasi aplikasi kompres PDF offline terakhir untuk HP Android ada PDF Utils yang tentunya bisa kamu unduh secara gratis.

Walaupun begitu, kamu mesti siap-siap dengan iklan yang ada dalam aplikasi dan hanya bisa dihilangkan dengan opsi pembayaran.

Menurut Jaka, aplikasi ini jadi salah satu yang paling worth it buat kamu coba untuk mengompres ukuran file PDF, geng.

Ada lebih dari 10 fitur yang disediakan dalam aplikasi PDF Utils, seperti melakukan rotasi, menambahkan gambar atau tulisan, hingga menghapus halaman PDF.

 

ORPALIS PDF Reducer – (Aplikasi Kompres PDF PC Terbaik)

ORPALIS PDF Reducer adalah aplikasi kompres file PDF untuk PC dan laptop yang bisa kamu jadikan alternatif. Terlebih kamu bisa unduh 100% gratis!

Apalagi untuk mendukung fitur kompres ini, kamu juga bisa mengedit file PDF seperti mengatur sekecil apa ukuran file PDF hasil kompres, gambar, hingga menghapus konten di dalamnya.

Untuk menghemat waktu, ORPALIS PDF Reducer memungkinkan kamu mengompres banyak file secara bersamaan.

 

Reduce PDF Size

Kemudian kamu juga bisa mencoba Reduce PDF Size yang memang dikhususkan untuk kompres file PDF menjadi kecil dengan mudah.

Di sini kamu bisa melakukan kompres beberapa file PDF sekaligus, atau istilahnya bulk, geng.

Oh ya, Reduce PDF Size juga bisa membuat kamu mengatur ukuran file PDF, mulai dari Default Quality, Screen View, Low Quality (eBook), High Quality (Printer), dan High Quality (Prepress).

Leave a Comment