Deretan Tokoh Ternama yang Memilih Jurusan Marketing, Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi

Deretan Tokoh Ternama yang Memilih Jurusan Marketing, Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi – Di artikel ini, saya akan membahas tokoh ternama Indonesia. Bukan tentang skandal dan kontoversi mereka ya, melainkan jurusan yang mereka ambil saat kuliah. Sesuai dengan judul tulisan saya, siapa saja sih artis yang mengambil jurusan marketing, bisnis, manajemen, dan ekonomi?

Deretan Tokoh Ternama yang Memilih Jurusan Marketing, Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi

1. Raisa Andriana

Siapa yang tak kenal Raisa Andriana, penyanyi solo papan atas yang juga istri dari aktor ganteng Hamish Daud. Yang awalnya tidak tahu pun jadi tahu karena pernikahan mereka viral dan diperingati sebagai HARI PATAH HATI NASIONAL!!! Luar biasa bukan?

Ternyata Raisa Andriana mengambil jurusan Marketing Internasional Bisnis saat kuliah di Universitas Bina Nusantara. Berbekal pendidikannya itu, Raisa pun mendirikan label rekaman sendiri yaitu Juni Records.

Wanita kelahiran 6 Juni 1990 ini juga membuka bisnis clothing line yang diberi nama Yay! Clothing line milik penyanyi yang akrab disapa Yaya ini dikhususkan untuk para wanita. Untuk harganya, terbilang masih ramah di kantong yaitu mulai dari Rp 100 ribu. Cek Instagram @yay_byraisa kalo mau lihat koleksinya ya!

2. Nagita Slavina

Nagita Slavina atau akrab disapa Gigi merupakan lulusan sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia (UI). Kemudian dia melanjutkan studinya di jurusan Commerce (Perdagangan) Fakultas School of Accounting and Business Information System di Australian National University pada 2009. Australian National University merupakan universitas terbaik di Australia.

Dengan modal pendidikannya selama di Australia, wanita kelahiran 17 Februari 1988 ini dipercayakan untuk menjadi co-executive producer di rumah produksi, PT Frameritz. Kini, bersama Raffi Ahmad, Gigi memiliki rumah produksi sendiri yang diberi nama Rans Entertainment.

3. Gita Gutawa

Penyanyi berbakat Gita Gutawa memiliki riwayat pendidikan yang membanggakan. Dalam kurun waktu setahun, putri dari musikus dan komponis tershohor Indonesia, Erwin Gutawa Sumapraja ini berhasil menyelesaikan pendidikan S2-nya di London School of Economics and Political Science, LSE Inggris.

Sebelumnya Gita Gutawa telah lulus sebagai Sarjana Ekonomi dari Birmingham of University, Inggris. Selepas lulus, wanita kelahiran 11 Agustus 1993 ini pun kembali di dunia tarik suara dan menjadi produser musik. Dia mendirikan label rekaman sendiri bersama sang ayah, yang diberi nama Gut Records.

4. Velove Vexia Kaligis

Putri dari pengacara terkenal Otto Cornelis Kaligis ini mengambil jurusan Bisnis Manajemen di Santa Monica College, Los Angeles, Amerika. Kini Velove tengah disibukkan menjadi model dan brand ambassador berbagai produk kecantikan.

Ketika ditanya mengapa tertarik mengambil jurusan bisnis, Velove menjawab “Ingin memadupadankan dunia entertainment dan bisnis, bisnis entertainment. Saya ingin mengeksplore dunia entertainment, bukan sebagai pemain, tapi sebagai orang di balik layar.” Wanita cantik kelahiran Manado, 13 Maret 1990 ini juga hobi membaca lo. Terlihat dari feed Instagram @vaelovexia, ia sering membagikan aktivitasnya membaca buku.

5. Vidi Aldiano

Penyanyi solo Vidi Aldiano merupakan lulusan dari Universitas Pelita Harapan jurusan Manajemen pada tahun 2009. Tidak cukup sampai di situ, Vidi kemudian melanjutkan studinya ke jenjang S2 di University of Manchester. Tahun 2014, Vidi sukses menyelesaikan pendidikannya dan mendapat gelar Master of Science in Innovation, Management, and Entrepreneurship.

Setelah lulus, pria kelahiran 29 Maret 1990 ini kembali sibuk di dunia musik sambil menjalankan bisnis. Ia mendirikan KROWD, platfom yang bermanfaat sebagai konektor antara inisiator dengan collaborator pada 2017 lalu. Tidak hanya itu, dia juga menjalani bisnis kuliner yaitu restoran H Gourmet Vibes dan toko kue kekinian, Vidi Vini Vici.

6. Sandiaga Salahudin Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta (2017-2020 ) ini memiliki perusahaan di berbagai sektor bisnis, antara lain pertambangan, infrastruktur, telekomunikasi, perkebunan, dan asuransi

Pak Sandiaga merupakan anak bungsu dari dua bersaudara dari pasangan Razif Halik Uno dan Rachmini Rachman. Ayahnya bekerja di perusahaan Caltex di Riau dan ibunya terkenal sebagai pakar pendidikan kepribadian.

Pada tahun 1990, pria kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969 ini lulus dari Wichita State University, Amerika Serikat, mengambil Bachelor of Business Administration. Kemudian dia bekerja selama setahun menjadi karyawan Bank Summa. Di sini ia bertemu dan berguru dengan konglomerat William Soeryadjaya pemilik Bank Summa.

Tak lagi di bank, Sandiaga memilih melanjutkan kuliahnya di George Washington University, Amerika Serikat, mengambil Master of Business Administration dengan biaya beasiswa. Dua tahun kemudian, dia lulus dengan IPK 4,0.

7. Nadiem Anwar Makarim

Siapa yang tidak mengenal sosok Nadiem Makarim? Anak sekolah harus tahu nih, beliau adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Sebelum jadi Pak Menteri, beliau adalah seorang pengusaha start up sukses. Kalo kamu sering pesen makanan via GoFood, atau berangkat ke sekolah naik GoJek, maka Pak Nadiem inilah CEO-nya.

Di balik kesuksesan bisnisnya itu, ternyata Pak Nadiem tidak memiliki latar belakang keluarga pengusaha. Pria kelahiran Singapura, 4 Juli 1984 ini merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara dari pengacara ternama keturunan Arab asal Pekalongan, Jawa Tengah, Nono Anwar Makarim. Ayahnya seorang intelektual dan lawyer dengan gelar Doktor ilmu hukum lulusan Harvard.

Setelah mendapat gelar BA di jurusan International Relations di Brown University Amerika Serikat, Pak Nadiem melanjutkan pendidikan layaknya sang ayah dan mengambil masternya di Harvard Business School dan mendapatkan gelar MBA (Master of Business Administration).

Nah, itu dia 7 tokoh terkenal yang kuliah jurusan Marketing, Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi. Kamu bisa tambahkan sendiri artis favorit kamu di kolom komentar ya!

Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah: mereka tetap berkarya di bidangnya masing-masing, tapi sambil menekuni bisnis. Seperti Raisa yang mendirikan label rekaman sendiri, Nagita yang mengelola rumah produksi sendiri, dan Pak Nadiem yang tetap menjalankan bisnis GOJEK-nya walaupun sudah jadi menteri.

Jadi, profesi apapun yang akan kamu jalani nanti, kamu tetep bisa membangun bisnis sendiri kok. Tapi, kalo kamu pengen belajar bisnis lebih serius dan menjadikan itu sebagai profesi utama ya, kuliah jurusan bisnis adalah pilihan tepat!

Leave a Comment