Jawaban Bacaan Bertualang di Sabana Sumba Kelas 4 Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka

Jawaban Bacaan Bertualang di Sabana Sumba Kelas 4 Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka Halaman 142 – Hallo adik-adik semua, dikesempatan kali ini wartawarga akan membagikan rekomendasi jawaban dari bacaan “Bertualang di Sabana Sumba” yang ada pada buku siswa kelas 4 mapel bahasa Indoneisa, Kurikulum Merdeka.

Bertualang di Sabana Sumba

“Selamat datang di surga eksotis wilayah timur Indonesia!”
Aku tersenyum melihat gaya ramah Arman, sepupuku. Tangannya terentang, terbuka lebar menyambut kedatanganku di Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur. Arman memang sepupu terbaik yang kupunya.

Inilah satu titik di muka bumi yang ingin aku kunjungi. Sejak Arman bercerita kalau di tempatnya banyak kuda, aku menabung untuk bisa mengunjunginya. Sekarang saatnya tiba.

“Di mana sabananya?” tanyaku tidak sabar.
“Lumayan jauh. Sekitar 45 menit dari sini. Namanya Bukit Warinding. Bukit ini adalah rangkaian dataran tinggi sabana yang luas sekali. Wisatawan suka berfoto di bukit ini karena keindahannya,” jawab Arman. “Kebetulan sekarang bulan Juli, sabananya seperti permadani emas. Kalau kamu ke sini bulan November sampai Mei, sabananya menghijau.”
Aku mengangguk-angguk. Aku mengerti, pasti itu karena pengaruh musim.

“Kalau kudanya?” cecarku lagi.
Arman tertawa. Menurutnya, di sekitar Puru Kambera ada sabana lain dengan vegetasi khas Sumba. Sabana itu sering dijadikan destinasi wisata untuk melihat kuda liar Sumba di alam bebas. Gerombolan kuda akan mudah dijumpai di saat musim kemarau. Itu karena sabana sangat kering sehingga kuda-kuda aktif merumput.

“Kita ke sana sekarang, ya!” seruku bersemangat.

“Besok!” jawab Arman tegas.

Aku sedikit kecewa. Namun, bagaimana lagi. Untuk pergi ke sana ternyata butuh persiapan. Di sana tidak ada angkutan umum, kami harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa. Selain itu, di sana tidak ada warung. Pengunjung harus membawa bekal sendiri, terutama air minum, karena Sumba memiliki cuaca panas
yang cukup tinggi.

Jawablah Pertanyaan pada Bacaan Bertualang di Sabana Sumba Kelas 4 Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka

Bagaimana menurut kalian cerita “Bertualang di Sabana Sumba” secara keseluruhan?

Jawaban

teks bacaan “Bertualang di Sabana Sumba” adalah bacaan yang cukup menarik.

Pada teks ini ditunjukkan tentang sebuah rencana liburan yang dirancang jauh-jauh hari, karena tokoh “aku” bahkan menabung untuk mewujudkan rencana liburan ini.

Dari teks bacaan ini, kamu juga bisa mengenal salah satu bagian lanskap alam di Indonesia yang unik dan enggak mudah ditemukan di bagian-bagian lain wilayah Indonesia.

Apakah judul cerita sudah menggambarkan isi cerita?

Jawaban

belum. Karena judul bertuliskan ‘Berpetualang di Sabana Sumba’ namun isi paragraf belum menceritakan petualangan dari tokoh ‘Aku’ dan Arman di sabananya.

Cerita berhenti di fakta bahwa petualangan mereka baru akan dimulai besok hari setelah semua persiapan untuk berkunjung ke Sabana sudah dilakukan.

Bagaimana pendapat kalian tentang ilustrasi pada cerita ini?

Jawaban

Ilustrasi yang menunjukkan bahwa tokoh ‘Aku’ dan Arman sepupunya menunjukkan interaksi dengan kuda-kuda liar Sumba meski hal itu belum terjadi.

 

Itulah contoh Jawaban Bacaan Bertualang di Sabana Sumba Kelas 4 Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka yang bisa adik-adik gunakan sebagai referensi dalam menjawab soal. Terimakasih

Disclaimer :

Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Warawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.***

Leave a Comment