Layar Hitam atau Black Screen di Laptop Windows 10, Begini Cara Mengatasinya

Layar Hitam atau Black Screen di Laptop Windows 10, Begini Cara Mengatasinya – Pernahkah kalian mengalami layar laptop Windows 10 kalian berubah menjadi hitam dan hanya kursor saja yang terlihat? Bila pernah, ini adalah tanda dimana laptop kalian sedang mengalami masalah black screen alias layar hitam.

Masalah layar hitam pada laptop Windows 10 ini kerap membuat para penggunanya dibuat panik. Karena ketika layar menjadi hitam, laptop tidak bisa berfungsi seperti biasanya.

Menurut laman resmi Microsoft, masalah layar hitam atau black screen di laptop Windwos 10 ini bisa disebabkan oleh tiga hal.

Yang pertama adalah adanya masalah koneksi ke layar. Bisa juga dikarenakan masalah pembaruan driver adapter tampilan atau karena masalah pembaharuan sistem terbaru.

Nah, untuk mengatasinya, para pengguna perlu melihat kapan masalah layar hitam atau black screen ini muncul.

Berikut ini dua skenario terjadinya layar hitam atau black screen di Windows 10 yang bisa dijaikan panduan pengguna untuk menyelesaikan masalah ini. Berikut penjelasannya.

Black Screen Sebelum Masuk ke Windows 10

Pada saat menghidupkan laptop, pengguna biasanya akan memasukkan password pada lockscreen terlebih dulu. Nah, pada skenariao pertama ini, masalah layar hitam atau black screen ini dapat terjadi pada tahap ini.

Hal ini yang mengakibatkan lockscreen tak bisa diakses dan pengguna tidak bisa masuk ke layar utama Windows 10 karena mengalami blackscreen atau layar hitam. Untuk cara mengatasinya, lakukan dan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1.Cek Kondisi Layar

Untuk mengecek kondisi layar caranya adalah dengan menekan tombol Capslock atau Numlock. Coba dilihat apakah lampu status untuk tombol tersebut menyala atau tidak. Jika lampu status menyala, pengguna perlu tekan tombol kombinasi Windwos + Ctrl + Shift + B.

Jika Windows responsif, akan terdengar bunyi “bip” singkat. Kemudian layar akan merespon dengan berkedip atau meredup selagi Windows mencoba untuk merefresh layar.

Jika lampu status tidak menyala, pengguna perlu tekan terus tombol daya di perangkat selama kurang lebih 10 detik untuk mematikannya, kemudian cabut adaptor. Setelah 30 detik, colokkan kembali adaptor dan mulai ulang perangkat kalian.

Seharusnya, dengan melakukan tindakan ini, masalah layar hitam atau blackscreen ini sudah bisa teratasi.

2.Periksa Koneksi Layar

Namun, jika cara diatas tidak mempan dan layar tetap hitam, mungkin ada masalah koneksi antara perangkat dan layar. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasinya.

  • Pertama, bila laptop pengguna masih terpasang di dock, lepaskan untuk sementara. Pastikan layar laptop kalian tetap terbuka sepenuhnya setelah laptop dilepas dari dock.
  • Pastikan monitor eksternal dalam keadaan dicolokkan dan menyala.
  • Coba tekan tombol pada keyboard untuk menambah tingkat kecerahan layar laptop kalian. Caranya dengan tekan tombol Fn dengan simbol lampu.
  • Terus periksa apakah ada kabel yang rusak (VGA, DVI, HDMI, Thunderbolt, DisplayPort), koneksi longgar atau adapter rusak (seperti DVI ke VGA).

3.Hapus Antivirus lewat “Safe Mode”

Jika masalah masih terjadi, cara lain untuk mengatasi masalah layar hitam pada laptop Windows 10 adalah dengan menghapus software antivirus dari pihak ketiga. Karena terkadang antivirus juga terkadang bisa menyebabkan layar windows menjadi hitam. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke Windows melalui safe mode, pilih opsi “dari layar hitam atau kosong”
  • Pilih mulai terus pengaturan > sistem/aplikasi > aplikasi & fitur
  • Kemudian pilih antivirus pihak ketiga yang akan dihapus terus pilih hapus instalan
  • Tunggu hingga aplikasi terhapus, terus restart laptop

4.Lakukan Clean Boot

Jika hapus antivirus belum berhasil juga, kalian bisa coba jalankan clean boot pada windows 10. Namun demikian, saat laptop dalam keadaan clean boot, kalian akan kehilangan beberapa fungsi perangkat untuk sementara.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan clean boot.

  • Masuk ke windows sebagai administrator. Jika kalian tidak mempunyai akun administrator, kalian bisa membuatnya.
  • Di kolom pencarian pada taskbar, ketik “msconfig” terus pilih “konfigurasi sistem” dari daftar hasil
  • Kemudian pilih tab services > klik opsi Hide all Microsoft services” > “Disable All”
  • Terus pilih tab “Startup” > buka “Task Manager”
  • Pada tab “Startup”, pilih “nonaktifkan” pada semua item kemudian tutup task manager dengan klik OK

Selanjutnya windows akan menyarankan pengguna untuk mengikuti langkah-langkah pemecahan masalah untuk menginstal, copot instalan, atau menjalankan aplikasi.

Layar Hitam setelah Masuk ke Windows 10

Kondisi kedua adalah dimana saat kalian sudah masuk ke tampilan utama windows 10. Tetapi tiba-tiba layar menjadi hitam.

Sama seperti sebelumnya, untuk mengatasi layar hitam atau black screen di laptop Windows 10 yaitu dengan mengecek layar. Untuk setiap langkahnya sama dengan poin pertama diatas. Tetapi bila tetap tidak berhasil juga, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1.Restart Explorer.exe

  • Buka Task Manager dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Del
  • Bila tidak berhasil, coba tombol kombinasi yang lain yaitu Ctrl + Shift + Esc
  • Terus di Tab Proses, temukan Windows Explorer. Klik kanan Windows Explorer, lalu pilih mulai ulang
  • Bila tidak berhasil, pilih file di sudut kiri atas Task Manager dan pilih jalankan tugas baru
  • Ketikkan “explorer.exe” kemudian OK

2.Urungkan pembaruan driver adapter tampilan

Jika cara diatas tidak berhasil, coba kalian lakukan rollback pembaruan driver kartu graris. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Kalian masuk ke Windows dengan safe mode, kemudian pilih “dari layar hitam atau kosong”
  • Ketikkan manajer perangkat dalam pencarian dan pilih dari hasil yang ditampilkan
  • Cari adapter tampilan, kemudian pilih panah untuk meluaskannya. Terus klik kanan item dibawahnya dan pilih properti
  • Pilih tab Driver, terus pilih urungkan pembaruan (rollback) driver
  • Terus klik Ya

3.Hapus Instalan Driver Adapter Tampilan

Pembaruan driver pada Windows 10 biasanya terinstal secara otomatis pada saat kalian memperbarui Windows 10 kalian. Ada kemungkinan kalian sudah memiliki driver baru.

Jika masalah black screen masih terjadi, coba kalian hapus instalan driver adapter kartu grafis di laptop untuk cari tahu, apakah hal tersebut yang menjadi penyebab masalah black screen. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke Windows dengan safe mode
  • Tuliskan “Device Manager” di dalam kotak pencarian kemudian pilih dari hasil yang ditampilkan
  • Temukan adapter tampilan terus pilih panah untuk meluaskannya, kemudian klik kanan item dibawahnya dan pilih properti
  • Pada tab driver, pilih hapus instalan perangkat, kemudian OK
  • Lalu restart laptop kalian

Bila masalah black screen ini masih terjadi, kalian bisa coba untuk menghapus antivirus dan menjalankan clean boot, seperti yang sudah dijelaskan pada bagian “Black screen sebelum masuk ke Windows 10”.

Leave a Comment