Berikut Syarat-Syarat PPDB Online 2021 untuk SMP dan Jalur Khusus

Pendaftaran penerimaan studi baru atau pendaftaran online PPDB 2021 tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelum mendaftar, pastikan sekolah yang diinginkan sudah mengikuti SIAP-PPDB online.

Ketentuan PPDB Online

Berikut persyaratan PPDB online 2021 yang perlu Anda ketahui untuk level Intermediate hingga Intermediate:

Calon siswa berusia tidak lebih dari 15 tahun pada tanggal 1 Juli. Bukti dengan akta kelahiran atau akta kelahiran yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan diaktakan oleh pihak yang bersangkutan
Menyerahkan ijazah sekolah dasar (Grundschule) atau bukti setara atau bukti resmi lainnya bahwa calon siswa telah menyelesaikan tahun ke-6
Melampirkan surat keterangan dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah bagi warga negara Indonesia atau warga negara Indonesia yang belajar di luar negeri
Siswa yang berstatus asing (warga negara asing) wajib mengikuti kursus bahasa Indonesia minimal 6 bulan dari sekolah yang bersangkutan.
Calon siswa penyandang disabilitas di sekolah dibebaskan dari persyaratan usia dan ijazah atau dokumen lainnya.

Syarat Khusus Jalur PPDB 2021

1. Aplikasi Jalur Zonasi (50 persen) diperuntukkan bagi siswa yang berdomisili di wilayah zonasi yang ditentukan oleh pemerintah daerah. Kuota yang ditentukan termasuk penyandang disabilitas.

Tempat tinggal calon siswa dari alamat kartu keluarga diterbitkan paling lambat 1 tahun sejak tanggal pendaftaran di PPDB. Sekolah akan mengutamakan siswa yang memiliki KTP atau bukti kependudukan dari kabupaten/kota yang sama dengan sekolah asal.

2. Penggunaan jalur afirmasi (15%) ditujukan untuk siswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Permohonan PPDB jalur konfirmasi harus dibuktikan melalui keikutsertaan siswa dalam program tersebut (Kartu Indonesia Pintar dan lainnya).

Siswa juga dapat menyertakan bukti partisipasi dalam Program Manajemen Keluarga Miskin Pemerintah. Pernyataan oleh wali yang sah harus dilampirkan pada bukti keikutsertaan.

Baca Juga  Contoh Laporan Kegiatan Belajar Dari Rumah oleh Guru Inti

Surat tersebut berisi kesiapan untuk diproses secara hukum jika dapat dibuktikan adanya data atau dokumen yang dipalsukan. Apabila ditemukan adanya dugaan pemalsuan bukti kehadiran, maka akan diperiksa dan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3. Pelaksanaan pengalihan tugas orang tua atau wali (5 persen) secara terverifikasi melalui pernyataan penugasan. Surat tersebut dapat dikeluarkan oleh instansi, lembaga, departemen atau perusahaan tempat Anda bekerja. Kuota jalur alih tugas juga bisa digunakan untuk anak guru.

4. Pelaksanaan Jalur Berprestasi (30 persen) PPDB didasarkan pada hasil ujian sekolah atau ujian nasional. Prestasi juga dapat diraih dari hasil kompetisi dan/atau penghargaan di bidang akademik dan non akademik. Bukti kinerja diterbitkan minimal 6 bulan dan paling lambat 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai syarat PPDB online tahun 2021 untuk SMP dan jalur khusus. Antusiasme pendaftaran PPDB 2021 bagi calon mahasiswa.