Google Umumkan 6 Fitur Baru Android, Ada Pendeteksi Gempa

Google Umumkan 6 Fitur Baru Android, Ada Pendeteksi Gempa – Pada pekan lalu, Google mengumumkan adanya beberapa peningkatan untuk platform Android. Raksasa Internet ini mengatakan bahwa sistem pendeteksi gempa bumi (Android Earthquake Alerts System) bakalan disebar ke lebih banyak negara.

Google juga turut mengenalkan beberapa fitur-fitur baru untuk Android di smartphone. Berikut ini ada beberapa fitur-fitur serta kemampuan baru Android.

1. Android Earthquake Alerts System

Android Earthquake Alerts System adalah sistem yang akan memungkinkan smartphone Android bisa mendeteksi adanya gempa bumi. Yang kemudian akan mengirim peringatan ke pengguna melalui notifikasi di smartphone.

Dengan dukungan accelerometer, nantinya smartphone Android bisa berfungsi sebagai “seismometer mini” untuk mendeteksi adanya tanda-tanda dari gempa bumi.

Accelerometer sendiri adalah komponen untuk mendeteksi arah dan juga gerakan smartphone yang dikombinasikan dengan giroskop untuk motion control. Dalam hal tersebut, Google memgungsikan accelerometer sebagai alat serupa seismometer untuk mendeteksi adanya gempa bumi.

Saat pengguna menulis kata kunci “earthquake” misalnya, maka Google Search akan menampilkan informasi terkait untuk area pengguna.

Marc Stogaitis selaku Android Software Engineer Google mengatakan bahwa “Smartphone Android kalian bisa berperan sebagai ‘seismometer mini’ bersama dengan jutaan smartphone Android lainnya, membentuk sebuah jaringan terbesar di bumi untuk mendeteksi adanya gempa bumi”.

Android Earthquake Alerts System untuk saat ini hanya baru tersedia di Yunani, Turki, Filipina, Selandia Baru, Kazakhstan, Republik Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.

2. Starred Messages

Dengan fitur ini, pengguna aplikasi Messages bisa memberi bintang pada pesan SMS tertentu termasuk foto / gambar untuk membacanya dilain waktu. Dengan demikian, pengguna bisa memilih pesan apa saja yang tidak ingin mereka lewatkan dan bisa dilihat dilain waktu.

Cara untuk mengoperasikan fitur ini pun juga mudah. Pengguna cukup dengan menekan agak lama pesan yang ingin diberi bintang. Selanjutnya, akan muncul di layar ikon bintang, lalu tekan ikon bintang tersebut.

Fitur Starred Messages ini direncanakan akan mulai diluncurkan ke seluruh pengguna Android dalam waktu beberapa minggu ke depan.

3. Emoji Kitchen

Para pengguna aplikasi keyboard Gboard kini akan memiliki lebih banyak jenis pilihan emoji ekspresi wajah melalui tambahan fitur baru yang disebut sebagai “Emoji Kitchen”.

Dengan emoji ini, masing-masing emoji ekspresi wajah akan mendapatkan variasi baru yang berasal dari gabungan dengan emoji lain.

Varian emoji baru ini bisa dikirim ke pengguna lain melalui aplikasi chatting. Bentuknya bukan lagi emoji kecil melainkan berbentuk stiker.

Update ini sudah bisa dinikmati di aplikasi Gboard versi beta. Namun perlu dicatat, bahwa fitur Emoji Kitchen ini hanya bisa digunakan di Android 6.0 ke atas.

4. Mengakses Fungsi di Aplikasi Lewat Suara

Pengguna bisa memanfaatkan asisten digital untuk mengakses beberapa fungsi di aplikasi tertentu melalui suara.

Misal ketika pengguna mengucapkan “Ok Google, bayar tagihan listrik di bank saya”. Nantinya Google akan membuka aplikasi yang dimaksud dan menyelesaikan tugas sesuai perintah suara.

Kendati demikian, Google belum mengumumkan kapan fitur baru ini akan tersedia untuk para pengguna Android.

5. Menjalankan Perintah Lewat Voice Access

Voice Access kini dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai hal seperti salah satu contohnya yaitu mengendalikan perangkat melalui suara. Fitur ini tentu akan bisa membantu para penyandang disabilitas.

Melalui Voice Access, pengguna Android bisa menjalankan beragam perintah melalui suara untuk membuka menu di smartphone, tanpa harus mengusap atau menyentuh layar smartphone pengguna.

Fitur baru yang memungkinkan pengguna, terlebih khusus para penyandang disabilitas bisa mengenali bidang kata sandi, memasukan huruf, angka dan simbol ini juga akan ditambahkan oleh Google.

Misal, para pengguna bisa mengatakan “huruf kapitas P a s s w o r d” atau nama simbol seperti “ikon dollar” untuk memasukan karakter dollar yaitu “$”.

6. Kemampuan Baru di Android Auto

Di Android Auto, kini pengguna bisa personalisasi tampilan launcher screen langsung dari smartphone dan menyetel dark mode secara manual.

Pengguna juga dimudahkan untuk mencari konten dengan tab baru di aplikasi media. Ada juga opsi “back to top” dan tombol A hingga Z di scroll bar untuk mencari urutan dari konten tersebut.

Google juga turu menghadirkan fitur yang bisa menambah pengalaman mengemudi para pengguna seperti dukungan aplikasi parkir, pengisian daya dan juga navigasi EV.

Para pengguna kini juga bisa mengakses aplikasi chatting seperti WhatsApp secara langsung melalui head unit yang terpasa di dalam mobil.

Fungsi dari Android Auto sudah terintegrasi di OS Android 6 ke atas. Pengguna bisa langsung menghubungkan ke head unit atapun konsol mobil yang mendukung Android Auto untuk menjalankan fungsi-fungsi Android Auto.

Leave a Comment