Motherboard MSI MEG Z590 Ace Rocket Lake Premium dengan TB4 dan 4x M.2

Wartawarganews – Motherboard MSI MEG Z590 Ace Rocket Lake Premium dengan TB4 dan 4x M.2 – Sebelum merilis prosesor Rocket Lake generasi ke-11 Intel, produsen motherboard meluncurkan jajaran motherboard Z590 mereka yang siap untuk ruang PCIe 4.0. Kami melihat banyak model yang diperbarui termasuk MSI MEG Z590 Ace.

Biasanya diposisikan sebagai jembatan antara model mid-range dan flagship, Ace telah menawarkan fitur luar biasa di masa lalu, dengan sedikit lonceng dan peluit dari model seperti MSI Godlike, tetapi masih banyak yang menginspirasi.

MSI MEG Z590 Ace menawarkan empat slot M.2 yang mengesankan, enam port SATA, 2.5 Gigabit Ethernet, Wi-Fi 6 dan pengontrol Thunderbolt 4 Maple Ridge terbaru dari Intel. Untuk mendominasi segmen pasar motherboard premium, kami menggali jauh ke dalam Ace dalam ulasan ini.

MSI MEG Z590 Ace

Bukan rahasia lagi bahwa harga motherboard Intel modern dan terdepan telah naik ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dulu ada saat ketika barang-barang berkualitas tinggi mencapai $ 175, tetapi kelas menengah pada chipset premium seperti Z590 dapat dengan mudah membebani konsumen lebih dari $ 300.

Saat ini, lebih dari sebelumnya, vendor bersaing untuk menumpuk papan mereka dengan sebanyak mungkin fitur dan pengontrol, bahkan dengan desain imajinatif dan RGB yang menarik. Ini mendorong harga bahkan lebih. Tetapi alih-alih membayar $ 600 untuk tingkat atas, jatuh di bawah tingkat atas itu dapat memberikan tingkat fungsionalitas yang hampir sama, tetapi dengan setengah harga.

Desain MSI MEG Z590 Ace Rocket

Desain MSI menjadi lebih baik dan lebih baik selama bertahun-tahun, dan MSI MEG Z590 Ace adalah contoh yang bagus. Dirancang sebagai alternatif kelas satu, meskipun lebih murah, dari model andalannya yang kaya fitur MEG Z590 Seperti dewa, Ace jelas bukan joker dan menawarkan banyak spesifikasi.

Estetika mencakup sebagian besar desain hitam dengan teks beraksen emas di sampul belakang, heat sink pengiriman daya pipa panas, dan dua area dengan pencahayaan LED RGB built-in; penutup belakang dan pendingin chipset.

Menariknya, MSI telah menghilangkan penutup plastik dan memilih penutup logam berkualitas tinggi, termasuk penutup yang menyembunyikan chip audio. Ada juga penguatan motherboard tambahan di bagian belakang motherboard untuk membantu kartu grafis yang besar dan berat.

Untuk pengguna yang mencari sesuatu yang sedikit berbeda, MSI baru-baru ini meluncurkan MEG Z590 Ace Gold Edition, dengan lapisan emas dan aluminium yang disikat untuk alternatif “lebih ringan” dari Ace biasa, meskipun dengan fitur dan set pengontrol yang persis sama. Set keduanya termasuk instalasi driver pada drive USB, yang kami anjurkan, dan sikat pembersih. Yah, ada yang pertama kali untuk segalanya.

Fitur papan termasuk tiga slot PCIe full-length, dua di antaranya beroperasi dengan PCIe 4.0 x16 atau x8 / x8, dengan slot full-length bawah terhubung secara elektronik ke PCIe 3.0 x4 dari chipset. Di antara ada dua slot PCIe 3.0 x1, sedangkan MSI memiliki total empat slot M.2, dengan Ace menjadi salah satu pilihan papan kecil dengan lebih dari tiga.

Slot M.2 atas mendukung drive PCIe 4.0 x4 M.2, sedangkan tiga lainnya dapat mendukung PCIe 3.0 x4, dengan dua dari tiga mendukung drive berbasis SATA. Untuk perangkat SATA konvensional, ada total enam port SATA, yang semuanya mendukung array RAID 0, 1, 5 dan 10.

Dengan penyempurnaan terkait memori Intel untuk generasi ke-11 dan Z590, Ace dapat mendukung hingga DDR4-5600, yang sangat cepat, sementara empat slot memori juga dapat menampung kapasitas hingga 128GB.

Semakin banyak motherboard premium Intel yang menggunakan Thunderbolt, dan MSI menggunakan pengontrol Maple Ridge Thunderbolt 4 terbaru dari Intel. Ini tidak hanya menambahkan dua port TB4 Type-C di bagian belakang, tetapi juga menambahkan sepasang input video DisplayPort mini yang sangat berguna untuk tampilan eksternal daisy chain dan menyediakan konektivitas tak tertandingi untuk pembuat konten.

Opsi koneksi lain di bagian belakang termasuk dua USB 3.2 G2 Tipe-A, empat USB 3.2 G1 Tipe-A dan dua port USB 2.0, dengan koneksi panel depan USB 3.2 G2 Tipe-C lebih lanjut, header USB 3.2 G1 Tipe-A dengan dua Port dan dua header USB 2.0 yang memungkinkan empat port tambahan. MSI menggunakan codec audio HD premium dan pemasangan DAC untuk audio onboard, sedangkan jaringannya menyertakan pengontrol 2.5GbE dan pemasangan CNVi Wi-Fi 6E.

Dalam hal kinerja, MSI MEG Z590 Ace mendapat skor sangat baik di ketiga elemen rangkaian pengujian kami, termasuk sistem, komputasi, dan game.

Dalam hal konsumsi daya, Ace menggunakan sedikit lebih banyak jus daripada kebanyakan model Z590 yang telah kami ulas sejauh ini, meskipun waktu POST dan kinerja latensi DPC kompetitif. Ace bersaing dengan model lain dalam tolok ukur komputasi dan game kami.

Ketika kami melakukan overclock MSI MEG Z590 Ace dengan i9-11900K kami, kami mengamati kontrol Vdroop yang relatif ketat pada frekuensi yang lebih rendah dan voltase CPU VCore di bawah 5 GHz, meskipun ini berubah saat kami melampaui 5 GHz dengan beberapa Vdoop lay yang sangat agresif.

Kami berhasil mencapai 5,2 GHz all-core 100% stabil, tanpa pelambatan termal dan konsumsi daya 485 W yang luar biasa dan sama menakutkannya pada beban penuh. Saat menguji setiap frekuensi, kami melihat peningkatan kinerja POV-Ray.

Preset Game Boost MSI untuk overclocking otomatis dalam firmware sebenarnya berkinerja lebih buruk daripada pengaturan default, dengan lebih banyak CPU VCore dan suhu inti dan konsumsi daya yang jauh lebih tinggi.

Dalam uji panas VRM kami, Ace melakukannya dengan baik, dengan suhu yang dilaporkan 69 ° C dari sensor suhu internal pada catu daya 18 fase besar dan 73 dan 75 ° C dari pasangan termokopel tipe-K kami.

 

Leave a Comment