Google Luncurkan Pengganti Backup and Sync

Google Luncurkan Pengganti Backup and SyncSaat ini Google mengumumkan secara resmi merilis aplikasi bernama Drive for Dekstop. Aplikasi Drive for Dekstop dibuat dengan tujuan untuk menggantikan fungsi Backup dan Sync dan layana Drive File Stream yang sebelumnya diperuntukan untuk kalangan bisnis saja.

Aplikasi Drive for Dekstop ini digunakan untuk menyimpan salinan seluruh data dalam perangkat PC atau MAC. Walapun sudah bisa digunakan,  Backup and Sync masih tetap bisa digunakan, namun akan di hendtikan pada 1 Oktober 2021. Pengguna bakal memperoleh notifikasi berisi pemberitahuan soal itu mulai 18 Agustus 2021.

Didalam situs resminya google menumumkan bahwa akan menyatukan dua cara singkronasi ini kedalam sebuah aplikasi bernama Drive for Dekstop. Kemudian google juga menghadirkan fitur terbaik yang sebelumnya sering digunakan oleh pengguna Backup dan Sync serta Drive File Stream.

Nantinya, jika mendapatkan notifikasi tersebut, pengguna diminta untuk segera beralih ke aplikasi Drive for Desktop. Sebagaimana dihimpun dari Android Central, aplikasi Drive for Desktop turut kedatangan fitur yang memungkinkan pengguna dapat mengakses file tertentu saat offline, tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Fungsi aplikasi Drive for Desktop sebetulnya mirip dengan Backup and Sync. Hanya saja, ada sejumlah perbedaan penting di antara keduanya. Misalnya, Drive for Desktop bisa mensinkronkan file individual di My Drive, sementara Backup and Sync hanya bisa hingga tingkat folder.

Drive for Desktop juga terintegrasi dengan client e-mail Microsoft Outlook. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan dua aplikasi ini, silakan kunjungi tautan berikut. Aplikasi Drive for Desktop untuk komputer berbasis Windows dan macOS bisa diunduh di link ini.

Leave a Comment