Menulis Presentasi PowerPoint yang Hebat dan Menarik Perhatian Audiens

Wartawarganews – Menulis Presentasi PowerPoint yang Hebat dan Menarik Perhatian Audiens – Bagi anda yang terbiasa dengan powerpoin, maka mendesain sebuah presentasi merupakan PR besar karena untuk menarik perhatian audiens, anda harus memiliki kreativitas dalam membuatnya.

Cara menulis konten PowerPoint Anda

Langkah pertama dalam menulis presentasi PowerPoint yang baik adalah menentukan apa yang ingin Anda tempatkan di slide Anda. Penting untuk dicatat bahwa mengetahui bagaimana menguraikan presentasi PowerPoint adalah penting karena Anda akan memiliki rencana yang solid untuk informasi yang paling relevan untuk disertakan dalam slide Anda.

Sekarang setelah Anda memutuskan informasi apa yang akan diletakkan di slide Anda, inilah saatnya untuk memutuskan bagaimana mengungkapkannya selanjutnya. Cara Anda menyajikan informasi pada slide Anda sangat penting jika Anda ingin menulis presentasi PowerPoint yang baik. Untuk bagian ini, yang harus Anda lakukan adalah mengingat KISS – Keep It Short and Simple. Anda ingin konten slide Anda ringkas, namun jelas, dan mudah dipahami audiens Anda.

Jangan menggunakan terlalu banyak kata. Gunakan frasa alih-alih kalimat panjang, tetapi pastikan frasa Anda tetap masuk akal dan sampaikan gagasan secara efektif.

Gunakan gambar, bagan, dan media lain bila perlu. Jangan menggunakan terlalu banyak karena melakukan ini akan membuat presentasi Anda terlihat berantakan. Gunakan grafik saat menyajikan data. Gunakan gambar, ilustrasi, video, atau grafik lain jika itu membuat maksud Anda lebih mudah daripada kata-kata.

Bagaimana mengatur presentasi PowerPoint

Sekarang setelah Anda menulis konten presentasi PowerPoint, Anda perlu mengaturnya agar kohesif dan mudah dipahami – dan langkah pertama Anda adalah mengatur kontennya. Yang mengatakan, Anda tidak dapat menempatkan terlalu banyak pada satu slide. Jika ya, slide Anda akan terlihat berantakan dan audiens Anda mungkin enggan membaca presentasi Anda. Itu berarti Anda harus memutuskan bagaimana memecah konten Anda sehingga didistribusikan secara merata di seluruh slide Anda.

Identifikasi topik utama Anda

Coba rancang satu tema atau arahkan ke satu slide. Jika Anda memiliki banyak konten pada suatu topik atau poin, bagi konten menjadi beberapa slide. Jangan takut untuk menggunakan banyak slide. Jumlah slide yang Anda miliki bukan merupakan indikator berapa lama presentasi Anda. Mereka mencakup topik yang sama apakah Anda menggunakan banyak slide atau tidak. hanya saja Anda telah memilih untuk menyajikan informasi dalam jumlah kecil sehingga Anda mendapatkan lebih banyak slide.

Atur slide Anda secara logis

Sekarang setelah Anda mengatur konten, saatnya untuk mengatur slide Anda dan memastikannya mengalir dengan lancar. Anda tidak bisa begitu saja melompat dari satu topik ke topik lain tanpa memikirkan bagaimana mereka berbaur satu sama lain.

Anda perlu memastikan bahwa transisi tidak terasa aneh atau kaku, melainkan alami dan dapat diprediksi. Jika konten Anda memiliki topik serupa yang tidak perlu disajikan dalam urutan tertentu untuk dipahami, maka Anda bisa mengikuti insting Anda dan mengaturnya dengan cara yang paling masuk akal.

Rancang presentasi Anda

Setelah Anda selesai mengatur konten dan slide, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah mendesain presentasi Anda. Anda dapat memilih desain sederhana dengan memilih dari template yang ditawarkan oleh PowerPoint. Anda juga dapat menemukan dan mengunduh beberapa templat online jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda tetapi tidak ingin membuang banyak waktu dan tenaga.

Jika Anda ingin menjadi kreatif dan benar-benar unik, Anda juga dapat membuat template sendiri – pilih latar belakang Anda sendiri, warna aksen, font, batas, dll. Pastikan saja template yang Anda pilih (baik itu dari PowerPoint atau milik Anda sendiri ) cocok untuk jenis presentasi Anda.

Namun, jika Anda tidak punya waktu, Anda dapat mengalihdayakan desain presentasi Anda, yang pada akhirnya akan menghemat banyak waktu dan juga meningkatkan produktivitas Anda.

Bagaimana merencanakan presentasi PowerPoint Anda untuk digunakan

Terakhir, Anda perlu merencanakan bagaimana Anda ingin memasukkan PowerPoint ke dalam presentasi Anda. Bagi kebanyakan orang, ini berarti menulis naskah. Meskipun tidak ada aturan yang keras dan cepat untuk menulis skrip presentasi PowerPoint, tip umum adalah memastikannya melengkapi slide Anda dan tidak hanya mengulangi apa yang telah Anda tulis. Ini berarti bahwa Anda perlu mengatasi konten Anda sedemikian rupa sehingga skrip Anda terikat dengan baik dengannya – yaitu, tidak berlebihan, tetapi juga tidak sepenuhnya terpisah.

Alangkah baiknya juga jika Anda dapat menulis skrip sehingga Anda menghabiskan waktu yang kira-kira sama pada slide Anda. Ini sebenarnya bukan masalah besar, tetapi ketika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di beberapa slide daripada yang lain, rasanya Anda tidak bisa mengelola slide Anda dengan baik. Selain itu, presentasi Anda akan terlihat lebih jelas jika ada aliran informasi yang stabil saat berpindah dari satu topik ke topik berikutnya.

Tip lain saat menulis skrip Anda adalah memastikannya tidak terdengar terlalu kaku. Ya, Anda sedang menulis naskah, tetapi Anda tidak harus membuatnya terdengar seperti naskah. Tujuan dari skrip Anda adalah untuk membuat Anda terdengar seperti Anda tahu topik presentasi Anda luar dalam.

Apakah Anda siap untuk menulis presentasi PowerPoint Anda?
Jika Anda baru mengenal PowerPoint, tidak apa-apa meluangkan waktu untuk mempelajari cara kerja program dan jenis penulisan dan gaya desain apa yang sesuai dengan Anda dan kebutuhan Anda. Anda juga tidak perlu khawatir untuk mengikuti hal-hal di atas ke tee. Ini adalah tip dan pedoman, bukan aturan dan hukum.

Mempelajari cara menulis presentasi PowerPoint yang baik bukanlah ilmu pasti, karena banyak hal yang membuat presentasi PowerPoint bagus adalah bagaimana audiens menerimanya. Jadi jika Anda ingin membuat presentasi yang bagus, cobalah menempatkan diri Anda pada posisi audiens Anda.

Pikirkan apa yang ingin Anda lihat, bagaimana informasi akan disajikan, dll. Jika Anda memiliki masalah dengan ini, mintalah bantuan. Ada begitu banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat PowerPoint yang bagus, yang harus Anda lakukan adalah menemukan cara yang paling cocok untuk Anda.

Leave a Comment