Tips dan Trik Rahasia WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Tips dan Trik Rahasia WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui – Whatsapp merupakan media perpesanan yang sangat akrab dengan manusia di jaman sekarang. Hampir semua orang menggunakan whatsapp untuk bertukar informasi baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video.

Beberapa Tips dan Trik Rahasia WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui akan wartawarganews bagikan disini, berikut daftarnya :

Kirim lokasi Anda ke kontak

WhatsApp memungkinkan Anda mengirim foto dan video ke kontak, serta berbagi kontak atau dokumen, tetapi Anda juga dapat mengirim lokasi Anda. Ini sangat berguna saat Anda hang out dengan teman di suatu tempat, terutama jika Anda memilih untuk berbagi lokasi langsung, yang memungkinkan kontak Anda melihat lokasi langsung Anda selama durasi yang Anda pilih sehingga mereka dapat melacak Anda. Durasi diatur menjadi 15 menit, 1 jam atau 8 jam.

iOS: Chat > Specific chat > Tap on “+” to the left of the message box > Location > Share Live Location > Select time frame.

Android: Chat > Specific chat > Tap on the paperclip to the right of the message box > Location > Share Live Location > Select time frame.

You can see everyone you are sharing your live location with by opening Settings > Account > Privacy > Live Location

Cari semua obrolan Anda

Mungkin seseorang mengirimi Anda alamat mereka, atau Anda mungkin ingat pernah berbicara tentang program atau film tertentu, tetapi Anda tidak ingin menelusuri semua pesan Anda untuk mencoba menemukan apa yang Anda cari. Ada bilah pencarian di bagian atas semua obrolan Anda di iOS. Ada ikon pencarian di Android.

Anda dapat mengetik apa saja di bilah pencarian, dari awal nama kota saat Anda mencari alamat, hingga kata tertentu dan semua obrolan dengan kata itu akan muncul sebagai pesan tertentu di bawah. Saat Anda mengetuk bilah pencarian, Anda juga akan melihat daftar opsi dari Foto hingga Audio yang dapat digunakan untuk meminimalkan pencarian Anda.

Mengklik hasil yang sesuai akan membawa Anda ke bagian percakapan obrolan yang Anda lakukan.

Temukan obrolan tertentu

Jika Anda ingin mencari obrolan tertentu daripada semua obrolan Anda, Anda juga bisa. Mungkin Anda memiliki percakapan tentang titik pertemuan tertentu, atau mereka mungkin telah mengirimi Anda nomor kontak atau alamat mereka yang lain, misalnya.

iOS: Chats > Specific chat > Tap on contact info at the top > Chat Search > Type in the search bar that appears at the top of that specific chat.

Android: Chats > Specific chat > Open the menu top right > Search > Type in the search bar that appears at the top of that specific chat

Lakukan panggilan video atau suara dengan WhatsApp

WhatsApp tidak hanya untuk pesan instan, Anda juga dapat menggunakannya untuk panggilan video dan suara. Panggilan WhatsApp menggunakan koneksi internet Anda, bukan notulen paket Anda.

iOS & Android: Chats > Specific chat > Press the call icon or video icon in the top right corner

Cari tahu siapa yang paling sering Anda ajak bicara

Siapa sebenarnya orang yang kamu sukai? Mungkin tidak seperti yang Anda pikirkan. Ada cara, antara lain, untuk mengetahui kepada siapa Anda paling banyak mengirim pesan dan berapa banyak ruang penyimpanan yang dibutuhkan setiap orang.

iOS & Android: Settings > Storage and Data > Manage Storage > You’ll see a list of contacts at the bottom in in order of which is using the most storage.

Hapus foto, GIF, video, pesan, atau stiker dengan cepat dari obrolan tertentu

Dimungkinkan untuk menghapus semua pesan, foto atau video, GIF, kontak, lokasi, pesan suara, dokumen, dan stiker dalam obrolan. Misalnya, Anda dapat menghapus semua pesan dalam obrolan atau obrolan grup tertentu, tetapi meninggalkan semua foto.

iOS & Android: Settings > Storage and Data > Manage Storage > Select Contact > Manage > Select > Tick the boxes next to what you want to delete (videos or images) > Tap on the bin to delete.

Dimungkinkan untuk mengurutkan file mana yang menggunakan ruang paling banyak, terbaru dan terlama, dengan mengetuk lingkaran di sudut kiri bawah setelah mengetuk kontak.

Tinjau dan hapus item dengan cepat untuk mengosongkan memori

WhatsApp membuatnya lebih mudah untuk mengelola apa yang menghabiskan ruang di perangkat Anda. Anda tidak hanya dapat melihat obrolan mana yang paling banyak disimpan, seperti di atas, tetapi Anda juga dapat melihat file mana yang lebih besar dari 5 MB dan file mana yang telah diteruskan beberapa kali.

iOS & Android: Settings > Storage and Data > Manage Storage. Under the Review and Delete Items section you can click on either the larger than 5MB tab or the forwarded multiple times tab and then select the ones you want to delete. As with the individual chats, you can sort by tapping on the circle in the bottom left corner.

Simpan volume data Anda

Jika Anda memiliki data terbatas, Anda tidak ingin WhatsApp menghabiskan semuanya. Untungnya, Anda dapat menyesuaikan kapan media diizinkan untuk diunduh dan memastikan panggilan menggunakan data sesedikit mungkin.

iOS & Android: Settings > Storage and Data > Media Auto-Download > Switch to Wi-Fi only for each option to save your data.

Leave a Comment