Menguji APU terbaik dunia: Desktop AMD Ryzen 4750G, 4650G, dan 4350G

Dengan sistem modern, ada dua tingkat kinerja grafis yang sangat penting untuk dipertimbangkan – pertama, apakah sistem grafis cukup untuk digunakan dengan lancar, dan kedua, apakah sistem itu memenuhi standar signifikan untuk bermain game. Di satu sisi, kami menggunakan grafis bawaan yang menggunakan prosesor terpadu untuk menyederhanakan sistem, dan di sisi lain, kami mencari berbagai opsi seperti ponsel cerdas, konsol, dan opsi grafis diskrit.

Di suatu tempat di sana kami memiliki jalan tengah – dapatkah opsi bawaan memiliki ruang kepala termal dan kinerja grafis yang cukup untuk membuat game menjadi berharga? Ini adalah keunggulan APU berbasis Ryzen 4000 AMD, yang menggabungkan inti CPU Zen-2 dengan grafis Vega-8 yang cepat. Pada ruang kepala 65W, itu harus melampaui apa pun yang ditawarkan prosesor seluler, tetapi apakah itu cukup untuk menggantikan pasar kartu grafis diskrit kelas bawah?

Ketika CPU bertemu GPU
AMD adalah perusahaan Accelerated Processing Unit, atau APU. Perusahaan memperkenalkan istilah tersebut pada tahun 2011 ketika mulai menggabungkan inti CPU x86 dan semacam akselerator grafis menjadi satu bagian dari silikon.

Prosesor kombo ini, dirancang untuk pasar laptop dan desktop, dirancang untuk menghilangkan kebutuhan akan kartu grafis yang sepenuhnya terpisah dalam satu sistem, menyederhanakan desain, dan mengurangi biaya keseluruhan bagi siapa saja yang hanya memiliki output grafis untuk tugas-tugas Kebutuhan sederhana. Pada saat itu, solusi ini sangat ditujukan untuk pasar kelas bawah.

Menggabungkan CPU dan GPU pada bagian silikon yang sama memiliki sejumlah pengorbanan. Manfaat utamanya adalah pengurangan tagihan material ini, tetapi ada juga manfaat dalam latensi komunikasi antara inti CPU dan akselerasi GPU karena data tidak harus keluar dari chip. Mungkin juga ada manfaat dalam kontrol daya, karena sistem mampu memanipulasi kinerja masing-masing dengan cara yang lebih sederhana.

Baca Juga  Cara menghapus virus komputer dari PC

Tetapi ada sejumlah kelemahan. Konsumsi daya total sistem sekarang diringkas menjadi satu hal alih-alih dipecah menjadi dua. Ini menjadikan satu APU sebagai hotspot sentral untuk dukungan pendinginan. Selain itu, menambahkan grafik meningkatkan ukuran satu chip CPU, membuatnya lebih sulit untuk dipulihkan jika dibandingkan dengan dua bagian silikon yang terpisah.

Mungkin juga rumit untuk membuat CPU dan GPU dalam proses manufaktur yang sama, tergantung pada desain asli untuk arsitektur tersebut. Ada juga masalah memori – grafis menyukai bandwidth memori dan pengontrol memori CPU lambat dibandingkan; Sementara GPU mungkin menyukai 300 GB / s dari beberapa memori GDDR, CPU dengan dua saluran DDR4-3200 hanya akan mendapatkan 51,2 GB / s. Selain itu, bank memori ini harus dibagi antara CPU dan GPU, yang membuatnya semakin kompleks.

Untuk laptop ultra-mobile, kompromi dengan APU gabungan tunggal sangat berharga, karena ini juga berarti bahwa baterai yang lebih besar dapat digunakan dan pengurangan jumlah elemen dalam casing menguntungkan estetika dan termal. Selain itu, pengguna laptop ultra-portabel tidak sering menuntut kinerja grafis yang hebat untuk game 4K, sehingga sesuatu yang menawarkan kinerja “cukup” dengan kinerja yang cukup rendah sering kali lebih disukai.

Semakin tinggi kinerja gabungan CPU + GPU sepotong silikon, bisa dibilang juga mengurangi pasar grafis dengan menghilangkan opsi di ujung bawah. Jika APU sederhana dapat melakukan pekerjaan grafis kartu grafis $ 100, maka Anda mungkin tidak lagi membutuhkan kartu grafis $ 100. Kami dapat membandingkan apa yang telah dirilis oleh masing-masing vendor GPU untuk pasar “game entry-level” selama beberapa tahun terakhir untuk mengonfirmasi bahwa pasar di bawah $100 sekarang untuk APU dan game sederhana yang “harus dimiliki”. pasar pra-dibuat terletak:

Baca Juga  Windows 11 Akan Menjadi Pembaruan Gratis. Ini Cara Mengunduhnya

Mungkin mengejutkan selama beberapa tahun terakhir, meskipun AMD telah mempromosikan kartu RX 480 sebagai kartu game potensial senilai $ 200 di beberapa titik, kedua perusahaan tersebut berubah menjadi pasar game kelas atas, meninggalkan kisaran anggaran untuk OEM dan bisa dibilang juga yang juga kelas menengah.

Baik AMD dan NVIDIA dengan versi terbaru mulai dari MSRP yang relatif tinggi sebesar $399, yang jauh dari harga rendah yang direkomendasikan untuk AMD RX 480 pada peluncuran $200. Sebagian dari ini didorong oleh fitur game baru seperti ray tracing, fakta bahwa grafis canggih cenderung mencapai kelas atas terlebih dahulu, karena dari situlah ROI terbesar berasal, dan dengan munculnya game definisi tinggi GB video memori tampaknya menjadi minimum baru, jika tidak lebih, yang menambah total biaya.

Jadi jika APU ada untuk mengisi celah, kita terikat. Dengan prosesor Xe-LP Tiger Lake terbaru, Intel memiliki solusi grafis terintegrasi terdepan yang hanya ditujukan untuk penggunaan seluler. Di segmen pasar ini, chip berperforma tinggi memiliki pengembalian finansial yang lebih baik daripada silikon yang sama yang digunakan dalam prosesor soket desktop, dan seiring upaya Intel untuk meningkatkan volume seluler, kini Intel menggunakan semua silikon itu untuk penggunaan seluler.

Itu berarti satu-satunya perusahaan yang menganggap serius grafis desktop socketed saat ini adalah AMD, yang mulai menggunakan silikon mobile Renoir untuk prosesor desktop. Untuk melakukan ini, TDP harus digeser dari 15 W / 45 W ke 65 W dan dicolokkan ke rumah soket AM4, mirip dengan apa yang dilakukan AMD dengan silikon APU sebelumnya. Tapi sekarang kita sampai pada masalah khusus dengan APU desktop Ryzen 4000 AMD.

Baca Juga  Layar Hitam atau Black Screen di Laptop Windows 10, Begini Cara Mengatasinya

Ryzen 4000 Desktop APU: Bukan untuk Penjualan Umum
Itu benar – APU desktop Ryzen 4000 dari AMD tidak tersedia secara komersial. Sementara AMD telah mengumumkan dua belas nomor model yang berbeda untuk generasi terbaru, yang berbeda dalam jumlah core, jumlah grafis dan kinerja, perusahaan telah memutuskan untuk tidak mengembangkan kemasan ritel khusus dan menawarkan ini untuk konsumsi umum.

Apa yang telah dilakukan AMD di sini adalah untuk mengaktifkan produk ini untuk dua pasar tertentu. Perusahaan seperti HP, Dell, dan Lenovo dapat memesan prosesor ini dari AMD dan membangunnya ke dalam sistem yang dibuat sebelumnya untuk konsumen seperti Anda dan saya, atau mereka dapat memesan versi Ryzen PRO dan membangun sistem komersial dengan kemampuan manajemen tambahan untuk manajemen perusahaan.