Mulai Besok, Bandar Jendral Sudirman Beroperasi

Bandara Jendral Sudirman Beroperasi Mulai Besok

WartawarganewsMulai Besok, Bandar Jendral Sudirman Beroperasi – PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) mengumumkan pengaktifan Bandara Jenderal Besar Sudirman di Purbalingga, Jawa Tengah, pada 1 Juni 2021. Dengan beroperasinya bandara, dipastikan penerbangan komersial operasi pertama dapat dilakukan besok. (3/6).

“Alhamdulillah, Citilink merupakan maskapai pertama yang memiliki sejarah penerbangan komersial ke Bandara Jenderal Besar Sudirman, insya Allah pada 3 Juni mendatang.

Juliandra membenarkan bahwa Citilink melakukan simulasi terakhir pada Selasa (1/6). Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan seluruh operasional penerbangan penumpang di Bandara Jenderal Besar Sudirman sehingga hingga 3 Juni 2021, layanan yang diberikan Citilink dan pemangku kepentingan lainnya dapat maksimal.

“Citilink mengoperasikan rute Surabaya-Purbalingga dan Jakarta (Bandara Halim Perdanakusuma)-Purbalingga dua kali seminggu pada hari Kamis dan Sabtu dengan ATR 72-600,” kata Juliandra.

Sementara itu, Chief Operating Officer Airnav Indonesia Mokhammad Khatim juga telah mengkonfirmasi ketersediaannya. Khatim mengatakan prosedur lalu lintas udara terkait bandara sudah dipersiapkan dengan baik.

Bandara Jenderal Besar Sudirman dibangun tiga tahun lalu oleh AP II di atas lahan kosong. AP II memastikan kelanjutan pengembangan bandara menjadi terminal penumpang dengan kapasitas 300.000 penumpang per tahun.

Ketua PA II Muhammad Awaluddin mengatakan PA II, serta pemangku kepentingan, telah beberapa kali melakukan simulasi. Simulasi terakhir yang dilakukan kemarin, menurut Awaluddin, dilakukan untuk memastikan kesiapan operasional seluruh bandara, termasuk penerapan log keberangkatan dan kedatangan penumpang, pergerakan penerbangan sisi udara, operasi penerbangan, hingga yang berhubungan dengan lalu lintas darat dan area komersial. .

“Simulasi ini dilakukan beberapa kali agar bandara dapat memenuhi persyaratan, terutama terkait jadwal layanan di setiap titik layanan,” jelas Awaluddin.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan keberadaan Bandara Jenderal Besar Soedirman sudah lama menjadi impian warga Purbalingga. Dyah mengatakan, mimpi besar yang dimulai 15 tahun lalu akhirnya menjadi kenyataan.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan keberadaan Bandara Jenderal Besar Soedirman sudah lama menjadi impian warga Purbalingga. Dyah mengatakan, mimpi besar yang dimulai 15 tahun lalu akhirnya menjadi kenyataan.