Trik PowerPoint untuk Presentasi yang Mengesankan

Wartawarganews – Trik PowerPoint untuk Presentasi yang Mengesankan – Sebagai seorang profesional bisnis, mahasiswa atau pelajar, mungkin pernah melihat PowerPoint sebelumnya. Dan jika Anda menyelenggarakan webinar secara teratur, Anda mungkin telah mempelajari beberapa trik untuk membumbui presentasi Anda dan membuatnya lebih menarik.

Baik Anda seorang pemula dalam PowerPoint atau profesional yang bercita-cita tinggi, berikut adalah 10 tips dan trik PowerPoint keren yang harus Anda miliki untuk presentasi Anda berikutnya.

DASAR-DASAR POWERPOINT YANG HARUS DIKETAHUI SEMUA ORANG

1. Jangan puas dengan template PowerPoint bawaan dasar

Template PowerPoint membuat hidup Anda lebih mudah. Template berarti Anda tidak perlu mendesain semuanya dari awal. Cukup pilih tata letak Anda, tambahkan konten Anda, buat beberapa perubahan di sana-sini dan selesai.

Jadi mengapa tidak menggunakan template dasar di PowerPoint? Jika Anda lupa seperti apa bentuknya, berikut ini penyegaran

Jutaan orang telah menggunakan template ini dalam presentasi mereka. Jika Anda tidak ingin presentasi Anda terlihat seperti salin-tempel, versi saya juga, jauhi templat bawaan.

Kabar baiknya adalah ada template gratis dan premium lainnya yang tersedia di luar Microsoft. Faktanya, desainer PowerPoint profesional kami di 24Slides.com – yang memahami psikologi di balik presentasi yang efektif – telah membuat templat terbaik yang dapat Anda unduh di sini – gratis!

2. Gunakan Format Painter untuk menghemat waktu

Format Painter hanya melakukan satu hal: menghemat waktu Anda. Bahkan berton-ton. Penghemat waktu yang bagus ini dapat ditemukan di sini di pita PowerPoint Anda:

Jika Anda pernah mencoba menyalin format satu elemen dan menempelkannya ke banyak elemen lain pada slide yang sama atau 100 slide berbeda, Anda tahu betapa memakan waktu prosesnya.

Tanpa Format Painter, pemformatan elemen berjalan seperti ini:

  • Format elemen dan catat berbagai pengaturan.
  • Format item kedua, lalu coba ingat semua pengaturan untuk item pertama.
  • Lihatlah jam dan sadari bahwa Anda telah menyia-nyiakan 10 menit.

Namun, dengan Format Painter, yang harus Anda lakukan adalah:

  • Klik pada item pertama.
  • Klik  Format Painter.
  • Klik pada item kedua.

Itu dia! Jika Anda ingin menyalin format elemen pertama dan menempelkannya ke lebih dari satu elemen, cukup klik dua kali Format Painter dan klik setiap elemen yang ingin Anda format secara bergantian. Setelah Anda memformat semua item, tekan ESC pada keyboard Anda. Sesimpel itu.

TRIK ANIMASI POWERPOINT

3. Menganimasikan diagram alur untuk menghidupkannya

Flowchart adalah cara yang bagus untuk menampilkan informasi yang kompleks. Namun, Anda mungkin tidak ingin melihat keseluruhan diagram alur sekaligus. Sebaliknya, Anda ingin setiap poin muncul pada waktu yang tepat sehingga Anda dapat mendiskusikan setiap poin secara verbal.

Untuk menganimasikan diagram alur di PowerPoint:

  1. Klik item, titik, atau proses pertama pada diagram alur Anda. Kemudian pilih animasi dari tab Animations.
  2. Tentukan pengaturan animasi dan waktu untuk setiap elemen.
  3. Anda juga dapat membuka area animasi untuk melihat dan menyesuaikan pengaturan animasi Anda.
  4. Ulangi langkah 1 dan 2 untuk semua item dalam diagram alur Anda. Pastikan untuk mempratinjau semua animasi diagram alur dan mengeditnya jika perlu.

4. Fungsi zoom baru untuk pelanggan Office 365

Jika Anda memiliki langganan Office 365 yang aktif dan telah mengunduh PowerPoint versi terbaru, Anda dapat memperbesar tab Sisipkan. Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di bawah, ada tiga opsi zoom:

  • Zoom ringkasan
  • Memotong zoom
  • Zoom geser

Fitur zoom sangat bagus ketika Anda ingin melompat dari satu bagian atau meluncur ke bagian lain. Katakanlah Anda ingin beralih dari slide 10 ke slide 55. Dalam presentasi PowerPoint normal, Anda harus melalui slide 11 hingga 54. Tetapi dengan Zoom Anda dapat langsung beralih dari slide 10 ke 55 sebelum audiens Anda kehilangan minat. Tentu saja, Anda perlu merencanakan ke depan dan mengetahui slide mana yang akan dituju.

Fitur Zoom Ringkasan membuat slide ringkasan yang menyerupai “daftar isi” untuk slide Anda. Anda dapat menempelkan slide ringkasan ini di mana saja, tidak harus menjadi slide pertama dalam presentasi Anda.

Fitur zoom bagian memungkinkan Anda melompat dari satu bagian ke bagian lain, sedangkan fitur zoom slide memungkinkan Anda melompat ke slide mana pun dalam presentasi Anda.

LEBIH BANYAK TRIK POWERPOINT UNTUK PENGGUNA LANJUTAN

5. Gunakan latar belakang video untuk slide Anda

Kita semua pernah menggunakan gambar latar belakang di PowerPoint, tetapi tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menggunakan video sebagai latar belakang?

Cukup seret dan lepas video Anda ke slide Anda dan ubah ukurannya untuk menutupi seluruh slide. Jika Anda kekurangan video, kunjungi Coverr.co untuk mendapatkan rekaman stok gratis.

Jika video Anda hanya berdurasi beberapa detik dan tidak memiliki panjang diskusi slide Anda, ulangi saja. Untuk mengulang video Anda:

Klik video untuk mengakses menu Alat Video, lalu klik tab Pemutaran.
Periksa loop sampai berhenti

Dengan latar belakang video Anda di tempat, Anda dapat menambahkan bentuk, teks, atau apa pun yang ingin Anda gunakan sebagai latar depan slide Anda.

6. Buat perubahan global pada presentasi Anda

Mengedit slide Anda satu per satu sangat memakan waktu. Jika Anda ingin mengubah tampilan seluruh presentasi Anda, buka tab Desain dan pilih dari desain yang tersedia di bagian Tema.

Namun, jika Anda ingin lebih mengontrol warna dan font, buka bagian Varian (masih di bawah tab Desain). Klik menu tarik-turun untuk melihat pengaturan warna dan font.

Anda dapat bermain-main dengan berbagai pengaturan – Anda dapat menggunakan warna dan font khusus sesuai keinginan Anda – untuk mendapatkan tampilan yang Anda inginkan untuk presentasi Anda.

Misalnya, jika Anda ingin menambahkan logo, slogan perusahaan, atau alamat situs web ke semua slide, buka View> Slide Master. Untuk menyisipkan elemen yang akan muncul di semua slide Anda, cukup klik tab Sisipkan dan sisipkan elemen yang ingin Anda tampilkan secara global.

7. Sematkan font di presentasi Anda

Pastikan font kustom atau bermerek Anda ada di PowerPoint. Jika font Anda tidak diinstal di komputer yang Anda gunakan untuk menjalankan presentasi Anda, PowerPoint akan secara otomatis mengganti font Anda dengan font default, mengacaukan perataan dan tampilan keseluruhan presentasi Anda.

Buka File> Opsi> Simpan.
Buka bagian “Pertahankan kesetiaan saat membagikan presentasi ini” dan pilih kotak centang “Sematkan font dalam file”.
Anda memiliki dua pilihan di sini. Anda dapat (1) hanya menyematkan karakter yang digunakan dalam presentasi, atau (2) menyematkan semua karakter jika Anda ingin orang lain mengedit file juga.
Klik tombol OK.

8. Buat simbol Anda sendiri di PowerPoint

Anda dapat mengunduh ikon gratis dari situs seperti IconFinder.com atau IconStore.co, atau bahkan dari situs template 24Slides (lihat kategori ‘Lainnya’ untuk ikon).

Jika Anda memiliki langganan Office 365, Anda dapat menyisipkan ikon langsung dari pita PowerPoint Anda. Buka Sisipkan> Simbol dan cari ratusan, jika bukan ribuan, simbol gratis.

Namun, jika Anda ingin menggunakan sesuatu yang unik – dan Anda memiliki waktu dan kreativitas – Anda dapat melakukannya dengan Shapes di PowerPoint.

Untuk memulai, buka Sisipkan> Bentuk. Ketika Anda memiliki dua atau lebih bentuk, klik pada mereka dan Anda akan melihat opsi berikut di Alat Gambar> Gabungkan Bentuk: Union, Combine, Fragment, Intersect, dan Subtract.

Bermain-main dengan pilihan yang berbeda dan biarkan kreativitas Anda berjalan bebas. Anda akan segera memiliki perpustakaan simbol unik Anda sendiri yang kemudian dapat Anda gunakan dalam presentasi Anda.

9. Bekerja dengan banyak gambar dalam satu slide

Bekerja dengan banyak gambar pada slide sulit dilakukan saat Anda memindahkan, membentuk kembali, dan mengubah ukuran setiap gambar secara manual. Untungnya bagi Anda, PowerPoint memiliki trik yang ampuh.

Tekan Ctrl + A pada keyboard Anda untuk menyorot semua gambar. Anda sekarang dapat mengakses menu Alat Gambar yang tersembunyi. Klik Format > Tata Letak Gambar dan pilih tata letak yang Anda inginkan.

Setelah Anda memilih tata letak, gambar Anda akan diubah menjadi grafik SmartArt. Sekarang Anda dapat mengatur ulang gambar Anda. Namun, masih berperilaku seperti grafik SmartArt.

Untuk menonaktifkan properti SmartArt, Anda harus mengonversi grafik kembali ke bentuk. Cukup klik grafik untuk mengakses menu SmartArt Tools, klik Design > Convert > Convert to Shapes.

10. Simpan presentasi PowerPoint Anda sebagai PDF

Terkadang Anda mungkin ingin mempertahankan format dan tata letak PowerPoint Anda dan melihatnya sebagai PDF. Anda memiliki dua cara mudah untuk melakukan ini:

Opsi 1. Buka File> Simpan Sebagai. Pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan file Anda. Pilih PDF dari menu tarik-turun Simpan sebagai jenis.

Opsi 2. Buka File> Ekspor> Buat Dokumen PDF / XPS.

Kesimpulan

Ada ratusan trik yang bisa Anda lakukan di PowerPoint. Tetapi 10 trik PowerPoint yang dibahas dalam artikel ini akan membantu Anda meningkatkan keterampilan desain presentasi Anda. Anda akhirnya bisa mengucapkan selamat tinggal pada “kematian dengan PowerPoint” dan menginspirasi audiens Anda dengan presentasi fantastis Anda.

Leave a Comment