Berkolaborasi dengan Google Docs, Begini Caranya

Wartawarganews – Berkolaborasi dengan Google Docs, Begini Caranya – Anda mungkin pernah mendengar bahwa Google Docs sangat bagus untuk kolaborasi, tetapi Anda mungkin tidak sepenuhnya yakin bagaimana memulainya. Jangan khawatir !

Berikut cara berkolaborasi di Google Docs , dijelaskan secara sederhana dengan tangkapan layar yang bermanfaat.

Perhatikan bahwa fungsi-fungsi ini juga ditawarkan di Google Spreadsheet dan Google Slide dan sama bergunanya di sana.

Bagikan dokumen secara langsung

Untuk memulai, Anda perlu membagikan dokumen Anda menggunakan tombol Bagikan berwarna biru besar di sudut kanan atas.

Klik tombol itu dan Anda akan melihat opsi berbagi Anda.

Cara pertama untuk membagikan dokumen adalah dengan memasukkan alamat email orang yang ingin Anda ajak berbagi dokumen. Ini adalah cara teraman untuk berbagi Google Dokumen karena hanya orang yang Anda undang yang dapat membukanya. Masukkan alamat email orang yang ingin Anda ajak berbagi. Akun Google Kontak Anda sudah terpasang sehingga dalam banyak kasus Anda dapat mulai mengetik nama dan melihat alamat yang Anda cari.

Anda dapat mengatur izin untuk dokumen dengan mengklik pensil.

Secara default, siapa pun yang Anda bagikan di alamat email mereka dapat membuat perubahan, tetapi Anda dapat mengatur ini untuk hanya meninggalkan komentar atau hanya melihat dokumen.

Bagikan dokumen dengan menyalin URL

Anda juga bisa mendapatkan tautan yang dapat dibagikan untuk dokumen yang memungkinkan Anda berbagi dokumen dengan menempelkan URL ke aplikasi obrolan pilihan Anda.

Untuk melakukan ini, klik tautan berbagi berbagi di sudut kanan atas.

Tautan untuk membagikan Google Documents
Anda akan mendapatkan url setelah mengklik.

URL Google Documents untuk dibagikan

Secara default, jika Akun Google Anda milik organisasi, tautan hanya akan berfungsi untuk orang lain dalam organisasi, seperti yang ditunjukkan di atas. Jika Anda memiliki Akun Google standar, tautan akan tersedia untuk semua orang secara default.

Secara default, orang dengan URL hanya dapat melihat artikel. Anda dapat mengubahnya dengan mengklik panah di samping kata-kata yang mungkin muncul:

Seperti sebelumnya, Anda dapat memilih apakah orang dapat melihat, meninggalkan komentar, atau mengedit dokumen.

Kolaborasi Secara Langsung atau Realtime

Apakah Anda terbiasa mengirim dokumen bolak-balik untuk melakukan perubahan? Kemudian Anda memiliki apa yang memperlakukan. Pengeditan di Google Documents dapat dilacak secara waktu nyata.

Ini membuat kolaborasi lebih mudah hanya dengan melihat layar. Lebih baik lagi, jika Anda terhubung melalui telepon atau obrolan video, Anda dapat berbicara tentang pengeditan secara real time dan kemudian membuatnya.

Leave a Comment