Deretan Fitur Baru yang Bakalan Hadir di Windows 11

Deretan Fitur Baru yang Bakalan Hadir di Windows 11 – Setelah selama 6 tahun sejak 2015 berikprah, Windows 10 akhirnya akan memiliki penerus bernama Windows 11. System Operasi terbaru ini diperkenalkan oleh Microsoft dalam acara virtual yang dilangsungkan pada Jum’at kemarin waktu Indonesia.

Selain bisa didownload secara gratis untuk para pemilik lisensi Windows 10 jika sudah tersedia nanti, Windows 11 ini dibekali dengan sejumlah fitur-fitur baru seperti desain antarmuka (UI) yang lebih segar, aneka widget, hingga kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android tanpa adanya emulator.

Dibawah ini ada beberapa deretan fitur baru yang menarik di Windows 11, sebagaimana yang dirangkum Warta Warga News dari IGN South East Asia, Sabtu (26/06/2021).

Antarmuka / UI Mirip MacOS

Perubahaan yang sangat mencolok dari Windows 11 ini bisa dilihat dari tampilan User Interface / antarmukanya. Pada Windows terbaru ini, Microsoft memindahkan tata letak ikon di bagian taskbar dan juga menu start.

Menu-menu tersebut tidak lagi ada di bagian kiri melainkan digeser ke sisi tengah seperti dock di macOS. Sisi kiri pun kini terlihat bersih. Di sisi sebelah kanan masih ada ikon yang akan menampilkan keterangan seperti jam dan tanggal, koneksi wireless, serta status baterai.

Windows 11 ini juga menampilkan visual yang lebih lembut dibandingkan dengan Windows 10 karena sudut ikon yang membulat, jendela dengan efek transaparan serta transisi animasi yang lebih halus.

Menurut pihak Microsoft, User Interface baru dari Windows 11 ini dirancang untuk mempermudah akses para pengguna, terutama yang memiliki monitor berukuran besar.

Aneka Widget Informatif

Microsoft juga turut menghadirkan fitur widget yang mencakup aplikasi-aplikasi informatif seperti kalender, prediksi cuaca hingga peta.

Ada pula widget news feed yang sudah menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menampilkan berita sesuai dengan topi ketertarikan dari para pengguna, baik sports, politik, internasional, berita lokal dan lain sebagainya.

Rangkaian widget-widget ini ditempatkan di area transparan yang bisa dimunculkan di sisi kiri dari layar dengan menekan sebuah tombol di taskbar.

Snap Layout Baru

Dengan hadirnya fitur snap layout akan bisa membantu para pengguna yang terbiasa bekerja dengan membuka beberapa jendela aplikasi sekaligus untuk multitasking.

Snap Layout pada Windows 11 menghadirkan sejumlah posisi penyusunan baru seperti tiga jendela yang diletakan secara berdampingan, satu jendela besar dengan dua jendela kecil disampingnya dan yang lainnya.

Windows 11 juga mampu mengingat aplikasi apa saja yang dibuka dan seperti apa susunannya dalam Snap Group yang bisa disimpan di taskbar untuk dibuka dalam keadaan yang sama persis di kemudian waktu.

Kinerja Lebih Tinggi

Selain dari segi tampilan yang dipercantik, kinerja dari Windows 11 ini pun lebih kencang baik dalam hal hidup dari kondisi windows sleep, login windows hello bahkan hingga browsing. Update windows yang berjalan di latar belakang juga akan dijanjikan berukuran 40 % lebih kecil.

Khusus untuk gaming, microsoft mengumumkan adanya fitur baru bernama Direct Storage yang memungkinkan game mengunggah aset-aset game secara langsung ke kartu grafis, sehingga dapat mempersingkat waktu loading dan juga rendering.

Game Otomatis disulap jadi HDR

Masih seputar game, Windows 11 nantinya akan bisa menyulap game non HDR dengan mengubah pencahayaan dan warnanya sehingga akan menyerupai game dengan grafis HDR.

Fitur HDR otomatis ini juga sudah lama hadir di konsol xbox sehingga penerapannya pada Windows 11 ini tidak mengherankan.

Microsoft juga menjanjikan auto HDR akan diterapkan di lebih dari seribu judul game, termasuk game Age of Empires Definitive Edition, Rocket League, Day Z dan Doom 64.

Bisa menjalankan Aplikasi Android

Ini merupakan salah satu fitur yang paling menarik di Windows 11 yaitu kemampuan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Android melalui compiler “Intel Bridge” yang kompatibel dengan prosesor dari Intel maupun AMD sekalipun.

Aplikasi-aplikasi Android tersebut tidak terintegrasi dengan Microsoft Store, melainkan harus didownload dari Amazon Appstore. Dari sana, pengguna dapat menjalankannya dari taskbar ataupun start menu. Jendela aplikasi Android bahkan dapat di snap seperti layaknya aplikasi Windows.

Mode Tablet Baru

Windows 11 turut menghadirkan pengalaman baru untuk para pengguna tablet. Begitu perangkat laptop 2 in 1 berubah menjadi tablet, misal dengan melepaskan keyboard, tampilan antarmuka Windows 11 pun otomatis akan ikut berubah.

Deretan ikon akan menjadi berukuran lebih besar dengan jarak yang lebar agar lebih mudah untuk disentuh. Proses resize jendela-jendela aplikasi pun dibuat menjadi lebih gampang dengan animasi yang baru.

Windows 11 juga turut menambahkan gestur navigasi terbaru untuk perangkat layar sentuh seperti sapuan dengan tiga jari ke arah samping untuk snap jendela dan ke arah bawah untuk minimize.

Leave a Comment