Cara Menghapus Virus Komputer dari PC

Wartawarganews – Cara menghapus virus komputer dari PC – Virus komputer hampir selalu tidak terlihat. Tanpa perlindungan virus, Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda memilikinya. Untuk alasan ini, penting untuk menginstal perlindungan virus di semua perangkat Anda.

Jika Anda memiliki virus di PC Anda, berikut adalah sepuluh langkah mudah untuk menghapusnya:

Langkah 1: Unduh dan instal pemindai virus

Unduh pemindai virus atau solusi keamanan internet lengkap. Kami merekomendasikan Kaspersky Internet Security. Video berikut akan memandu Anda melalui proses instalasi:

Langkah 2: Putuskan sambungan dari Internet

Saat menghapus virus dari PC Anda, sebaiknya putuskan sambungan dari internet untuk menghindari kerusakan lebih lanjut: beberapa virus komputer menggunakan koneksi internet untuk menyebar.

Langkah 3: Restart komputer Anda dalam Safe Mode

Untuk melindungi komputer Anda saat Anda menghapus virus, Restart dalam Safe Mode. Tidak yakin bagaimana melakukan ini?

Berikut adalah panduan sederhana:

  1. Matikan dan hidupkan kembali komputer Anda
  2. Saat layar menyala, tekan F8 untuk mengakses menu Opsi Boot Lanjutan
  3. Klik Mode Aman Dengan Jaringan.
  4. Tetap terputus dari internet

Langkah 4: hapus semua file sementara

Selanjutnya, Anda perlu menghapus semua file sementara menggunakan “Disk Cleanup”.

Begini caranya :

  1. Klik logo Windows di pojok kanan bawah
  2. Masukkan “File Sementara”
  3. Pilih “Kosongkan ruang dengan menghapus file yang tidak perlu”
  4. Dalam daftar Disk Cleanup, temukan dan pilih Temporary Internet Files Files to Delete, dan klik OK.
  5. Konfirmasikan pilihan “Hapus file”

Beberapa virus diprogram untuk memulai saat komputer Anda dinyalakan. Menghapus file sementara dapat menghapus virus. Namun, tidak aman untuk diandalkan. Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan virus dari komputer Anda, berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda ambil.

Langkah 5: jalankan pemindaian virus

Sekarang saatnya untuk menjalankan pemindaian virus dengan antivirus atau perangkat lunak keamanan internet pilihan Anda. Jika Anda menggunakan Kaspersky Internet Security, pilih “Scan” dan jalankan.

Langkah 6: Hapus atau karantina virus

Jika virus ditemukan, itu dapat mempengaruhi banyak file. Pilih Hapus atau Karantina untuk menghapus file dan menghapus virus. Pindai komputer Anda lagi untuk memeriksa bahwa tidak ada ancaman lain. Jika ancaman ditemukan, karantina atau hapus file.

Langkah 7: restart komputer Anda

Setelah virus dihapus, Anda dapat me-restart komputer Anda. Hidupkan saja seperti biasa. Tidak lagi harus dalam “Safe Mode”.

Langkah 8: ubah semua kata sandi Anda

Untuk melindungi komputer Anda dari serangan lebih lanjut, ubah semua kata sandi Anda jika telah disusupi. Ini hanya sangat diperlukan jika Anda memiliki alasan untuk percaya bahwa malware telah menangkap kata sandi Anda, tetapi lebih baik aman daripada menyesal.

Anda selalu dapat memeriksa fungsionalitas virus di situs web penyedia antivirus Anda atau tim dukungan teknis mereka jika Anda tidak yakin.

Langkah 9: Perbarui perangkat lunak, browser, dan sistem operasi Anda

Menjaga perangkat lunak, browser, dan sistem operasi Anda tetap mutakhir akan mengurangi risiko bahwa bug dalam kode lama akan dieksploitasi oleh penjahat untuk memasang malware di komputer Anda.

Leave a Comment