Jawaban Aktivitas Berdiskusi Halaman 123 Bahasa Indonesia Kelas 4

Wartawarganews.com – Jawaban Aktivitas Berdiskusi Halaman 123 Bahasa Indonesia Kelas 4. Halo Adik-Adik! Kali ini Wartawarganews.com akan membahas Jawaban Aktivitas Berdiskusi Halaman 123 Bahasa Indonesia Kelas 4.

 

Membaca

 

Ayo Menabung

 

Menabung adalah menyisihkan dan menyimpan sebagian uang yang kita miliki. Biasanya orang menabung karena ada sesuatu yang ingin dicapai atau dibelinya. Namun, menabung sebenarnya tidak memerlukan alasan. Semua orang sebaiknya memiliki tabungan. Seperti pepatah “sedia payung sebelum hujan”, lebih baik memiliki dana cadangan untuk berjaga-jaga.

 

Menabung sebaiknya dilakukan secara rutin dan tidak menunggu uang sisa. Ada beberapa pilihan tempat untuk menabung.

  1. Di celengan. Kelebihan menabung di celengan adalah bisa dilakukan sewaktu-waktu. Adik-Adik juga bisa memasukkan berapa pun uang yang Adik-Adik miliki.
  2. Di bank. Saat ini sudah banyak bank yang menyediakan rekening untuk anak-anak. Kelebihan menabung di bank adalah masalah keamanan. Selain itu, Adik-Adik tidak mudah tergoda untuk mengambil uang tabungan.
  3. Di sekolah. Jika di sekolah Adik-Adik ada koperasi, Adik-Adik bisa menabung di sana. Kelebihan menabung di sekolah adalah Adik-Adik bisa langsung menyisihkan uang jajan Adik-Adik hari itu.

 

Ada beberapa petunjuk yang bisa Adik-Adik lakukan agar tabungan cepat terkumpul, diantaranya:

  • Membawa bekal ke sekolah sehingga tidak perlu jajan.
  • Menahan diri agar tidak mudah terpancing untuk membeli barang.
  • Mendaur ulang barang bekas agar bisa dimanfaatkan dan menghemat uang Adik-Adik.
  • Menjual hasil karya atau barang Adik-Adik yang masih bagus, tetapi sudah tidak terpakai lagi.

 

Menabung memiliki banyak manfaat, seperti melatih kesabaran dan kedisiplinan. Selain itu, dengan menabung berarti Adik-Adik mempunyai dana cadangan yang bisa digunakan saat dibutuhkan.

Perlu diingat juga, sebelum mengambil tabungan atau membelanjakannya, jujurlah kepada diri sendiri: benarkah aku membutuhkannya?

Selamat menabung!

 

Berdiskusi

 

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman-teman. Sampaikan jawaban Adik-Adik dengan jelas dan berbicaralah secara bergantian.

 

1. Apa itu menabung dan apa manfaatnya?

2. Dari aktivitas membaca di atas, di mana saja kita dapat menabung? Apa kelebihan dan kekurangan dari cara menabung yang dilakukan?

3. Menurut Adik-Adik, bagaimana caranya agar tabungan cepat terkumpul?

4. Ceritakan pengalaman Adik-Adik menabung. Apa tujuan Adik-Adik menabung? Apa yang Adik-Adik rencanakan dengan tabungan itu?

5. Apa yang biasanya mendorong Adik-Adik untuk membeli sesuatu? Boleh memilih lebih dari satu jawaban.

  • Karena melihat punya teman
  • Karena ingin saja, sepertinya bagus
  • Karena memerlukannya
  • Lainnya…

 

Jawaban Aktivitas Berdiskusi

 

1. Menabung adalah kegiatan menyimpan sebagian uang yang kita miliki untuk nantinya digunakan di masa yang akan datang. Manfaatnya adalah saat kita sedang membutuhkan uang secara mendadak kita sudah memilikinya dan tinggal mengambilnya.

2. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara menabung

  • Celengan. Kelebihannya Adik-Adik dapat menabung sesuka hati dan memasukkan uang sebanyak apapun. Kelemahannya Adik-Adik harus menyimpannya di tempat yang aman, menabung di celengan juga membuat Adik-Adik mudah tergoda untuk mengambilnya
  • Bank. Kelebihannya adalah keamanan uang tabungan sudah terjamin, Adik-Adik juga tidak mudah tergoda untuk mengambil uang tabungan. Kekurangannya adalah terdapat biaya admin yang dapat mengurangi jumlah tabungan dan biasanya terdapat jumlah minimum untuk menabung di bank.
  • Koperasi sekolah. Kelebihannya Asik-Adik dapat mengontrol pengeluaran di sekolah untuk ditabung di koperasi. Kekurangannya proses pengambilan uang tidak bisa dilakukan secara instan dan terkadang dikenakan biaya administrasi.

3. Menurut saya, agar tabungan cepat terkumpul adah dengan menghemat pengeluaran dan menghindari godaan untuk mengambil tabungan.

4. Jawaban nomor ini berdasarkan dari pengalaman Adik-Adik. Contoh: karena sepatu saya sudah sempit, saya berencana untuk menyisihkan sebagian uang jajan untuk ditabung. Setelah terkumpul nantinya saya akan menggunakannya untuk membeli sepatu baru.

5. Yang bisa mendorong saya untuk membeli sesuatu adalah karena memerlukannya. Adik-Adik juga dapat menambahkan opsi a dan b, atau menambahkan alasan lainnya.

 

Adik-Adik, demikianlah pembahasan Aktivitas Berdiskusi Halaman 123 Bahasa Indonesia Kelas 4. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dpaat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Wartawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Leave a Comment