Windows 11 Meluncur, Apa Bedanya dengan Windows 10?

Windows 11 Meluncur, Apa Bedanya dengan Windows 10? – Microsoft secara resmi meluncurkan sistem operasi Windows terbarunya yakni Windows 11, Kamis (24/06/2021). Windows 11 ialah penerus dari Windows 10 yang sudah beredar sejak tahun 2015 lalu.

Sebagai pensukses dari Windows sebelumnya, Windows 11 akan membawa perubahan besar-besaran, mulai dari desain, peningkatan fitur, hingga dukungan untuk aplikasi Android.

Dibawah ini ada beberapa perbedaan yang signifikan antara Windows 11 dan Windows 10, seperti yang sudah kami rangkum dari Fossbytes, Sabtu (26/06/2021).

1. Tampilan Antarmuka (UI)

Perbedaan yang paling mencolok antara Windows 10 dengan Windows 10 adalah pada bagian antarmuka (UI).

Windows 11 sekarang hadir dengan tampilan yang lebih segar dan juga minimalis, khususnya pada bagian taskbar dan menu start. Kini, menu-menu itu tersebut tidak lagi berada di sebelah kiri seperti yang ada pada Windows 10.

Microsoft menggeser taskbar ke sisi tengah sehingga terlihat mirip dengan tampilan antarmuka MacOS. Untuk menu Start nya pun juga ikut geser ke sisi tengah. Meski demikian, beberapa item seperti jam, koneksi atau baterai masih berada di sisi kanan taskbar.

Ikon dari menu start juga ikut dirombak. Ikon tersebut sekarang mengusung sudut yang membulat atau lengkung agar terlihat tidak kaku.

Tidak hanya pada bagian ikon, tampilan jendela (Windows) juga diganti dengan sudut yang lebih membulat, alih-alih sudut tajam seperti pada Windows lama.

Perbedaan yang lain antara keduanya juga terlihat dari tidak adanya fitur Live Tiles di Windows 11. Live Tiles itu sendiri adalah salah satu fitur Windows yang menampilkan kolom notifikasi yang mencakup informasi seperti kalender, cuaca atau informasi lainnya.

2. Bentuk Logo “Jendela”

Logo pada Windows 11 sekarang terlihat sedikit berbeda dengan Windows 10. Logo pada Windows 11 sekarang terlihat seperti sebuah jendela yang menghadap ke depan.

Sementara logo Windows pada versi sebelumnya, mengusung bentuk empat kotak dengan gaya tiga dimensi, yang tampak terlihat seperti sebuah bendera dalam posisi berkibar.

Tidak hanya logo, bagian suara opening (Startup Sound) yang berbunyi saat perangkat dinyalakan juga turut diperbaharui.

3. Dukungan Aplikasi Android

Pada Windows 11, Microsoft untuk pertama kalinya menghadirkan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android tanpa dimodifikasi secara khusus.

Selama ini, aplikasi Android hanya dapat dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator ataupun dengan melakukan dual boot OS.

Aplikasi-aplikasi Android ini dapat ditemukan di Microsoft Store dan didownload melalui Amazon App Store. Setelah didownload, aplikasi dapat disematkan (pin) di taskbar dan bisa disandingkan dengan aplikasi lain.

Dengan teknologi Intel Bride yang digunakan Microsoft, yang membuat aplikasi Android dapat berjalan di sistem x86.

Kabar baiknya lagi, aplikasi Android di Windows 11 tidak hanya bekerja dalam komputer ber-CPU Intel saja, tetapi juga AMD dan ARM.

Kemampuan tersebut mirip dengan yang dilakukan oleh Apple dengan chip M11. For your information, chip M11 ini memungkinkan aplikasi iOS berjalan di sistem operasi MacOS.

Untuk perilisan Windows 11 sendiri, Microsoft mengungkapkan akan berlangsung pada muslim liburan tahun ini, kemungkinannya sekitar bulan November atau Desember hingga akan berlanjut hingga awal 2022.

Untuk tahapan awal, Microsoft akan memberi kesempatan bagi para pengembang untuk menguji Windows 11 melalui Windows Insider Program mulai pekan depan.

4. Widget

Windows 11 ini memiliki pilihan Widget baru yang didukung oleh Microsoft Edge dan juga AI. Widget ini bisa diakses bila kursor diarahkan ke sisi sebelah kiri dari layar. Widget ini bisa membantu pengguna untuk mendapatkan informasi, berita, cuaca, foto dan lainnya secara sekilas.

5. Integrasi dengan Teams

Microsoft sekarang mengintegrasikan layanan Teams di Windows 11 ini. Ada tombol khusus yang bisa diakses pengguna dari desktop. Dengan layanan Teams, pengguna dapat melakukan panggilan Video, suara ataupun teks kepada pengguna lain.

6. Auto HDR untuk Mode Game

Salah satu yang mendapatkan perhatian dari Microsoft adalah aspek gaming. Untuk memanjakan para gamer, Microsoft merilis fitur Auto HDR pada Windows 11 ini. Fitur ini akan menghadirkan warna dan kontras yang lebih baik saat sedang bermain game.

 

Leave a Comment