Jawaban Aktivitas PLB-K8-05 Penghitung Uang Kembalian (MHUK Versi 03) Informatika Kelas 8 Halaman 281

Wartawarganews.com – Jawaban Aktivitas PLB-K8-05 Penghitung Uang Kembalian (MHUK Versi 03) Informatika Kelas 8 Halaman 281. Halo Adik-Adik! Kali ini Wartawarganews.com akan membahas Jawaban Aktivitas PLB-K8-05 Penghitung Uang Kembalian (MHUK Versi 03) Informatika Kelas 8 Halaman 281.

 

Aktivitas PLB-K8-05: Penghitung Uang Kembalian (MHUK Versi 03)

 

Pernyataan Masalah

Artefak komputasional pada Aktivitas PLB-K8-03 masih dapat dikembangkan lagi untuk kebutuhan lebih lanjut, seperti untuk perhitungan uang kembalian (kali ini terbatas untuk uang koin). Penghitung uang kembalian seperti transaksi yang terjadi di kasir, yakni dengan spesifikasi yang diberikan dalam model komputasi sebagai berikut:

  • Input: dua buah nilai, X sebagai nilai pembelian dan Y sebagai nilai uang pembayaran
  • Proses: menghitung nilai kembalian, sesuai dengan pecahan yang ada
  • Output: uang kembalian tampil di layar, sesuai dengan pecahan yang ada

 

Contoh: input X pembelian = 8000 dan Y pembayaran = 10000

Kembali: Rp.10000 – Rp.8000 >> Rp.2000

Koin kembalian: 2 × Rp.1000

 

Pengembalian koin dengan menyentuh sesuatu pada mesin penghitung sehingga nilai kumulatif uang di kotak akan berkurang. Perbedaan antara MHUK-versi-01 dengan MHUK-versi-03 ini adalah kemampuannya untuk menghitung kembalian dari uang pembayaran.

 

Jawaban Aktivitas PLB-K8-05: Penghitung Uang Kembalian (MHUK Versi 03)

 

Untuk solusi aktivitas ini, Adik-Adik dapat menambahkan kode berikut:

Gambar Aktivitas PLB-K8-05 (1)

 

Kode sebelumnya berhubungan dengan tampilan. Modifikasi tata letak objek-objeknya sehingga tampilannya tampak sebagai berikut:

Gambar Aktivitas PLB-K8-05 (2)

 

Ketika mengeluarkan uang ribuan sebanyak w kali, modifikasi kode sebelumnya sehingga dengan menyentuh klip tertentu dua kali, maka tampilan layar akan tampak sebagai berikut: (Total berkurang 2000 dan nilai ribuan menjadi 0).

Gambar Aktivitas PLB-K8-05 (3)

 

Adik-Adik, itulah pembahasan Aktivitas PLB-K8-05 Penghitung Uang Kembalian (MHUK Versi 03) Informatika Kelas 8 Halaman 281. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Wartawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Leave a Comment