Cara membuat Presentasi PowerPoint yang Indah

Wartawarganews – Cara membuat Presentasi PowerPoint yang Indah – Presentasi terdiri dari beberapa slide, dan sekarang setelah Anda mengetahui cara membuatnya, Anda dapat menggali lebih dalam kemampuan PowerPoint.

1. Buka kembali presentasi kosong atau mulai dengan presentasi yang telah Anda buat.

Jika Anda sudah membuat presentasi, klik dua kali ikon untuk membuka file yang ada. Jika tidak, buka Microsoft PowerPoint, klik File di sudut kiri atas, lalu klik Presentasi Baru. Dari sana, Anda dapat mengikuti petunjuk untuk menyiapkan presentasi baru.

2. Pilih “Tema” atau buat sendiri.

Microsoft menawarkan tema bawaan dan variasi warna sehingga Anda dapat menciptakan tampilan dan nuansa yang kohesif untuk slide Anda. Untuk memilih dari desain pra-dibuat ini, pilih tab File lagi, pilih Baru, pilih salah satu opsi, dan klik Buat.

Jika tidak, Anda dapat menggunakan elemen PowerPoint, selera desain Anda, dan palet warna bermerek Anda untuk membuat “tema” Anda sendiri.

3. Buat slide yang berbeda untuk tujuan yang berbeda.

Anda tidak ingin menyajikan slide yang sama persis, hanya dengan konten yang berbeda di dalamnya. Itu akan membuat audiens Anda bosan. Pastikan Anda membuat beberapa variasi yang mengakomodasi beberapa penggunaan slide yang paling umum. Anda membutuhkan setidaknya:

  • Judul slide
  • Slide agenda atau daftar isi
  • Slide yang memperkenalkan pembicara
  • Slide konten yang berbeda (buat tata letak yang berbeda dengan mempertimbangkan jenis multimedia yang akan Anda gunakan)

4. Gunakan fitur duplikasi slide untuk menghemat waktu.

Tidak ada alasan untuk terus membuat desain ini berulang-ulang. Sekarang setelah Anda memiliki beberapa untuk menggambar, Anda dapat menduplikasinya sebelum memasukkan konten Anda. Begitulah cara melakukannya:

  • Di panel kiri, klik kanan gambar mini slide yang ingin Anda duplikat.
  • Pilih Duplikat Slide dari menu pop-up.

Ini akan secara otomatis menambahkan salinan slide itu ke presentasi. Dari sana, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Tambahkan transisi ke slide Anda (opsional).

Dilakukan dengan baik, transisi dapat menambahkan sedikit gerakan dan kekuatan presentasi ke presentasi Anda. PowerPoint memiliki beberapa transisi bawaan yang dapat Anda pilih.

Untuk mengaksesnya, pilih tab “Transisi” di pita atas. Dari sana, Anda dapat memilih transisi untuk melihat pratinjau di layar Anda. Untuk menyesuaikan lebih lanjut, klik “Opsi Efek” dan mainkan dengan fitur untuk menemukan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menghapus transisi, pilih Transisi dan klik Tidak Ada.

6. Tambahkan animasi ke slide Anda (opsional).

Seperti transisi, animasi dapat menambahkan gerakan, mengungkapkan informasi, dan membantu menyoroti poin yang ingin Anda tekan selama pidato Anda. Untuk menganimasikan elemen, lakukan hal berikut:

  • Pilih elemen yang ingin Anda animasikan dengan mengkliknya.
  • Di pita atas, pilih Animasi.
  • Anda dapat memilih dari beberapa efek yang ditampilkan di pita.
  • Jika Anda mengklik salah satunya, Anda akan mendapatkan pratinjau.
  • Untuk menyesuaikan animasi, pilih Opsi Efek.
  • Untuk menghapus animasi, klik Tidak Ada di pita.

Beberapa cara Anda dapat menyesuaikan animasi adalah:

  • Ketika Anda mengklik
  • Dengan sebelumnya
  • Setelah sebelumnya
  • Durasi
  • Menunda

Ini menggambarkan bagaimana efek harus berperilaku. Jadi bermain-mainlah dengannya sampai Anda menemukan efek yang Anda inginkan.

Anda juga memiliki opsi untuk memindahkan animasi saat mengedit slide Anda menggunakan fungsi “Urutkan Ulang Animasi” di pita atas.

7. Simpan presentasi Anda.

Klik File, Simpan, dan pastikan Anda menentukan folder atau tujuan yang Anda inginkan untuk menyimpan PowerPoint.

8. Jalankan presentasi Anda.

Itu selalu baik untuk melakukan uji coba untuk memastikan slide Anda diatur dengan benar dan animasi Anda berjalan seperti yang Anda harapkan.

Untuk mempresentasikan PowerPoint Anda, buka tab “Slideshow” dan klik “Play from Start”. Film ini menutupi seluruh layar Anda dan menyembunyikan perangkat lunak desktop dan PowerPoint Anda. Dengan cara ini, audiens Anda (dalam hal ini, Anda untuk uji coba) hanya akan fokus pada elemen visual presentasi Anda.

9. Tingkatkan transparansi.

Saat Anda selesai dengan satu slide dan ingin melihat slide berikutnya dalam urutan Anda, klik mouse saat dalam mode Presentasi. Ini akan memajukan film.

Leave a Comment