Cara Membuat NFT untuk Pemula, Mudah Diterapkan!

Wartawarganews – Cara Membuat NFT untuk Pemula, Mudah Diterapkan! – Beberapa waktu yang lalu, jagad internet khususnya di bidang cryptocurrency sempat dihebohkan dengan kisah viral pemuda asal Indonesia yaitu Ghozali Everyday, yang meraih hasil hingga milyaran rupiah dari karya NFT yang ia jual. Kamu juga ingin mencoba menjual karya NFT milikmu sendiri? Simak dulu yuk, cara membuat NFT untuk pemula, yang mudah untuk diterapkan!

Semenjak viralnya kisah Ghozali Everyday, kini NFT (non-fungible token) mulai banyak dilirik oleh banyak orang yang tertarik dalam investasi kripto. Cara kerjanya yang cukup simple dan potensi cuan yang cukup tinggi, membuat banyak orang yang mulai mencoba peruntungan di jalur ini.

Produk atau karya yang bisa dijual beragam, ada yang menjual NFT art, musik, games, GIF, hingga meme. Kalau kamu memiliki suatu karya yang ingin kamu jual dalam bentuk NFT, kamu bisa mulai mengikuti langkah-langkah pembuatan NFT berikut ini. Coba yuk!

Cara Membuat NFT untuk Pemula

Kamu bisa mengikuti tahap demi tahap langkah di bawah ini untuk bisa mulai membuat NFT milikmu sendiri. Yuk simak!

  1. Tentukan Karya untuk Dijadikan NFT

Pilih karya unik terbaik milikmu yang akan dijadikan NFT. Pastikan juga, kalau karya tersebut memiliki nilai yang layak jual, agar nantinya mudah dilirik oleh calon pembeli. Beberapa contoh aset yang banyak dijual di marketplace NFT ada foto, video, GIF, musik, games dan lain sebagainya. 

Pastikan kamu juga telah memiliki hak kekayaan intelektual (hak cipta) atas barang atau karya yang kamu jadikan NFT tersebut. Hal ini diperlukan, agar kedepannya tidak terjadi hal yang tak diinginkan seperti masalah hukum dan legalitas.

  1. Tentukan Blockchain

NFT tidak terlepas sama yang namanya blockchain, karena alat pembayaran untuk transaksi NFT menggunakan koin kripto, karena nFT juga termasuk ke dalam salah satu jenis aset kripto.

Baca Juga  Download Aplikasi Daftar Bansos, Cek Bansos tanpa Repot

Blockchain merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk penyimpanan data digital dengan proteksi keamanan yang sangat tinggi, yang mendasari perkembangan koin kripto seperti bitcoin, ethereum dan sebagainya.

Di NFT, koin yang digunakan untuk sistem blockchainnya yakni Ethereum (ETH), karena ETH memiliki harga yang cenderung stabil dan didukung langsung oleh marketplace NFT.

  1. Tentukan Wallet Crypto

Untuk bisa mulai bertransaksi NFT, kamu memerlukan dompet atau wallet crypto yang digunakan untuk menyimpan saldo koin kripto mulikmu. 

Ada beberapa pilihan wallet kripto yang bisa digunakan, diantaranya:

  • AlphaWallet
  • Trust Wallet
  • Math Wallet
  • Coinbase Wallet
  • MetaMask
  • dsb…

Untuk bisa menggunakannya, kamu harus daftar atau buka akun baru dahulud ari salah satu wallet di atas.

  1. Memilih Marketplace NFT Terbaik

Selanjutnya tentukan marketplace khusus untuk menjual aset digital NFT untuk mulai menjual NFT milikmu sendiri. Marketplace disini hampir mirip dengan situs e-commerce, hanya saja marketplace NFT hanya diperuntukan untuk aset NFT saja.

Pilihan marketplace yang bisa kamu gunakan untuk menjual NFT, diantaranya:

  • OpenSea
  • Axie Marketplace
  • Larva Labs/CryptoPunk

Pilih marketplace yang pas denganmu untuk mulai menjual aset NFT milikmu.

  1. Upload dan Atur Harga Aset NFT

Selanjutnya, kamu bisa mulai upload dan mengatur harga NFT milikmu di marketplace. Apapun produk yang akan kamu upload, bentuknya akan dirubah menjadi aset digital NFT. Perubahan bentuk tersebut bisa dilakukan dengan cara minting NFT.

Minting NFT merupakan proses mengubah bentuk aset digital menjadi koleksi kripto, dimana file tersebut disimpan di blockchain. Sebagai contoh saja, berikut cara minting aset digital menjadi NFT di marketplace OpenSea:

  • Login ke situs OpenSea
  • Buka halaman koleksi yang telah dibuat
  • Klik Tambah Item Baru
  • Upload NFT, beri nama aset
  • Isi deskripsinya
  • Klik Create
  • Selesai…
Baca Juga  Cara Daftar Penerima Set Top Box (STB) TV Digital Gratis Kominfo Tahun 2022

Demikian ulasan singkat terkait cara membuat NFT untuk pemula yang mudah diterapkan. Selamat mencoba, semoga berhasil maraup cuan tambahan dari NFT!