Cara Aman Investasi Online dan Terpercaya

Cara Aman Investasi Online dan Terpercaya

Wartawarganews Cara Aman Investasi Online dan TerpercayaInvestasi online semakin hari semakin di kenal masyarakat khususnya anak-anak milenial. Di jaman yang serba digital tentu terdapat beberapa platform terpercaya untuk mewujudkan tujuan keuangan (dana pensiun, uang sekolah, jalan – jalan) sobat semua.

Investasi merupakan komponen penting dalam keuangan, namun nyatanya masyarakat indonesia belum begitu banyak yang melakukannya. mereka masih beranggapan menyimpan uang di deposito merupakan pilihan terbaik. Padahal bunga di deposito belum tentu bisa menahan laju inflasi.

Investor cerdas selalu memastikan dan mewaspadai segala hal yang sekiranya mencurigakan. Investasi itu akan memberikan return atau imbalan tertentu yang cukup menjanjikan.

Jika melihat era sekarang dengan kemjuan teknologi internet yang pesat, investasi online sangat di rekomendasikan untuk sobat warganews. Kenapa ? karena mudah diakses, minimum investasi terjangkau, melewati batas negara, edukasi investasi, monitoring investasi dan akan semakin terasa manfaatnya.

Lalu apakah investasi online itu aman ? bagaimana cara mengetahui bahwa Investasi Online dapat dipercaya ?

Apa Saja Cara Aman untuk Berinvestasi Secara Online?

1.Waspada Penipuan Online

Sebagai investor khususnya online, kita harus menjaga keamanan username dan password login kita. Jangan sampai bocor kepada orang lain.

2.Pastikan Keamanan Ponsel Anda

Kemanan ponsel sangatlah penting, mengingat banyaknya haker-haker jahat yg dengan mudahnya mengirim malware untuk merusak dan mengambi data dalam onsel kita.

3.Sistem Keamanan Berlapis

Biasanya biasanya platform online dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis. 3 Factor Authentication (3FA) atau three layer security mulai dari level password, randomized numerical PIN dan OTP (One Time Password) merupakan sistem keamanan tercanggih.

Biasanya level password terdiri atas kombinasi (minimum) 8 digit angka, huruf dan spesial karakter. Sistem pengacakan 10 digit nomor yang hanya bisa dipilih melalui klik atau layar sentuh adalah level randomized numerical PIN.

Dengan menggunakan password atau PIN, pastikan yang mengetahui hanya Anda. Ubah PIN setiap beberapa bulan sekali untuk menjaga keamanan akun Anda.

4.Patform Terpercaya

Platform investasi terbaik yaitu yang banyak penggunanya karena dinilai memiliki reutasi yang baik pula.

5. Menggunakan jaringan milik sendiri

Ini dapat melindungi investasi online Anda. Komputer di warnet, PC milik orang lain atau gadget teman dengan WiFi gratisan, menggunakan itu semua cukup berisiko. Saat Anda tidak menggunakan jaringan milik sendiri, ada potensi yang mengancam sisi keamanan ketikan berinvestasi online.

Macam-macam Investasi Online di Tahun 2022 ?

  • Reksadana

Reksadana semakin hari semakin dikenal masyarakat karena berinvestasi di Reksadana ini terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin menjadi investor.

Selain itu, Reksadana didukung langsung oleh Bukalapak dan Tokopedia. Keuntungannya pun dapat menyaingi perusahaan yang lainnya.

Benefit yang ditawarkan:

  1. Investasi minimum mulai dari Rp 10.000
  2. Akses terbuka lebar untuk siapapun yang bersedia untuk berinvestasi.
  3. Diterima dan didukung oleh platform Tokopedia dan Bukalapak
  • Saham

IHSG atau Indeks Harga Saham adalah pengukur pergerakan harga saham. Apabila indeks saham naik, maka secara rata-rata harga pasaran saham mengalami kenaikan.

Berlaku pula sebaliknya. Berita baiknya, investasi saham kini dapat dilakukan secara online.

  • Peer To Peer

Peer To Peer merupakan salah satu investasi online yang mempertemukan secara langsung antara investor yang memiliki dana dengan borrower yang membutuhkan dana pinjaman.

Secara online pertemuan ini dilakukan lewat media teknologi informasi milik platform P2P. Investree, modalku, koinworks, akseleran dan Amartha merupakan contoh dari Peer To Peer.

Benefit:

  1. Tingginya return yang akan ditawarkan kepada Anda.
  2.  Nilai investasi P2P relatif kecil dan terjangkau
  3. Penggunaan teknologi informasi membuat proses investasi menjadi efisien.