Pakai 4 Aplikasi Ini Agar Ponsel Jadi Remot TV

Pakai 4 Aplikasi Ini Agar Ponsel Jadi Remot TV – Remot TV adalah perangkat tambahan yang selalu disertakan pada saat pembelian perangkat Televisi. Tanpa Remot TV, akan menyalakan TV pun menjadi susah.

Remot TV memiliki fungsi untuk mengendalikan TV kalian, mulai dari mengatur volume suara, mengganti saluran / channel, hingga menghidupkan atapun mematikan TV.

Namun, ketika kita sedang membutuhkan remote TV malah entah dimana / hilang entah kemana remote tersebut. Mungkin karena bentuknya yang kecil, membuat remote TV sering kali terselip di balik sofa ataupun terjatuh di suatu tempat.

Namun ada kabar baiknya, pengguna TV tidak perlu lagi bingung bila remote TV hilang. Sekarang hanya dengan sebuah aplikasi, pengguna bisa membuat ponsel menjadi remote TV.

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah ponsel menjadi remote TV seperti Mi Remote, Android TV Remote Control, Roku hingga Universal TV Remote.

Aplikasi-aplikasi tersebut diatas juga tersedia di Google Play Store maupun Apple App Store dapat diunduh secara gratis. Untuk cara membuat ponsel menjadi Remote TV, silahkan kalian coba salah satu aplikasi di bawah ini.

Mi Remote

Mi Remote merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Xiaomi. Biasanya Mi Remote sudah terpasang pada ponsel Xiaomi namun tersedia juga di playstore yang bisa didownload untuk ponsel merk lain. Namun Mi Remote ini tidak tersedia di perangkat iOS.

Fungsi dari Mi Remote itu sendiri itu terbilang cukup lengkap karena semua jenis merk TV tersedia di aplikasi ini dan bisa dikendalikan.

Selain sebagai Remote TV, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengendalikan beragam perangkat elektronik lainnya seperti Mi TV/Mi Box, Set-top Box, AC, Kipas, Smartbox, Penerima A/V, Pemutar DVD, Proyektor, Kamera dan Chinese Satellite TV.

Untuk mengendalikan TV, kamu cukup tekan tombol plus (+) yang terletak di pojok kiri atas atau tombol tambah remote yang berada di bagian bawah tengah layar. Setelah itu pilih opsi “TV” lalu pilih merk TV yang kamu punya dan ingin dikendalikan.

Apabila TV kamu sudah menyala, pilih tombol “On” dan arahkanlah ponsel ke TV. Tekan tombol pada aplikasi untuk menghubungkan ke TV.

Tapi apabila TV dalam keadaan tidak aktif, pilih tombol “No”. Tekan tombol “Power” di aplikasi hingga TV tersebut menyala.

Android TV Remote Control

Aplikasi remote yang dikembangkan oleh Google ini adalah Android TV Remote Control. Secara khusus, aplikasi ini dapat digunakan untuk perangkat Android TV.

Aplikasi satu ini memiliki tampilan antarmuka atau UI yang terbilang cukup sederhana. Cara memakainya juga terbilang mudah.

Setelah aplikasi terbuka, Android TV Remote Control akan secara otomatis mencari dan mendeteksi Android TV disekitar dengan menggunakan Bluetooth.

Bila sudah terkoneksi, pengguna dapat langsung mengendalikan Android TV dengan menekan tombol D-Pad yang ada pada aplikasi.

Selain bisa digunakan secara manual, pengguna juga dapat menggunakan fitur voice control untuk mengendalikan android TV hanya dengan perintah suara.

Roku Remote

Aplikasi alternatif lainnya untuk mengendalikan TV dengan mudah adalah Roku Remote. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang memiliki kemiripan dengan dengan remote TV konvensional.

Ada berbagai macam tombol yang tersedia seperti tombol untuk mengubah chanel, tombol volume, tombol back, tombol on/off dan masih banyak lagi.

Agar TV bisa terdeteksi, Roku Remote memanfaatkan sinyal IR atau Wifi. Aplikasi dapat diunduh secara gratis di Google Play Store maupun App Store.

Universal TV Remote Control

Bisa dibilang Universal TV Remote Control adalah salah satu aplikasi remote TV yang paling fleksibel.

Hal ini disebabkan karena Universal TV Remote Control sudah dibekali dengan kemampuan untuk mendeteksi baik itu smart TV ataupun TV LED dan LCD biasa.

Cara menggunakannya pun mudah. Dengan memiliki opsi “Smart TV Remotes” pengguna bisa mengendalikan Smart TV atau pilih opsi “ IR TV Remotes” untuk mengontrol TV biasa.

Setelah TV dan ponsel terhubung, pengguna bisa menekan berbagai tombol yang tersedia di aplikasi ini untuk mengendalikan TV.

Leave a Comment