Aplikasi Desain Grafis Terbaik untuk Windows

Aplikasi Desain Grafis Terbaik untuk Windows – Aplikasi desain untuk Windows mungkin tampak seperti sebuah oxymoron. Jika Anda seorang desainer grafis profesional, Mac dulunya adalah satu-satunya yang terbaik. Sekarang, bagaimanapun, komputer Windows adalah pilihan yang layak untuk proyek desain. Dan ada banyak pilihan aplikasi desain untuk Windows.

Ya, ada beberapa outlier seperti Sketch yang menolak untuk pindah dari platform Apple. Tetapi pada dasarnya apa pun yang dapat Anda lakukan di Mac dapat digunakan di laptop Windows atau komputer desktop.

Dalam posting ini, kami memilih – tanpa urutan tertentu – aplikasi desain terbaik untuk Windows di pasaran saat ini, dan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk memilih di antara mereka.

Aplikasi Desain Grafis Terbaik untuk Windows

Adobe Photoshop

Mungkin yang paling terkenal dari semua aplikasi desain untuk Windows, Adobe Photoshop Lightroom CC telah mendominasi selama tiga dekade terakhir dan tetap menjadi pilihan pertama untuk studio di mana pun. Bahkan, Anda mungkin akan berjuang untuk mendapatkan pekerjaan tanpa mengetahui cara menggunakannya. Jelas, sebagai pekerja lepas, Anda memiliki lebih banyak kelonggaran untuk menggunakan perangkat lunak lain, tetapi kemungkinan akan sulit untuk menghindarinya sama sekali.

Tapi apakah itu bagus? Nah, dengan begitu banyak aplikasi desain untuk Windows, tidak ada salahnya untuk tetap berada di puncak industri yang terus berkembang, dan Adobe telah berusaha keras untuk memperbarui alatnya agar tetap relevan selama bertahun-tahun, seperti menambahkannya pemodelan 3D yang kuat dan fungsi pencetakan 3D dan pengenalan versi iPad. Aplikasi ini semakin canggih setiap hari; Misalnya, pada bulan Maret, Adobe menambahkan riwayat versi dokumen cloud dan dukungan untuk dokumen cloud dalam mode offline.

Alasan utama untuk alternatif adalah harga. Photoshop, seperti alat Adobe lainnya, sekarang hanya tersedia dengan langganan Creative Cloud, dan itu tidak murah.

Namun, ada diskon (lihat diskon Creative Cloud terbaru), dan jika Anda menggunakan beberapa alat CC, interoperabilitas antara mereka dan layanan lain seperti Adobe Fonts dan Adobe Stock sering kali dapat menjadikan biaya tambahan sebagai investasi yang baik dalam karier Anda .

Adobe Illustrator

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1987, Adobe Illustrator telah menjadi pendamping alami Photoshop untuk generasi ilustrator dan desainer dan telah lama dianggap sebagai alat menggambar vektor standar di industri. Dominasi itu mulai sedikit memudar dengan serbuan saingan baru ke dalam ruangan. Tapi tetap menjadi salah satu aplikasi desain yang paling dicari untuk Windows.

Seperti halnya Photoshop, sebagian besar pesaing bersaing untuk harga, dan bagi mereka yang tidak terlalu peduli dengan uang daripada efisiensi, Illustrator tetap menjadi alat yang sangat kuat dan serbaguna yang terus dikembangkan Adobe untuk membuatnya lebih baik.

Inovasi terbesar dalam beberapa tahun terakhir adalah alat gradien bentuk bebas yang memungkinkan Anda membuat gradien kaya dengan mudah, fitur pengeditan global yang memungkinkan Anda membuat perubahan pada semua objek serupa pada saat yang sama, dan alat pemangkasan cerdas yang secara otomatis menyarankan pemotongan berdasarkan AI. Illustrator sekarang tersedia di iPad, dan pembaruan terbaru untuk aplikasi ini pada bulan Maret dan April mempermudah Anda untuk berbagi pekerjaan dengan kolega dan rekan kerja.

Secara umum, masalah yang sama yang berlaku untuk Photoshop juga berlaku untuk Illustrator. Di sisi lain, keberadaannya di mana-mana menjadikannya alat yang bagus untuk belajar untuk karier Anda, dan integrasi dengan Creative Cloud dapat membantu membuat alur kerja Anda lancar dan cepat. Di sisi lain, basis kode dan antarmuka yang berusia satu dekade sedikit membengkak dan sekarang ada langganan bulanan ini.

Affinity Designer

Sejak dirilis untuk Windows pada tahun 2016, Serif Affinity Designer telah menawarkan kepada pengguna PC alternatif dewasa untuk Illustrator, termasuk perangkat manipulasi vektor dan piksel penuh, zoom 10 juta persen, efek non-destruktif dan lapisan penyesuaian, dan banyak lagi.

Sementara beberapa fitur hilang di Illustrator, seperti: Sebagian besar yang dapat Anda lakukan dengan alat Adobe, seperti distorsi atau efek distorsi, dapat dilakukan di Affinity Designer. Dan antarmuka pengguna cukup mirip sehingga mudah dipelajari dan intuitif untuk digunakan.

Dikodekan untuk komputer dan tablet terbaru, Serif mengklaim bahwa Affinity Designer berjalan lebih cepat daripada produk Adobe, dan bukti anekdot menunjukkan bahwa selama Anda menggunakan perangkat yang relatif modern, hal itu dapat dilakukan. Affinity Designer juga sangat murah dan Anda hanya membayar sekali: tidak ada langganan.

Namun, Illustrator tetap menjadi standar industri dari semua aplikasi desain untuk Windows, dan ada yang namanya masalah ayam dan telur. banyak studio tidak ingin menggunakannya sampai semua studio menggunakannya. Sementara Affinity Designer dapat dioperasikan dengan alat saudara Affinity Photo dan Affinity Publisher (lihat di bawah), kompleksitas ekosistem Creative Cloud, dengan jumlah alat yang tak terbatas dan opsi Font Adobe dan Adobe Stock bawaan, hampir tidak serumit itu.

Bagi para pekerja lepas yang menginginkan lebih banyak kebebasan dalam mengatur pekerjaannya, aplikasi desain paling terjangkau untuk Windows ini tentu patut dipertimbangkan. Aplikasi ini terus ditingkatkan, dan dengan pembaruan pada bulan Februari tahun ini, alat baru diperkenalkan yang memungkinkan penambahan goresan dan offset garis ke bentuk atau jalur apa pun, serta kemampuan untuk menempatkan gambar dan sumber daya yang ditautkan.

Affinity Photo

Sama seperti Affinity Designer yang dapat bersaing dengan Illustrator, Affinity Photo adalah salah satu aplikasi desain untuk Windows yang menawarkan alternatif selain Photoshop. Dan itu adalah pengalaman yang cukup familiar. Misalnya, kuas, lapisan, topeng semuanya diperlakukan seperti alat Adobe.

Namun, Affinity Photo bukan salinan Photoshop. Sementara beberapa desainer akan mengeluh bahwa Affinity Photo tidak melakukan semua yang dilakukan Photoshop, hal seperti itu tidak tepat. Intinya, aplikasi desain paling hemat anggaran untuk Windows ini tidak dibebani dengan ratusan fitur yang berusaha menyenangkan semua orang, melainkan dioptimalkan untuk tugas-tugas tertentu.

Daripada rangkaian grafis lengkap, Affinity Photo dapat lebih baik digambarkan sebagai perangkat lunak pengedit foto dengan beberapa alat seni dan desain yang bagus, termasuk beberapa fitur khas seperti riwayat pembatalan yang dapat disimpan, opsi impor / ekspor PSD, dan alur kerja yang tidak merusak. Penambahan yang lebih baru dalam pembaruan Februari mencakup kemampuan untuk menambahkan penyesuaian pencairan sebagai lapisan maskable langsung.

Jika Anda mencari alat desain grafis lengkap, seperti namanya, Anda lebih baik menggunakan Affinity Designer (di atas), yang memiliki kemampuan desain piksel selain alat vektornya. Tetapi jika pengeditan foto adalah perhatian utama Anda, Affinity Photo memiliki beberapa alat dan fitur hebat dengan harga satu kali yang rendah.

CorelDRAW Graphics Suite

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1987, CorelDraw Graphics Suite 2021 adalah alat ilustrasi berbasis vektor yang terutama berfokus pada Windows (meskipun akhirnya diluncurkan pada MacOS pada tahun 2019).

Jadi bagaimana dibandingkan dengan aplikasi desain lain untuk Windows? Yah, sulit untuk merekomendasikannya daripada Adobe Illustrator dalam hal fitur, sementara Affinity Designer dengan mudah mengunggulinya dalam hal nilai uang. Tapi CorelDRAW masih populer di kalangan semua orang mulai dari seniman hingga desainer grafis, jadi pembuatnya jelas melakukan sesuatu yang benar.

Dalam beberapa tahun terakhir, peningkatan menonjolnya adalah alat LiveSketch: solusi menggambar garis inovatif untuk desainer dan ilustrator yang ingin menghindari pembuatan gambar mini di atas kertas dan menggambar grafik vektor secara bebas di sumbernya; Ini sangat berguna pada tablet gambar.

Fitur keren lainnya di CorelDRAW termasuk Color Harmony, yang memungkinkan Anda mengubah tampilan objek dari satu set warna pelengkap ke yang lain; Pointilizer yang memungkinkan Anda membuat mosaik vektor; dan cara setiap lapisan direpresentasikan dengan thumbnail dari bentuk yang dimaksud. Baru-baru ini, versi terbaru (2020) memiliki fitur baru yang didukung oleh AI, opsi tinjauan kolaboratif berbasis cloud, dan peningkatan kinerja secara keseluruhan.

Singkatnya, CorelDRAW mungkin bukan yang “terbaik” dengan cara apa pun, tetapi secara keseluruhan ini adalah perangkat lunak kelas profesional yang solid, berfungsi dengan baik, untuk desainer yang memiliki banyak hal untuk direkomendasikan.

Adobe InDesign

Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator adalah pionir di bidang manipulasi gambar dan grafik vektor masing-masing. Tetapi ketika Adobe InDesign CC diluncurkan pada tahun 1999, agak terlambat untuk pesta tersebut. Pasar perangkat lunak desktop publishing kemudian didominasi oleh QuarkXpress. Tetapi InDesign dengan cepat mengambil alih, sebagian besar karena harganya yang lebih rendah.

Dari semua aplikasi desain untuk Windows, InDesign tetap menjadi standar industri untuk penerbitan cetak saat ini. Dan telah berkembang selama bertahun-tahun untuk memasukkan beberapa fitur penerbitan digital yang cukup bagus juga.

Inovasi terpenting belakangan ini kecil tapi penting, seperti dukungan untuk catatan akhir dan pemfilteran font yang lebih baik, serta integrasi yang lebih baik dengan Creative Cloud. Tetapi pada umumnya, Adobe telah menghindari terlalu banyak perubahan radikal. Pembaruan sedang dilakukan setiap saat, tetapi ini lebih terperinci daripada terobosan. Misalnya, pembaruan pada bulan April tahun ini memperkenalkan opsi untuk menetapkan ukuran optik teks Anda untuk mengatur ukuran font secara otomatis.

Dan itu sebenarnya cukup pintar, karena salah satu daya tarik terbesar InDesign adalah keakrabannya dengan desainer yang telah menggunakannya selama bertahun-tahun, jika tidak sepanjang karir mereka. Namun, untuk pemula, antarmuka pengguna tidak begitu intuitif dan ada sedikit kurva belajar.

Affinity Publisher

Diluncurkan pada tahun 2019, Serif Affinity Publisher adalah alternatif yang terjangkau untuk InDesign dan aplikasi saudara dari Affinity Designer dan Affinity Photo (dan sebagai catatan, diskon 50 persen pada saat penulisan).

Salah satu aplikasi desain paling terjangkau untuk Windows, Publisher memungkinkan Anda bekerja dengan bingkai foto dinamis, tabel, kisi dasar, dan sumber daya tertaut, yang semuanya diamankan dengan CMYK ujung ke ujung, halaman master, dan halaman depan.

Fokusnya sangat banyak pada penerbitan cetak, dan itu tidak terlalu berguna untuk desain digital. Ini juga tidak sekuat atau kaya fitur seperti InDesign. Tapi itu terintegrasi dengan baik dengan dua aplikasi Affinity lainnya, murah, dan sangat intuitif dan responsif untuk digunakan.

Adobe XD

Diperkenalkan pada tahun 2016, Adobe XD adalah alat desain UX berbasis vektor yang populer untuk membuat gambar rangka dan situs web animasi, serta prototipe klik-tayang. Meskipun Anda tidak memerlukan langganan Creative Cloud untuk menggunakannya, XD memudahkan untuk mengambil alih pekerjaan desain yang ada dari aplikasi Creative Cloud lainnya seperti Photoshop atau Illustrator. Ada juga aplikasi pendamping gratis yang dapat Anda gunakan untuk melihat pratinjau pekerjaan Anda di perangkat iOS atau Android.

Ada versi gratis Adobe XD yang memberi Anda akses ke font dalam jumlah terbatas dan penyimpanan cloud 2 GB. Dengan berlangganan versi lengkap, Anda sekarang akan memiliki akses ke portofolio Adobe Fonts, penyimpanan cloud 100 GB, dan editor tak terbatas, dokumen yang disetujui, dan tautan yang disetujui.

XD adalah alat yang hebat ketika diluncurkan, dan Adobe telah menambahkan fitur baru dan lebih baik secara teratur. Misalnya, sejak April Anda dapat menggunakan perintah suara, input keyboard, dan input gamepad untuk memicu antar status komponen dalam prototipe Anda.

Dan itu kabar baik bagi pengguna PC yang mencari aplikasi desain untuk Windows karena aplikasi UI yang bersaing, Sketch, tidak hanya mengembangkan versi Windows, tetapi juga dikesampingkan.

Photoshop Elements

Suka Photoshop, tetapi tidak membutuhkan semua fitur dan ingin menghemat uang? Adobe Photoshop Elements 2021 adalah editor grafis raster untuk fotografer tingkat pemula, editor foto, dan penggemar yang menyertakan sebagian besar fitur versi profesional, tetapi dengan opsi yang lebih sedikit dan lebih sederhana.

Photoshop Elements masih sekitar dua kali lebih mahal dari Affinity Photo, jadi kami sarankan Anda mengambil uji coba gratis 10 hari dari Affinity Photo terlebih dahulu sebelum melakukan. Namun, jika Anda sudah terbiasa dengan antarmuka Photoshop dan tidak ingin mempelajari sesuatu yang baru, itu bisa sangat berharga.

Inkscape

Jika Anda mencari alat desain grafis gratis untuk Windows, lihat Inkscape. Editor vektor open source ini memiliki serangkaian fitur yang sangat canggih, termasuk operasi jalur yang kompleks, pengeditan simpul, pelacakan bitmap, dan teks berbasis jalur. Selain itu, ada komunitas global yang luas dan antusias di belakangnya. Jadi, ketika Anda mengalami masalah, mudah untuk mendapatkan bantuan dan dukungan.

Kerugian utama dari Inkscape, dan alasan Anda mungkin lebih memilih untuk membayar alat yang lebih canggih, adalah kecepatannya, yang relatif lambat dan kikuk. Seperti biasa, itu tergantung pada peralatan. Jika Anda menggunakan perangkat super cepat, mungkin tidak menjadi masalah, dan fakta bahwa perangkat ini gratis berarti patut dicoba.

Leave a Comment