Jawaban Aktivitas PLB-K8-03 Mesin Hitung Uang Koin (MHUK Versi 01) Informatika Kelas 8 Halaman 272

Wartawarganews.com – Jawaban Aktivitas PLB-K8-03 Mesin Hitung Uang Koin (MHUK Versi 01) Informatika Kelas 8 Halaman 272. Halo Adik-Adik! Kali ini Wartawarganews.com akan membahas Jawaban Aktivitas PLB-K8-03 Mesin Hitung Uang Koin (MHUK Versi 01) Informatika Kelas 8 Halaman 272.

 

Aktivitas PLB-K8-03: Mesin Hitung Uang Koin (MHUK Versi 01)

 

Aktivitas ini bertujuan untuk mengembangkan artefak komputasional berupa mesin hitung uang koin yang dibuat dengan bahan kardus, rangkaian elektronis yang terhubung dengan Makey Makey dan komputer, dan mengembangkan programnya dengan bahasa Scratch.

 

Apa yang Adik-Adik Perlukan?

 

  1. Komputer/laptop yang sudah terpasang browser dan USB port
  2. Papan sirkuit elektronis Makey Makey
  3. Perangkat lunak Scratch
  4. Kabel dan klip buaya
  5. Klip kertas (4 buah)
  6. Uang logam/koin (Rp 100, 200, 500, 1000)
  7. Kotak bekas (dengan tutup)
  8. Lem
  9. Aluminium foil

 

Apa yang Adik-Adik Lakukan?

 

Pak Untung adalah seorang pemilik toko kelontong yang laris. Hampir semua pelanggannya membayar dengan uang koin sehingga tokonya memiliki perputaran uang koin yang cukup banyak setiap harinya. Pak Untung membutuhkan mesin penghitung untuk membantu pengelolaan uang logam dan membantu menampilkan informasi nilai uang logam yang dimiliki. Pak Untung membutuhkan sebuah mesin yang dapat menerima uang logam, memasukkannya ke kotak yang sesuai, san menjumlahkan total nilai nominalnya.

 

Pak Untung menginginkan mesin penghitung yang mampu menghitung nilai total uang logam dengan spesifikasi berikut.

  • Input: uang logam sebanyak n buah untuk pecahan Rp 100, 200, 500, dan 1000.
  • Proses: menghitung total nilai nominal koin yang masuk ke dalam kotak.
  • Output: menampilkan total nilai uang di layar komputer.

 

Contoh:

Jika Pak Untung memiliki uang koin pecahan 1000-an sebanyak 2 buah, 500-an sebanyak 3 buah, dan 100-an sebanyak 1 buah, nilai nominal total uang pak Untung ialah sebanyak (1000×2) + (500×3) + (100×1) = 2000 + 1500 + 100 = Rp 3600.

Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (1)

 

Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (2)

Langkah-Langkah Penyelesaian

 

A. Spesifikasi

  1. Input: mesin hitung menerima uang koin pecahan 100, 200, 500, dan 1000.
  2. Proses: uang dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan uang sesuai dengan ruang pembaginya (100, 200, 500, atau 1000). Dengan menyentuh klip yang berasa pada kotak sesuai nilai uang, program akan menghitung total nilai uang yang masuk.
  3. Output: mesin hitung menampilkan hasil perhitungan nilai uang di layar komputer/laptop.

B. Langkah-langkah

  1. Membuat kotak tempat penyimpanan uang koin dengan kardus bekas.
  2. Membuat interface antar kotak penyimpanan uang dengan papan sirkuit Makey Makey dalam bentuk rangkaian kabel.
  3. Membuat program untuk menghitung nilai uang yang masuk ke dalam kotak penyimpanan.
  4. Menguji program dan rangkaian apakah sudah sesuai dengan spesifikasi di atas.

 

Langkah 1

 

Buatlah kotak tempat penyimpan uang koin sesuai dengan gambar di bawah ini. Contoh berikut menggunakan kardus bekas wadah sepatu yang tidak terpakai.

Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (3)

 

  1. Buatlah potongan kardus yang digunakan sebagai pembatas ruang kecil untuk tempat meletakkan uang, dan letakkan pada tempat yang sesuai.
  2. Buatlah teks keterangan pada kertas dan label untuk setiap koin yang akan digunakan. Tempelkan pada tutup bagian dalam kardus. Berikan warna label yang berbeda untuk koin yang berbeda.
  3. Masukkan klip kertas dengan menembus karton pada setiap label koin, rekatkan klip kertas dengan karton lada bagian belakang menggunakan lem atau isolasi plastik.
  4. Tempelkan koin pada label keterangan sesuai dengan nilainya, seperti yang tampak pada gambar berikut.

Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (4)

 

Langkah 2

 

Buatlah antarmuka antara kotak penyimpanan uang dan papan sirkuit Makey Makey sebagai berikut.

  1. Sambungkan Makey Makey dan klip kertas pada kotak penyimpan uang, dengan aturan sebagai berikut.
  2. Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (5)
  3. Lekatkan aluminium foil yang tersedia pada bagian lain dari kardus. Aluminium foil berfungsi sebagi ground/bumi dari peralatan Makey Makey. Antarmuka Makey Makey dan kotak penyimpanan uang koin tampak pada gambar berikut.
  4. Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (6)

 

Langkah 3

 

Buatlah program untuk menghitung nilai uang yang masuk ke dalam kotak penyimpan.

 

Sprite Awal

Gunakan blok variabel, buatlah lima variabel, Total, Seribu, LimaRatus, DuaRatus, dan Seratus.

Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (7)

 

Kode untuk Sprite Koin 1000

  1. Tambahkan Extension Makey Makey.
  2. Tambahkan pada kode, blok When Key Pressed dari extension Makey Makey.
  3. Pilih tombol down arrow/panah bawah pada blok When Key Pressed.
  4. Tambahkan blok variabel change by, dan atur variabel Seribu bertambah nilainya sebanyak 1000.
  5. Tambahkan blok wait seconds, dengan mengisi waktu jeda 1 detik.
  6. Tambahkan blok variabel change by Total bertambah sebanyak 1000.

Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (8)

 

Kode untuk sprite koin 500

  1. Tambahkan pasa kode, blok When Key Pressed dari extension Makey Makey.
  2. Pilih tombol up arrow/panah atas pasa blok When Key Pressed.
  3. Tambahkan blok variabel change by, dan atur variabel LimaRatus bertambah nilainya sebanyak 500.
  4. Tambahkan blok wait seconds, dengan mengisi waktu jeda 1 detik.
  5. Tambahkan blok variabel change by Total bertambah sebanyak 500.

Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (9)

 

Kode untuk sprite koin 200

Dengan berinspirasi pada kode untuk koin Rp1000 dan Rp500, lengkapi kode untuk koin Rp200, di mana koin Rp200 dihubungkan dengan tombol panah kanan.

 

Kode untuk sprite koin 100

Dengan berinspirasi pada kode untuk koin Rp1000 dan Rp500, lengkapi kode untuk koin Rp100, di mana koin Rp100 dihubungkan dengan tombol panah kiri.

 

Langkah 4

Uji apakah proyek ini telah sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan dengan cara sebagai berikut.

  1. Keluarkan uang koin seperti skenario pak Untung di atas.
  2. Masukkan uang koin ke kotak koin sesuai dengan besarannya.
  3. Pegang klip label uang sesuai dengan besarannya, dan kabel ground dengan dua tangan yang berbeda.
  4. Isilah tabel berikut.
  5. Ulangi langkah 2, sampai koin habis.

 

Uang koin pertama

Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (10)

Uang koin ke-n

Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (11)

Gambar Aktivitas PLB-K8-03 (12)

 

Jika hasil pengujian yang Adik-Adik lakukan telah sesuai dengan spesifikasi program, artefak komputasional telah berhasil Adik-Adik kembangkan. Selamat untuk capaian ini.

Jika Adik-Adik masih menemukan ketidaksesuaian dengan spesifikasi, atau tejadi kesalahan, carilah dan perbaiki kesalahan tersebut. Kesalahan ini dapat terjadi pada kode program, rangkaian elektronis kardus, atau rangkaian dengan Makey Makey.

 

Adik-Adik, itulah kunci Jawaban Aktivitas PLB-K8-03 Mesin Hitung Uang Koin (MHUK Versi 01) Informatika Kelas 8 Halaman 272. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: kunci jawaban pada artikel ini merupakan panduan untuk orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban yang lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Wartawarganews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Leave a Comment