Daftar Persyaratan Bekerja di Hongkong dan Kegiatan Sebelum Berangkat

Wartawarganews – Daftar Persyaratan Bekerja di Hongkong dan Kegiatan Sebelum Berangkat – Semua orang pasti ingin sukses dan meningkatkan kondisi finansialnya masing-masing. Banyak cara yang bisa ditempuh salah satunya yaitu dengan bekerja di negeri orang menjadi TKI di Hongkong. Anda ingin mencobanya? Simak dahulu daftar persyaratan bekerja di hongkong dan kegiatan sebelum berangkat yang akan disampaikan berikut.

Pada tahun sebelumnya, jadwal pemberangkatan TKI Hongkong sempat terhenti karena dampak dari pandemi. Untuk sekarang, perlahan sudah mulai dibuka kembali dan kuota perekrutan calon pekerja di Hongkong pun ikut meningkat dibanding tahun sebelumnya. Dengan begitu, peluang untuk bisa berangkat kerja di Hongkong lumayan tinggi.

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni menentukan perusahan penyalur tenaga kerja yang resmi agar jika terjadi kendala bisa diurus dengan mudah dan cepat. Selanjutnya, siapkan beberapa dokumen berikut ini sebelum berangkat ke lokasi perusahan.

Pesyaratan Bekerja di Hongkong

Berikut persyaratan yang mesti dilengkapi, agar proses pendaftaran dan pemberangkatan calon pekerja ke Hongkong bisa berjalan dengan lancar: 

  • Surat keterangan pengantar rekrut
  • Foto copy KTP (Kartu identitas)
  • Foto copy pemberi izin
  • Foto copy kartu keluarga
  • Forto copy ijazah terakhir
  • Pas foto 3×4
  • Foto copy surat keterangan status pernikahan (bagi yang sudah menikah)
  • Surat Keterangan Perjanjian Penempatan, antara Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) dengan calon TKI
  • Surat izin dari orang tua yang diketahui oleh pihak kelurahan atau desa
  • KTP petugas rekrut (untuk proses awal saja)
  • Dan persyaratan lain yang diperlukan…

Di atas merupakan beberapa persyaratan umum yang harus disiapkan. Kemungkinan ada persyaratan tambahan, karena setiap periode pemberangkatan bisa terjadi perubahan kebijakan menyesuaikan kondisi.

Kegiatan di Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja

Setelah melengkapi persyaratan yang diperlukan, selanjutnya bisa menuju lembaga atau perusahaan untuk mengikuti prosedur dan kegiatan sebelum berangkat kerja ke Hongkong.

  1. Melakukan Pendaftaran atau Registrasi

Lengkapi formulir pendaftaran dengan data diri dengan lengkap dan benar. Pastikan tidak ada salah data ataupun unsur penipuan (manipulasi), agar jika terjadi masalah tak terduga bisa diatasi dengan lebih cepat. Karena dalam penyelesaian setiap masalah, akan memerlukan verifikasi data pekerja, jadi isi data dengan sebenar-benarnya.

  1. Wawancara atau Interview 

Akan ada sesi wawancara singkat oleh pihak penyalur tenaga kerja. Pertanyaan yang diajukan biasanya terkait keterampilan, minat, kondisi kesehatan dan alasan mengapa ingin bekerja di Hongkong.

  1. Sesi Foto Terbaru

Akan dilakukan sesi pemotretan untuk mengambil foto terbaru dari calon TKI. Ini dilakukan agar calon pekerja bisa dikenalkan kepada calon majikan yang nantinya akan memperkerjakan calon TKI tersebut.

  1. Medical Check up

Untuk bisa berangkat kerja di luar negeri, tentu akan dilakukan medical check up secara menyeluruh. Jika tim medis menanyakan tentang riwayat kesehatan Anda, jawablah dengan sejujur-jujurnya. Dengan begitu, jika ada permasalahan terkait kesehatan bisa cepat dicarikan solusinya.

Jika menutupinya, mungkin Anda bisa lolos di sini. Namun ketika tiba di Hongkong dan dilakukan medical check up ulang ternyata menderita penyakit tertentu, Anda akan langsung dipulangkan kembali ke Indonesia.

  1. Mengikuti Kelas Pendidikan Bahasa dan Keterampilan

Setelah lolos verifikasi data dan beberapa prosedur lainnya, selanjutnya Anda diwajibkan ikut kursus bahasa serta beberapa keterampilan yang nantinya akan digunakan untuk bekerja di sana. Pastikan untuk rajin belajar, agar ketika diadakan ujian bisa lolos langsung tanpa harus mengulang kembali di periode berikutnya.

Demikian ulasan terkait persyaratan bekerja di Hongkong beserta daftar kegiatan di perusahaan penyalur tenaga kerja sebelum berangkat. Semoga berhasil

Leave a Comment