Tips untuk Presentasi PowerPoint yang Elegan Part 2

Dalam materi sebelumnya tentang Tips untuk Presentasi PowerPoint yang Elegan Part 1 sudah banyak menjeaskan Tips dan Trik dalam membuat PowerPoint yang elegan, nah ini kelanjutannya , ,

7. Manfaatkan bentuk PowerPoint.

Banyak pengguna tidak menyadari betapa fleksibelnya alat bentuk PowerPoint. Ketika dikombinasikan dengan opsi format lanjutan yang dirilis oleh Microsoft pada tahun 2010, potensi desain yang baik dengan bentuk segera tersedia. PowerPoint memberi pengguna sejumlah pilihan bentuk hebat yang melampaui pola persegi panjang tradisional, oval, dan persegi panjang bulat yang bertentangan dengan program desain profesional seperti Adobe Creative Suite atau Quark.

Bentuk hari ini mencakup fitur Bentuk Cerdas yang sangat fungsional yang memungkinkan Anda membuat diagram dan diagram alur dengan cepat. Alat-alat ini sangat berharga ketika Anda menganggap bahwa PowerPoint adalah media visual. Paragraf dan daftar berpoin membosankan – Anda dapat menggunakan bentuk untuk menyampaikan pesan Anda dengan lebih jelas.

8. Buat bentuk kustom.

Saat membuat bentuk, klik kanan dan tekan “Edit Poin”. Dengan mengedit poin, Anda dapat membuat bentuk khusus yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Misalnya, Anda dapat membentuk kembali panah agar sesuai dengan dimensi yang Anda inginkan.

Kemungkinan lain adalah menggabungkan dua bentuk. Saat Anda memilih dua bentuk, klik kanan dan buka submenu “Grup” untuk menampilkan berbagai opsi.

Combine membuat bentuk kustom yang memotong bagian yang tumpang tindih dari dua bentuk sebelumnya.
Union membuat bentuk yang benar-benar menyatu.
Intersect membuat bentuk hanya dari bagian yang tumpang tindih dari dua bentuk sebelumnya.
Kurangi memotong bagian yang tumpang tindih dari satu bentuk dari yang lain.
Dengan menggunakan alat ini alih-alih mencoba titik mesin secara tepat, Anda dapat membuat bentuk khusus yang diukur dengan tepat.

9. Potong gambar menjadi bentuk khusus.

Selain membuat bentuk kustom dalam presentasi Anda, Anda juga dapat menggunakan PowerPoint untuk memotong gambar yang sudah ada menjadi bentuk baru. Inilah cara Anda melakukannya:

Baca Juga  Cara Menggunakan Google Spreadsheet Offline

Klik gambar dan pilih Format dari bilah opsi.
Pilih Pangkas, pilih Topeng Pada Bentuk, lalu pilih bentuk yang Anda inginkan. Ta-da! Foto berbentuk individu.

10. Hadirkan situs web di PowerPoint.

Tradisi mengatakan bahwa ketika Anda ingin melihat situs web di PowerPoint, Anda cukup menautkan ke halaman dan meminta browser untuk membukanya. Untuk pengguna PC, ada opsi yang lebih baik.

Perangkat lunak pihak ketiga yang terintegrasi penuh ke dalam tab pengembang PowerPoint dapat digunakan untuk menyematkan situs web dengan iframe HTML biasa langsung ke PowerPoint Anda. Salah satu alat terbaik adalah LiveWeb, yang dikembangkan secara independen oleh perangkat lunak pihak ketiga.

Dengan menggunakan LiveWeb, Anda tidak perlu mengganggu PowerPoint dan presentasi Anda tetap mulus dan alami. Baik Anda menyematkan seluruh halaman web atau hanya video YouTube, ini bisa menjadi peningkatan kualitas pihak ketiga.

Sayangnya, pengguna Mac tidak memiliki opsi serupa. Opsi kedua yang baik adalah mengambil tangkapan layar situs web, menautkan melalui browser, atau menyematkan media (seperti video YouTube) dengan mengunduhnya langsung ke komputer Anda.

11. Coba Menyisipkan animasi GIF.

GIF adalah gambar animasi melingkar yang digunakan untuk mengomunikasikan suasana hati, ide, informasi, dan lainnya. Pengguna menambahkan GIF ke powerpoint agar lucu atau untuk mendemonstrasikan proses dengan cepat. Sangat mudah untuk menambahkan GIF ke slide Anda. Untuk melakukannya, cukup ikuti langkah-langkah ini:

  • Unduh dan simpan GIF yang Anda inginkan.
  • Buka slide yang Anda inginkan untuk menampilkan GIF.
  • Buka tab “Beranda” dan klik “Sisipkan” atau “Gambar”.
  • Dari menu tarik-turun Gambar, pilih Gambar Dari File.
  • Arahkan ke tempat Anda menyimpan GIF dan pilih. Kemudian pilih “Tempel”.
  • Untuk memutar GIF animasi, klik tab Slideshow, lalu klik Play From Current Slide.

12. Tetap sederhana.

PowerPoint adalah alat yang sangat baik untuk menambahkan informasi visual, grafik, dan poin tambahan ke presentasi Anda. Itu berarti PowerPoint Anda tidak boleh menjadi keseluruhan presentasi Anda. Slide Anda – tidak peduli seberapa kreatif dan indahnya – tidak boleh menjadi bintang pertunjukan. Jaga agar teks dan gambar Anda tetap jelas dan ringkas dan gunakan hanya untuk melengkapi pesan dan otoritas Anda.

Baca Juga  Download Power Point PPT Materi Pembelajaran SMP, SMA/SMK

Jika slide Anda berisi informasi yang padat dan berantakan, itu akan mengalihkan perhatian audiens Anda dan membuat mereka lebih mungkin kehilangan perhatian. Tidak ada dalam slide Anda yang berlebihan! Buat presentasi Anda tetap menarik dengan menjaganya tetap bersih. Ada beberapa cara untuk melakukan ini:

  • Batasi peluru dan teks.
  • Hindari paragraf dan tanda kutip panjang.
  • Jauhkan “ruang putih” atau “ruang negatif”.
  • Pertahankan persentase, grafik, dan tanggal dengan sangat sederhana.

13. Sematkan file font Anda.

Masalah konstan yang dimiliki moderator dengan PowerPoint adalah font tampak berubah ketika moderator beralih dari satu komputer ke komputer lain. Pada kenyataannya, font tidak berubah – hanya file font yang sama yang tidak diinstal pada komputer presentasi. Menggunakan PC dan presentasi di PC adalah solusi mudah untuk masalah ini. (Jika Anda menyertakan sistem Mac, solusinya agak kasar. Lihat tip #1.)

Berikut triknya: jika Anda menyimpan file PowerPoint (hanya di PC), Anda harus mengklik Save Options di kotak dialog Save As …. Kemudian pilih kotak centang Embed TrueType Fonts dan klik OK. Sekarang presentasi Anda akan menyimpan file font dan font Anda tidak akan berubah saat Anda memindahkan komputer (kecuali jika Anda memberikan presentasi di Mac).

14. Simpan slide Anda sebagai JPEG.

Di PowerPoint untuk Mac 2011, tidak ada opsi untuk menyematkan font dalam presentasi. Jadi, kecuali Anda menggunakan font yang ada di mana-mana seperti Arial atau Tahoma, PPT Anda kemungkinan akan mengalami perubahan font di komputer yang berbeda.

Cara paling pasti untuk menghindari ini adalah dengan menyimpan presentasi akhir Anda sebagai JPEG dan kemudian memasukkan JPEG tersebut ke dalam slide Anda. Di Mac, pengguna cukup menarik dan melepas JPEG ke PPT dengan waktu pemuatan yang cepat. Jika Anda tidak menggunakan Tindakan dalam presentasi Anda, opsi ini bekerja dengan sangat baik.

Jika Anda ingin presentasi Anda tampil “animasi”, Anda perlu sedikit mengutak-atik. Yang harus Anda lakukan adalah menyimpan JPEG dari setiap “bingkai” animasi. Kemudian dalam presentasi akhir Anda, Anda cukup menampilkan JPEG itu dalam urutan yang Anda inginkan agar animasinya muncul. Meskipun secara teknis Anda memiliki beberapa slide baru sebagai pengganti satu slide asli, audiens Anda tidak akan membedakannya.

Baca Juga  10 Tips dan Trik Program untuk menjadi Master Microsoft Word

Satu pertimbangan penting: jika PPT Anda berisi banyak JPEG, ukuran file akan meningkat.

15. Sematkan multimedia.

Dengan PowerPoint Anda dapat menautkan secara eksternal ke file video / audio atau menyematkan media secara langsung di presentasi Anda. Anda harus menyematkan file ini bila memungkinkan, tetapi jika Anda menggunakan Mac, Anda tidak akan dapat menyematkan video (lihat catatan di bawah). Untuk PC, ada dua alasan bagus untuk menyematkan:

Penyematan memungkinkan Anda memutar media secara langsung dalam presentasi Anda. Ini terlihat jauh lebih profesional daripada beralih antar jendela.
Menyematkan juga berarti menyimpan file dalam presentasi PowerPoint, jadi file harus diputar secara normal tanpa kerja ekstra (kecuali di Mac).
Catatan: Pengguna PowerPoint Mac OS harus sangat berhati-hati saat menggunakan file multimedia.

Jika Anda menggunakan PowerPoint untuk Mac, Anda harus selalu membawa file video dan/atau audio dalam folder yang sama dengan presentasi PowerPoint. Sebaiknya jangan menyisipkan file video atau audio hingga presentasi dan folder yang dikandungnya telah disimpan ke folder permanennya di drive portabel.

Jika presentasi diputar di komputer Windows, pengguna Mac harus memastikan bahwa file multimedia mereka dalam format WMV. Tip ini menjadi sedikit rumit. Jadi, jika Anda ingin menggunakan PowerPoint secara efektif, pertimbangkan untuk menggunakan sistem operasi yang sama untuk mendesain dan menyajikan apa pun yang terjadi.

16. Bawalah perangkat keras Anda sendiri.

PowerPoint masih agak tidak menentu di antara sistem operasi. Hal-hal juga dapat berubah antara versi PPT yang berbeda. Salah satu cara untuk memperbaiki masalah ini adalah memastikan Anda memiliki perangkat keras yang benar. Jadi bawa saja laptop sendiri saat presentasi.

17. Gunakan “Tampilan Moderator”.

Dalam kebanyakan situasi presentasi, ada layar moderator dan layar proyeksi utama untuk presentasi Anda. PowerPoint memiliki alat hebat yang disebut Presenter View, yang dapat Anda temukan di tab Slideshow PowerPoint 2010 (atau 2011 untuk Mac). Tampilan penyaji mencakup area untuk catatan, pengatur waktu/jam, dan tampilan presentasi.

Demikian selamat mencoba